Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa SD kelas III se-Gugus I Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek / Risky Priliani Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa SD kelas III se-Gugus I Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek / Risky Priliani Puspitasari

Puspitasari, Risky Priliani (2016) Hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa SD kelas III se-Gugus I Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek / Risky Priliani Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Risky Priliani. 2016. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa SD kelas III Se-Gugus I Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd Pembimbing (2) Drs. Suhartono S.Pd M.Pd. Kata Kunci Tingkat Pendidikan Orang Tua Hasil Belajar Siswa. Pendidikan memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas suatu bangsa. Keterpaduan pendidikan baik di keluarga sekolah dan masyarakat sangat menentukan keberhasilan dalam dunia pendidikan. Tingkat pendidikan terakhir orang tua yang berbeda-beda dari SD SMP SMA dan Perguruan Tinggi cenderung sangat mempengaruhi hasil belajar anak. Oleh karena itu orang tua harus selalu belajar untuk mempertinggi pengetahuannya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Dilihat dari segi cara memperoleh data penelitian ini juga termasuk penelitian ex-post facto. Data penelitian berupa tingkat pendidikan orang tua dan hasil belajar siswa SD kelas III. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data tingkat pendidikan orang tua dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai raport siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik dan analisis statistik korelasional. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan terhadap hasil penelitian yang diperoleh melalui dokumentasi dapat disimpulkan sebagai tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa kelas III SD menunjukkan ada hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa SD dengan tingkat Sig. sebesar 0 009. Jika dibandingkan dengan 945 0 05 nilai sig. lebih kecil daripada 945 (Sig. 8804 945 ) yaitu 0 009 0 05. Berdasarkan hasil tersebut (Ha) diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Pada tingkat pendidikan ayah diketahui menunjukkan hubungan antar kedua variabel rendah sedangkan pada tingkat pendidikan ibu diketahui bahwa menunjukkan hubungan antar kedua variabel cukup kuat. Dapat disimpulkan bahwa hubungan tingkat pendidikan ibu lebih besar dampaknya dengan hasil belajar siswa SD. Karena semakin tinggi tingkat pendidikan ibu akan cenderung semakin tinggi kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Manfaat dari penelitian ini yaitu (a) orang tua diharapkan lebih memperhatikan anaknya dalam belajar dengan memberikan nasihat serta memberikan motivasi (b) guru diharapkan untuk lebih memperhatikan hasil belajar siswa dengan memantau dan mengarahkan siswa untuk giat belajar (c) peneliti lain diharapkan untuk lebih memperhatikan dalam menggunakan teknik random sampling yang memberikan hasil yang berbeda karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item View Item