Pengasuhan anak usia dini pada sosiokultur Madura (studi kasus masyarakat migran Madura di Kampung Sombo Surabaya) / Gunarti Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengasuhan anak usia dini pada sosiokultur Madura (studi kasus masyarakat migran Madura di Kampung Sombo Surabaya) / Gunarti Dwi Lestari

Lestari, Gunarti Dwi (2016) Pengasuhan anak usia dini pada sosiokultur Madura (studi kasus masyarakat migran Madura di Kampung Sombo Surabaya) / Gunarti Dwi Lestari. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari GunartiDwi. 2016. PengasuhanAnakUsia Dini Sosiokultur Madura Studi Kasus Masyarakat Migran Madura di Kampung Sombo Surabaya. Disertasi.Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd. (II) Prof. Dr. S. Mundzir M.Pd (III) Dr. Ach Rasyad.M.Pd. Kata Kunci SosiokulturMigran Madura Pengasuhan AnakUsiaDini Pola pengasuhan orang tua kepadaanakusiadinisangatpentingkarena anak mendapat pengalaman pertama dari keluarga. Masyarakat migranMadura di kampungSombodikenal memegang kuat ajaranIslam memiliki budaya yang khas unik stereotipikal dan stigmatik. Merekasangattaat tunduk dan pasrah kepada orang tuadanguru sangat menghargai martabat dan harga diri etniknya.Kekhasansosiokulturtersebutdapatmempengaruhipolapengasuhananakusiadinimereka. Penelitianinibertujuanuntukmenganalisis (1)sosiokulturmigran Madura (2) polapengasuhan anak usia dini (3) konstruksi makna model pengasuhan anak usia dini yang dipandang sebagai kekhasan dan (4)konstruksi makna keberhasilan dan kegagalan pengasuhan anak usia dini pada sosiokultur migran Madura di Kampung Sombo Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenisstudikasus.Data dikumpulkandenganwawancara observasi dandokumentasi.Subjekpenelitianadalahibu-ibumigran Madura telahlebih 10 tahuntinggal di Sombodanmemilikianakusiadini penentuannyadengantekniksnowball. Data dianalisismengguakantahapanYin(2011) meliputi (1) pengumpulan data (2) interpretasi data (3) menyusunkembali data (4) penafsiran data dan (5) penarikankesimpulan. Temuanpenelitianmenunjukkanbahwasosiokulturmigran Madura di KampungSomboadalah (1)masyarakat yang taatmenjalankanajaran Islam (2) sangattaat tunduk dan pasrah secara hierarkis kepadaBuppa (ayah) Babbu (ibu) guru atauKyai danRato (pemimpinpemerintahan) (3)kuatdalammemeliharakekerabatan (4) yang dilakukan denganpengajian tiba an danarisan (5)pribadiyang mudah tersinggung keras temperamental pendendam mudah marah danmudahmenaruh curiga kepada orang lain (6) bermigrasiuntukmempertahankansurvivalitasdanhargadiri (7)bekerjaapasajaasalkan halal (8) berdomisili di kamar-kamarkontrakan lingkunganpadatpenduduk kumuh dansulitmendapatair bersih (9)memilikikeberanian keuletan dan rasa percaya diriuntukbertahanhidup (10) memilikiketerbukaandanjujur (11) tuturbahasanyalugasdankasar dan (12) jikamenerima hinaan hampirpastimarah. Polapengasuhankepadaanakusiadinimerekacenderungotoriter ditandai (1) ketatnyadalammemberipengawasan (2) keharusananaktaatkepada orang tua (3) memberihukumanfisik (4) anakharussekolah termasukke PPT PAUD (5) anakperludiajarimengaji dan (6) dibericontohberperilaku yang baiksesuaiajaran Islam.Meskipunpemberianasupangizidanpengobatananakkurangmemenuhistandarhidupsehat namunadaupayamelatihkemandiriandankehidupansosialanak. Kekhasanpolaasuhanakusiadinimerekaterletakpadapandangannyatentanganak bahwaanakadalahanakjimat anakratoh dananakebestohkarenaberanikepada orang tuaataudurhaka.Kekhawatiranmerekaanaknyamenjadidurhakamendorongpolapengasuhanmerekaotoriter. Konstruksimaknakeunggulanpolaasuh pengawasanketat perluhukumanpisikagaranakpatuh keharusananakdiberipelajaran agama.Konstruksimaknakekurangannyabelumdapat menyediakanasupangizidanpengobatan yang sehat menyediakantempattinggal yang sehat mendidikanaksesuaianjuranguru danUstadz danmembericontohberperilakubaikkarenakeduanyasibukbekerja. Sebagai saran (1) kepadaibu-ibumigran Madura di kampungSombo yang memilikianakusiadiniseyogyanya (a)meningkatkanpengetahuandanketerampilanyadalammengasuhanakmerekadenganberbagaipolabesertakelebihandankelemahansetiappola (b) memahamijenismakanandanminumansehatuntukanak (c) meningkatkankerjasamadenganBunda PAUD setempatdalammeningkatkankualitaspendidikananakusiadinimereka (2) seyogyanyapolapengasuhandemokratisperludicoba dilatih dandibiasakankepadaanakusiadinimereka (3) Bagisuamiibu-ibumigran Madura dikampungSombo yang memilikianakusiadiniseyogyanya (a) meningkatkankepeduliannyadalamturutmengasuhanak (b) meningkatkanpengetahuannyadalammengasuhanak (c) meningkatkankomunikasiedukatifnyakepadaanak dan (d) membericontohberkatasertaberbuat yang baikkepadaanak.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S3 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64213

Actions (login required)

View Item View Item