Sukirno (2008) Pengembangan model perangkat pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum / Sukirno. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sukirno. 2007. Pengembangan Model Perangkat Pembelajaran Menulis Wacana Narasi dengan Strategi Belajar Kuantum. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Suparno (II) Prof. Dr. H. Ahmad Rofi uddin M.Pd (III) Dr. H. Dawud M.Pd Kata Kunci model perangkat pembelajaran menulis wacana narasi strategi belajar kuantum. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran menulis wacana narasi di sekolah adalah melaksanakan perbaikan proses pembelajaran menulis wacana narasi yang sesuai dengan per-kembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan adanya model perangkat pembelajaran menulis wacana narasi yang dapat menciptakan sistem belajar cepat menarik dan menyenangkan. Masalah umum penelitian ini adalah model perangkat pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum. Masalah tersebut terdiri atas tiga fokus yaitu (1) model silabus dan sistem penilaian pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum (2) model ba-han ajar pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum dan (3) model skenario pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan (1) model silabus dan sistem pe-nilaian pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum (2) model bahan ajar pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum dan (3) model skenario pembe-lajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum. Model perangkat pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan teori dePorter Reardon dan Noruie (2002) dePorter dan Hernacki (2003) dan Linksman (2004) yang mengutamakan konteks isi langkah-langkah pembelajaran dan gaya belajar pribadi. Prosedur penelitian pengembangan ini menempuh tiga tahap kegiatan pokok yaitu (1) tahap prapengembangan model (2) tahap pengem-bangan model dan (3) tahap uji efektivitas model. Tahap prapengembangan model ditempuh dengan cara studi pendahuluan untuk memperoleh data awal pelaksanaan pembelajaran menulis wacana narasi di SMAN 2 Purwokerto. Tahap pengembangan model dilakukan dengan cara membuat tiga model yaitu silabus dan sistem penilaian model bahan ajar dan model skenario pembelajaran uji validasi konseptual model melibatkan ahli isi bidang studi dan ahli perencanaan dan pembelajaran dan uji validasi empiris melibatkan sejumlah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMA yang terpola dalam kelompok kecil dan kelompok luas. Tahap uji efektivitas model dilakukan dengan cara membandingkan siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data penelitian terdiri atas data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kritik saran dan komentar yang disampaikan melalui instrumen pengumpul data catatan yang ditulis pada berkas model disampaikan secara lisan dalam kegiatan diskusi atau wawancara dan dituliskan pada lembar instrumen penilaian. Data tersebut terdapat pada sejumlah instrumen penelitian yang digunakan untuk menganalisis merevisi dan menyempurnakan model silabus dan sistem penilaian bahan ajar dan skenario pembelajaran menulis wacana narasi. Data kuantitatif berupa nilai kemampuan siswa menulis wacana narasi yang diperoleh berdasarkan tes awal dan tes akhir pada kelompok kontrol yang diberi perlakuan strategi konvensional dan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan strategi bela-jar kuantum. Data tersebut digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran me-nulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum. Hasil penelitian ini berupa tiga model yaitu (1) model silabus dan sistem penilaian pembela-jaran menulis wacana narasi (2) model bahan ajar pembelajaran menulis wacana narasi dan (3) model skenario pembelajaran menulis wacana narasi. Ketiga model tersebut dijelaskan sebagai berikut. Pertama model silabus dan sistem penilaian pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum terdiri atas lima silabus yaitu (a) silabus dan sistem penilaian menulis penga-laman pribadi (b) silabus dan sistem penilaian menulis biografi (c) silabus dan sistem penilaian me-nulis cerpen (d) silabus dan sistem penilaian menulis legenda dan (e) silabus dan sistem penilaian menulis dongeng. Kelima model silabus tersebut dikembangkan dengan memerhatikan penyajian isi pembelajaran gaya belajar pribadi dan langkah-langkah pembelajaran kuantum. Adapun sistem penilaiannya menggunakan dua teknik penilaian yaitu observasi dan portofolio. Untuk mencapai sasaran tersebut silabus dan sistem penilaian dikembangkan melalui tiga belas komponen yaitu nama sekolah nama mata pelajaran kelas semester alokasi waktu standar kompetensi kompetensi dasar materi pokok pengalaman belajar indikator pencapaian penilaian (teknik penilaian bentuk instrumen contoh instrumen) sumber belajar dan media belajar. Kedua model bahan ajar pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuan-tum dikembangkan menjadi tiga kelompok yaitu (a) kelompok preliminari (b) kelompok utama dan (c) kelompok pelengkap. Kelompok preliminari memuat kover halaman judul kata pengantar daftar isi dan selayang pandang wacana narasi. Kelompok utama memuat paparan lima kompetensi bahan ajar pembelajaran menulis wacana narasi yaitu (i) bahan ajar menulis pengalaman pribadi (ii) bahan ajar menulis biografi (iii) bahan ajar menulis cerpen (iv) bahan ajar menulis legenda dan (v) bahan ajar menulis dongeng. Kelima bahan ajar tersebut dikembangkan dengan pola judul pembelajaran bagian kesatu bagian kedua bagian ketiga bagian keempat bagian kelima dan bagian keenam. Semua contoh teks bacaan pada bahan ajar dikemas dalam bentuk vcd. Kelompok pelengkap memuat pameran majalah dinding dan antologi daftar pustaka dan biodata penulis. Model bahan ajar tersebut dikembangkan dengan memerhatikan konteks (bahasa media dan lingkungan) isi pembelajaran langkah-langkah pembelajaran kuantum dan gaya belajar pribadi. Ketiga model skenario pembelajaran menulis wacana narasi dengan strategi belajar kuantum terdiri atas lima skenario yaitu (a) skenario pembelajaran menulis pengalaman pribadi (b) skenario pembelajaran menulis biografi (c) skenario pembelajaran menulis cerpen (d) skenario pembelajaran menulis legenda dan (e) skenario pembelajaran menulis dongeng. Kelima model skenario pembela-jaran tersebut dikembangkan dengan memerhatikan isi langkah-langkah pembelajaran kuantum dan gaya belajar pribadi. Untuk mencapai sasaran tersebut skenario pembelajaran dikembangkan dengan komponen sebagai berikut nama sekolah mata pelajaran kelas semester alokasi waktu standar kompetensi kompetensi dasar materi pokok strategi pembelajaran penilaian dan sumber dan media yang digunakan dalam pembelajaran menulis wacana narasi. Berdasarkan analisis data kualitatif ketiga model perangkat pembelajaran tersebut memiliki efektivitas pada bagian materi pokok pengalaman belajar indikator pencapaian sistem penilaian dan bagian sumber dan media yang digunakan. Berdasarkan analisis data kuantitatif diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor tes awal dan tes akhir kemampuan menulis wacana narasi (menulis pengalaman pribadi menulis biografi menulis cerpen menulis legenda menulis dongeng) dengan strategi belajar kuantum pada siswa kelas X SMAN 2 Purwokerto ( p 0 001). Jadi ketiga model perangkat pembelajaran tersebut terbukti efektif dan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan menulis wacana narasi bagi siswa kelas X SMA Negeri 2 Purwokerto. Disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia produk penelitian ini dapat sebagai salah satu alternatif dalam penyusunan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran menulis wacana narasi di sekolah. Bagi penulis bahan ajar bahasa Indonesia produk penelitian ini dapat sebagai masukan. Bagi penyusun kurikulum/silabus produk penelitian ini dapat sebagai renungan dalam upaya mengoptimalkan kemampuan menulis wacana narasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64222 |
Actions (login required)
View Item |