Pengembangan model penilaian sebaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis di SMP / Imam Agus Basuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model penilaian sebaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis di SMP / Imam Agus Basuki

Basuki, Imam Agus (2009) Pengembangan model penilaian sebaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis di SMP / Imam Agus Basuki. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penilaian sebaya (PS) merupakan hal yang sangat penting dalam pem-belajaran bahasa Indonesia di sekolah khususnya pembelajaran menulis. Pe-nilaian sebaya menjadi penting karena PS sedang digalakkan dalam dunia pendidikan seiring dengan berkembangnya orientasi pembelajaran. Orientasi pembelajaran berubah dari pembelajaran yang berorientasi pada guru menjadi pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Di sisi lain PS sebagai salah satu basis/teknik dalam pembelajaran menulis belum banyak dikembangkan. Sejalan dengan uraian di atas penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan mengembangkan model PS untuk meningkatkan hasil pem-belajaran menulis di SMP. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah (1) me-ngembangkan perangkat PS untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis di SMP dan (2) mengkaji efektivitas PS dalam pembelajaran menulis di SMP. Perangkat PS yang dikembangkan meliputi (a) rencana pembelajaran berbasis PS (b) alat PS (c) model pembelajaran berbasis PS dan (d) panduan pe-ngembangan PS untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis di SMP. Efektivitas PS yang diuji meliputi (a) pengaruh PS dalam meningkatkan hasil pembelajaran menulis dan (b) perbedaan pengaruh PS terhadap hasil pem-belajaran menulis di SMP. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan desain pengembangan RDR (research development and research) dan R2D2 (recursive reflective design and development). Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu prape-ngembangan pengembangan dan uji produk. Prapengembangan dilakukan dengan studi pendahuluan untuk mengumpulkan informasi awal tentang pem-belajaran berbasis penilaian sebaya dan dengan kolaborasi guru untuk me-nyusun kesepakatan pengembangan pembelajaran berbasis PS. Tahap pe-ngembangan dilakukan dengan menyusun empat draf produk. Uji produk di-lakukan dengan dua cara yaitu uji coba produk (validasi teoretik dan validasi empirik) dan uji eksperimentasi produk. Validasi teoretik melibatkan ahli (ah-li evaluasi menulis ahli pembelajaran bahasa dan ahli teknologi pembela-jaran) dan praktisi (guru di tiga sekolah). Uji coba empirik dilakukan dengan teknik uji coba berulang sampai ditemukannya produk yang mantap dengan melibatkan guru dan siswa (13 kelas). Uji eksperimentasi produk dilakukan dengan desain praeksperimen dan kuasieksperimen pada sembilan kelas. Data hasil uji coba produk berupa data kualitatif sedangkan data uji eksperimen berupa data kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan teknik analisis domain dengan prinsip kritis kreatif dan reflektif sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan SPSS 16 0 for windows untuk meng-uji pengaruh PS. Hasil pengembangan ini berupa perangkat PS dalam pembelajaran menulis beserta deskripsi efektivitasnya. Perangkat PS yang berhasil dikem-bangkan memiliki kekhasan yang membedakannya dengan yang lain. Ke-khasan RPP terletak pada indikator materi dan langkah pembelajaran. Indi-kator dan materi pembelajaran ditambah hal yang mengindikasikan adanya PS. Langkah pembelajaran dikemas dengan menghadirkan kegiatan PS yang me-liputi pembahasan kriteria penilaian praktik menilai karangan sebaya pem-bahasan hasil penilaian dan penyempurnaan karangan. Alat PS yang berhasil dikembangkan berupa rubrik dan rambu-rambu penilaian yang memungkin-kan teman sebaya mudah melakukan penilaian. Model pembelajaran yang di-kembangkan berupa paparan tulis dan rekaman VCD. Paparan tulis model pembelajaran berupa uraian langkah-langkah yang perlu dilakukan guru da-lam melaksanakan pembelajaran menulis berbasis PS. Rekaman VCD berisi rekaman visual proses pembelajaran menulis berbasis PS mulai guru masuk kelas sampai dengan guru meninggalkan kelas. Panduan pengembangan PS berisi uraian teknis yang membantu guru dalam merancang mengembangkan dan melaksanakan PS. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa PS memiliki beberapa keung-gulan. Pembelajaran berbasis PS berpengaruh positif secara signifikan ter-hadap hasil pembelajaran menulis. Pembelajaran menulis berbasis PS memi-liki pengaruh lebih tinggi secara signifikan terhadap hasil pembelajaran diban-dingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil pembelajaran berbasis PS lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran berbasis penilaian diri meski-pun perbedaan keduanya tidak signifikan. Pembelajaran berbasis PS menggu-nakan rambu-rambu tidak memiliki perbedaan pengaruh dibandingkan dengan pembelajaran berbasis PS menggunakan rubrik. Tinggi rendahnya hasil pem-belajaran keduanya tidak konsisten. Hasil uji coba dan angket siswa juga menunjukkan adanya keunggulan pembelajaran ini. Pembelajaran menulis berbasis PS ini menjadikan siswa le-bih bergairah dan lebih semangat. Suasana kelas menjadi lebih hidup karena pembelajaran berfokus pada aktivitas siswa. Siswa melakukan berbagai akti-vitas yang memungkinkan mereka saling berinteraksi dan berkomunikasi. Ha-sil angket siswa juga menunjukkan bahwa pembelajaran menulis berbasis PS ini dianggap berguna menambah wawasan melatih berkomunikasi melatih menerima masukan melatih menghargai pendapat teman dan belajar menilai tulisan orang lain. Di sisi lain pembelajaran berbasis PS yang terus-menerus juga menimbulkan kebosanan dan ketidakseriusan siswa. Sejalan dengan hal tersebut pembelajaran berbasis PS ini perlu di-kembangkan lebih lanjut dan perlu disosialisasikan kepada pihak terkait khu-susnya guru bahasa Indonesia. Guru dapat memanfaatkan produk ini dalam pembelajaran dan menjadikan PS sebagai salah satu variasi dalam pembela-jaran. Sosialisasi produk penelitian ini sudah dilakukan dengan memasuk-kannya dalam situs UM (www.um.ac.id) dan memasukkan model pembela-jaran ini ke dalam produk LP3 UM.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64224

Actions (login required)

View Item View Item