Penerapan model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Septiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Septiana

Septiana (2016) Penerapan model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Septiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septiana 2016. Menerapan Model Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar IPS SDN Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Murtiningsih S. Pd M.Pd (II) Dra. Nihayati S. Pd. Kata Kunci Model Role Playing aktivitas hasil belajar IPS SD. Proses pembelajaran yang terjadi masih bersifat teacter center belum muncul model pembelajaran yang diberikan guru wali kelas V untuk membuat siswa aktif dan semangat dalam belajar juga belum mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah 60. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan (2) peningkatan aktivitas belajar siswa dan (3) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Role Playing pada siswa kelas V SDN Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Role Playing adalah model pelajaran dengan memerankan dirinya sebagai tokoh untuk mengembangkan imajinasi dan penghayatan siswa dengan bermain peran. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan PTK (penelitian tindakan kelas). Pada rancangan penelitian ini menggunakan model siklusHopkinsdan dilaksanakan dalam siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 dengan subyek penelitian 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Pra tindakan hasil belajar diperoleh persentase 54. 97% pada penerapan model pembelajaran Role Playingberhasil dilaksanakan dibuktikan dari pelaksanaan pada siklus I diperoleh aktivitas siswa dengan persentase mencapai 80.07% pada siklus II persentase mencapai 84.23%. hasil belajar siswa siklus I persentase mencapai 63.80% dan pada siklus II dengan persentase 74.83%. Kesimpulan penelitian ini yaitu Melalui penerapan Model Role Playing ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bokor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Saran bagi guru hendaknya model ini diterapkan pada pembelajaran IPS materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6421

Actions (login required)

View Item View Item