Peningkatan hasil belajar matematika tentang operasi pecahan melalui model teams games tournaments pada siswa kelas IV SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar / Pangestu Restu Pinanggih

Pinanggih, Pangestu Restu (2016) Peningkatan hasil belajar matematika tentang operasi pecahan melalui model teams games tournaments pada siswa kelas IV SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar / Pangestu Restu Pinanggih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pinanggih, Pangesti Restu.2016.Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Operasi Pecahan melalui Model Teams Games Tournaments pada Siswa Kelas IV SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar. Skripsi, Progam Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Tri Murti, S.Pd.,M.Pd, (2) Drs. Sunyoto, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: hasil belajar, matematika, model teams games tournaments Hasil observasi selama pembelajaran matematika tentang operasi pecahan muncul permasalahan sebagai berikut: (1)guru hanya menggunakan metode ceramah, (2)kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, (3)siswa jarang belajar secara berkelompok di kelas, dan (4) guru tidak menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif. Dampak dari permasalahan adalah siswa merasa kesulitan dalam memahami materi operasi pecahan sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM yaitu 65. Tujuan penelitian mendeskripsikan penerapanan model teams games tournaments pada pembelajaran matematika tentang operasi pecahan pada siswa kelas IV SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar dan peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Prosedur penelitian meliputi pratindakan, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru kelas IV SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar yang berjumlah 25 siswa. Peneliti berperan sebagai guru mata pelajaran matematika kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase keberhasilan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 86% dan pada siklus II sebesar 98%. Rata-rata persentase ketuntasan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 84% dan pada siklus II sebesar 90,5%. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I aspek kerja sama menunjukkan nilai modus 3, pada siklus II meningkat menunjukkan nilai modus 4. Hasil belajar siswa ranah psikomotor pada siklus I dan II nilai optimum yang tampak adalah 4. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I sebesar 76% dan pada siklus II sebesar 92%. Pada pertemuan terakhir, dari 25 siswa, terdapat 23 siswa yang sudah tuntas belajar. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model teams games tournaments dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kaulon 01 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dapat menerapkan model teams games tournaments untuk meningkatkan aktivitas siswa dan pemahaman siswa terhadap materi sehingga kualitas pembelajaran di sekolah dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item View Item