Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas III b SDN Sawojajar 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nani Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas III b SDN Sawojajar 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nani Indrawati

Indrawati, Nani (2016) Analisis implementasi kurikulum 2013 pada kelas III b SDN Sawojajar 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nani Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrawati Nani. 2016. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 pada Kelas III B SDN Sawojajar 5 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd (2) Dr. Suharjo M.S. M.A Kata kunci Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan persepsi yang berkembang di masyarakat banyak kesulitan yang dialami guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 terutama bagi guru yang baru menerapkannya. SDN Sawojajar 5 sudah menerapkan Kurikulum 2013 pada kelas I II IV dan V. Namun pada kelas III dan VI baru diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran dan (c) penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 pada kelas III B SDN Sawojajar 5 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Subjek penelitiannya yaitu guru kelas III B di SDN Sawojajar 5 Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi dan wawancara. Kegiatan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan melalui triangulasi teknik pengumpulan data dan menggunakan bahan referensi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan (a) dari segi perencanaan guru belum merancang RPP yang ideal sesuai Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 yaitu guru belum mencantumkan KD dan indikator dari KI-1 dan KI-2 guru juga belum merencanakan kegiatan 5M (b) dari segi pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik sudah terlaksana namun guru belum menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dan guru belum merencanakan kegiatan remidial dan pengayaan serta belum menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya (c) dari segi penilaian sudah dilakukan pada tiga aspek yaitu sikap pengetahuan dan keterampilan namun penilaian yang dilakukan pada tiap aspek cenderung menggunakan satu teknik saja. Kesulitan yang dialami guru antara lain (a) banyaknya RPP yang harus dibuat (b) banyaknya penilaian yang harus dilakukan (c) sulit melakukan penilaian afektif (d) sulit melakukan rekapitulasi nilai. Guru dapat mempermudah melakukan rekapitulasi nilai dengan cara membuat software untuk merekap nilai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6420

Actions (login required)

View Item View Item