Ekspresi tutur gerakan demo mahasiswa di Kota Malang / Mochtar Data - Repositori Universitas Negeri Malang

Ekspresi tutur gerakan demo mahasiswa di Kota Malang / Mochtar Data

Data, Mochtar (2010) Ekspresi tutur gerakan demo mahasiswa di Kota Malang / Mochtar Data. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Data Mochtar. 2009. Ekspresi Tutur Gerakan Demo Mahasiswa di Kota Malang. Disertasi tidak dipublikasikan. Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Abdul Syukur Ibrahim (II) Prof. Dr. H. Suparno (III) Dr. H. Sumadi M.Pd. Kata-kata kunci ekspresi tutur gerakan demo mahasiswa wujud tuturan fungsi tuturan strategi bertutur pemegang otoritas. Penelitian ini mengkaji ekspresi tutur yang meliputi wujud tuturan fungsi tuturan dan strategi bertutur. Pengkajian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan mengeksplanasikan secara kritis objektif terhadap tuturan dalam gerakan demo mahasiswa di kota Malang. Data yang dijaring dalam penelitian ini berupa rekaman tuturan beserta catatan lapangan rekaman konteks dan data pendukung sedangkan sumber datanya adalah aktivis mahasiswa berbagai perguruan tinggi di kota Malang baik intrakampus maupun ekstrakampus. Setelah melalui proses penjaringan data sejak tahun 2004 sampai dengan tahun 2008 dipilih dua puluh topik yang cukup beragam. Topik-topik itu berkisar pada masalah politik hukum pemerintahan ekonomi sosial pendidikan dan keagamaan. Ancangan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindak tutur dengan perspektif pragmatik dan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dengan bantuan beberapa asisten yang berasal dari aktivis mahasiswa. Keberadaan asisten ini diperlukan untuk memperoleh data penelitian secara aktual dan faktual yang dijaring melalui perekaman audiovisual. Keseluruhan tuturan mahasiswa yang telah dijaring dari aksi demo disimpan dan diamankan dalam compact disk (CD) dan flashdisk. Berdasarkan dokumen-dokumen yang tersimpan ditunjang dengan catatan lapangan peneliti menganalisis data sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Untuk menjamin kelengkapan dan keabsahan data penelitian dilakukan triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat serta ketekunan pengamatan dan kajian berulang. Setelah dilakukan analisis data ditemukan ekspresi tutur gerakan demo mahasiswa di kota Malang. Ekspresi tutur itu meliputi wujud fungsi dan strategi bertutur dalam menyalurkan aspirasi terkait dengan fenomena dan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pengambil otoritas (Pemerintah dan pimpinan perguruan tinggi). Temuan penelitian yang berkaitan dengan wujud tuturan secara spesifik terlihat pada penggunaan ilustrasi yang cukup wawasan yang memadai penggunaan diksi yang mudah dipahami dan penggunaan simbol-simbol atau perumpamaan-perumpamaan yang padat makna. Temuan penelitian yang berkaitan dengan fungsi tuturan secara spesifik bertujuan membela dan memperjuangkan nasib rakyat tertindas mempertanyakan dan mengklarifikasi kebijakan-kebijakan pemegang otoritas mengajak komponen masyarakat untuk menegakkan keadilan dan kebenaran melawan segala bentuk penindasan memberikan solusi kepada pemegang otoritas menyoroti dan mengultimatum kekuasaan yang otoriter dan berempati terhadap nasib rakyat kecil terkait dengan kebijakan pemegang otoritas yang tidak prorakyat. Sementara itu temuan penelitian yang berkaitan dengan strategi bertutur secara spesifik terlihat pada banyaknya penggunaan strategi langsung literal dan strategi tidak langsung literal dengan ragam gaya bertutur bombastik demagogik persuasif dan provokatif. Temuan-temuan penelitian ini diyakini peneliti berimplikasi positif bagi bidang pendidikan dan pembelajaran khususnya bagi pendidikan demokrasi pendidikan sikap pembelajaran bahasa Indonesia dan pengembangan disiplin ilmu sejenis. Bagi pendidikan demokrasi berimplikasi positif terhadap peran mahasiswa sebagai agen perubahan yang tidak bisa tinggal diam dalam menghadapi persoalan yang bertentangan dengan hati nuraninya. Dalam hubungan ini pendidikan demokratis justru menghargai perbedaan dan memberikan tempat bagi minoritas yang tertindas. Bagi pendidikan sikap aksi mahasiswa dalam gerakan demonya juga merupakan gambaran kebebasan bersikap yang perlu diberikan tempat bagi mahasiswa untuk menunjukkan eksistensinya. Dalam hubungan ini kebebasan sebagai kesempurnaan eksistensi merupakan cita-cita yang pantas dikejar oleh setiap insan. Kebebasan itu adalah kemandirian sebagai manusia. Bagi pembelajaran bahasa Indonesia temuan-temuan penelitian ini juga dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia antara lain wujud-wujud tuturan beserta makna yang digunakan oleh mahasiswa dalam berorasi fungsi tuturan beserta ragam tujuannya dapat pula dimanfaatkan sebagai ilustrasi fungsi tuturan dan strategi bertutur dengan bermacam gayanya dapat dilatihkan di dalam kelas perkuliahan retorika atau keterampilan berbicara. Bagi disiplin ilmu sejenis temuan penelitian ini juga berimplikasi positif terhadap pengembangan kegiatan perkuliahan pragmatik etnografi komunikasi retorika analisis wacana sosiolinguistik dan analisis kesalahan berbahasa Untuk memberikan manfaat lebih sebagai wujud pertanggungjawaban ilmiah dipaparkan beberapa proposisi ilmiah yakni (1) bahasa gerakan demo mahasiswa bersifat spesifik (2) bahasa gerakan demo mahasiswa bertujuan politis dan (3) bahasa gerakan demo mahasiswa merupakan alat legitimasi kekuasaan. Keseluruhan temuan penelitian ini sangat bermanfaat bagi pengelola program studi bahasa di perguruan tinggi unit aktivitas kemahasiswaan peneliti dan pemerhati bidang pragmatik dan sosiolinguistik pengelola jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di FKIP Universitas Islam Malang serta pejabat Pemerintah Kota Malang.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64230

Actions (login required)

View Item View Item