Larvul ngabal: tradisi lisan kei / Rachmawati Patty - Repositori Universitas Negeri Malang

Larvul ngabal: tradisi lisan kei / Rachmawati Patty

Patty, Rachmawati (2010) Larvul ngabal: tradisi lisan kei / Rachmawati Patty. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Patty Rachmawati. 2009. Larvul Ngabal Tradisi Lisan Kei. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (1) Prof. Dr. H. Imam Syafi ie (2) Dr. Djoko Saryono M.Pd dan (3) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd. Kata Kunci Larvul Ngabal bentuk makna-fungsi pemertahanan Hermeneutika. Cerita Larvul Ngabal merupakan produk budaya yang menyampaikan sejumlah pesan budaya berkaitan dengan filosofi sistem kepercayaan dan norma norma hukum komunitas Kei. Secara substantif cerita Larvul Ngabal adalah suatu genre sastra lisan yakni cerita rakyat yang dianggap sakral oleh orang Kei dan diyakini benar-benar terjadi pada waktu lampau memiliki bentuk makna-fungsi dan pemertahanan yang dituturkan secara unik dan spesifik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan tentang cerita Larvul Ngabal khususnya mengenai (1) bentuk-bentuk cerita Larvul Ngabal berdasarkan isinya (2) makna cerita Larvul Ngabal yang mengaitkan hubungan manusia dengan sesuatu di luar dirinya yang bersifat vertikal maupun horizontal serta sirkular-harmonis dan fungsi cerita Larvul Ngabal yang dianggap mampu mempengaruhi dan mengarahkan perilaku orang Kei (3) strategi pemertahanan cerita Larvul Ngabal berdasarkan aspek normatif dan relatifnya. Ketiga substansi ini dianggap cukup akuntabel merepresentasikan budaya Kei. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan ancangan hermeneutika. Datanya berwujud kutipan teks cerita tindakan orang Kei pernyataan informan dan fakta historis. Data tersebut diperoleh dari 3 macam sumber yakni sumber lisan berupa 14 dokumen cerita Larvul Ngabal dari 14 orang informan masyarakat pemilik cerita di Kei Besar dan Kei Kecil serta dokumen tertulis lainnya. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara mendalam dan kajian dokumen. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dengan dipandu oleh pedoman pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan model hermeneutical circle Schleiermarcher dan model interpertasi Ricoeur dan Dilthey. Dengan model ini analisis data berlangsung secara interaktif-dialektif. Pada saat pengumpulan data berlangsung peneliti sekaligus melakukan reduksi data penyajian data interpretasi data dan penarikan simpulan. Ketiga substansi penelitian dipahami secara verstehen melalui level semantik reflektif dan eksistensif. Trianggulasi dilakukan peneliti untuk menghindari bias pada setiap tahap penelitian perangkat penelitian dan klarifikasi temuan penelitian kepada pakar budaya Kei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke 14 teks cerita Larvul Ngabal memiliki karakteristik sebagai bentuk cerita human endogeonik cerita kosmogonik dan cerita transformasi. Ketiga bentuk cerita itu dirangkum oleh tema asal-usul orang Kei perjalanan Dit Sakmas pembentukan hukum dan pengangkatan raja-raja. Makna cerita Larvul Ngabal mencerminkan pandangan hidup orang Kei yang mengandung konsepsi mendalam dan gagasan mengenai wujud kehidupan mengenai hubungan manusia dan alam baik secara vertikal antara manusia dengan Tuhan hubungan horisontal antara manusia dengan manusia dan hubungan sirkular-harmonis antara manusia dengan alam sebagai suatu totalitas dari sikap hidup orang Kei yang tercermin dalam makna filosofis makna religis makna kosmologis dan makna mistis. Fungsi cerita Larvul Ngabal mengarah pada fungsi sosiologis fungsi pedagogis fungsi yuridis. Fungsi sosiologis diimplementasikan sebagai sarana pengungkap asal-usul sebagai pengungkap struktur sosial masyarakat Kei dan sebagai sarana untuk memperkenalkan sistem pemerintahan baru. Fungsi pedagogis mengukuhkan cerita Larvul Ngabal sebagai model pendidikan etis moral ajaran tentang pembaharuan mengajarkan bahasa simbolik. Sedangkan fungsi yuridis cerita larvul merupakan hukum yang mengatur ketentuan tentang masalah pidana maupun perdata. Strategi pemertahanan Larvul Ngabal mengacu pada (1) cara-cara pemertahanan yang dilakukan melalui tiga jalur (a) jalur keluarga (b) jalur masyarakat dan (c) jalur pemerintah lokal. (2) peran pemertahanan yang terakumulasi dalam kehidupan orang Kei yaitu (a) pemertahanan jati diri orang Kei yang dilakukan melalui bahasa yang sama dan hukum adat yang sama struktur pemerintahan yang akomodatif ikatan persaudaraan politik masyarakat Kei. (b) menghadapi tantangan perubahan jaman akibat pengaruh agama pendidikan pengaruh ekonomi perubahan di bidang sosial-budaya dan pengaruh politik. Temuan penelitian mengatakan bahwa cerita Larvul Ngabal sebagai representasi budaya Kei karena merupakan intisari pengalaman orang Kei yang transcendental reflektif dan relevan dengan kebudayaan manusia pada umumnya. Cerita Larvul Ngabal mampu merangkum memproyeksikan dan mengukuhkan pandangan hidup dan norma-norma tradisi orang Kei. Konsep dasarnya memiliki pengaruh yang cukup dominan dalam kerangka berpikir orang Kei dewasa ini. Temuan-temuan ini mempunyai implikasi yang cukup berharga baik dari aspek teoritis maupun praktis. Secara teoritis temuan kajian cerita Larvul Ngabal berimplikasi terhadap disiplin ilmu sastra dan interdisipliner sastra serta antropologi. Secara praktis temuan ini bermanfaat bagi masyarakat Kei untuk menjadi pegangan dalam pemertahanan budaya Kei terutama cerita Larvul Ngabal. Melalui penelitian ini disarankan kepada masyarakat Kei untuk memiliki dan menggunakan cerita-cerita tersebut untuk memperkaya wawasan masyarakat dan untuk para ilmuan dosen sastra peneliti guru muatan lokal di Kei serta Lembaga Bahasa baik di daerah maupun di pusat untuk lebih mendalami dan menggalinya menuju kesempurnaan. Kepada pemerintah daerah sebagai pengambil keputusan disarankan untuk menjadikan cerita dan ritus Larvul Ngabal sebagai tujuan wisata budaya untuk memajukan daerah Kei ke depan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64234

Actions (login required)

View Item View Item