Analisis kesesuaian isi buku siswa kelas III SD tema 8 bumi dan alam semesta dengan esensi kurikulum 2013 / Fufa Masruro - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian isi buku siswa kelas III SD tema 8 bumi dan alam semesta dengan esensi kurikulum 2013 / Fufa Masruro

Masruro, Fufa (2016) Analisis kesesuaian isi buku siswa kelas III SD tema 8 bumi dan alam semesta dengan esensi kurikulum 2013 / Fufa Masruro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masruro Fufa. 2016. Analisis Kesesuaian Isi Buku Siswa Kelas III SD Tema 8 Bumi dan Alam Semesta dengan Esensi Kurikulum 2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Harti Kartini M.Pd (II) Muchtar S.Pd M.Si. Kata Kunci analisis buku siswa kelas III SD Kurikulum 2013 Buku siswa kelas III SD disusun dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 dan baru digunakan pada tahun 2016 sehingga belum pernah dilakukan revisi. Buku siswa tersebut meskipun telah memenuhi uji kelayakan/kesesuaian ternyata masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian antara penilaian yang dilakukan guru dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa pada buku siswa kelas III SD tema 8 Bumi dan Alam Semesta. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap buku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara kegiatan pembelajaran dengan penerapan komponen pendekatan saintfik dan kesesuaian antara penilaian pada buku siswa dengan penilaian otentik pada Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku siswa kelas III SD tema 8 Bumi dan Alam Semesta. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan penerapan komponen pendekatan saintifik dan kesesuaian penilaian dengan penilaian otentik pada Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan penerapan komponen pendekatan saintifik dari 24 pembelajaran ditemukan 4 pembelajaran yang tidak sesuai yakni pada subtema 1 pembelajaran ke-2 subtema 2 pembelajaran ke-5 subtema 3 pembelajaran ke-1 dan 5 sehingga diperoleh persentase kesesuaian sebesar 83 34% (2) kesesuaian penilaian dengan penilaian otentik pada Kurikulum 2013 ditemukan bahwa dari 18 penilaian sikap 12 diantaranya tidak sesuai sehingga diperoleh persentase kesesuaian sebesar 33 34% dari 18 penilaian pengetahuan 3 diantaranya tidak sesuai sehingga diperoleh persentase kesesuaian sebesar 83 34% dan dari 22 penilaian keterampilan 4 diantaranya tidak sesuai sehingga diperoleh persentase kesesuaian sebesar 81 81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian antara isi buku siswa kelas III SD tema 8 Bumi dan Alam Semesta dengan esensi Kurikulum 2013. Dengan demikian disarankan kepada guru hendaknya mencermati isi buku secara kritis dan segera menginformasikan kepada siswa apabila ditemukan kesalahan/ketidaksesuaian serta guru dapat menggunakan buku panduan lain yang relevan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6425

Actions (login required)

View Item View Item