Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa kelas VA di SDN Penanggubngan Kecamatan Klojen Kota Malang / Maidina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa kelas VA di SDN Penanggubngan Kecamatan Klojen Kota Malang / Maidina

Maidina (2016) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa kelas VA di SDN Penanggubngan Kecamatan Klojen Kota Malang / Maidina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maidina. 2016.Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa kelas VA di SDN Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Murtiningsih S.Pd M.Pd (II) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy.S.Pd M.Pd Kata Kunci Model Pembelajaran Snowball Throwing Aktivitas Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Proses pembelajaran yang terjadi masih bersifat teacher center belum muncul model pembelajaran yang diberikan oleh guru wali kelas VA untuk membuat siswa aktif dan bersemangat dalam belajar juga belum mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 8805 70. Tujuan penelitian ini yaitu (1)mendeskripsikan penerapan (2) peningkatan aktivitas belajar siswa dan (3) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas VA SDN Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang. Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan keterampilan membuat pertanyaan yang dipadukan melalui suatu permainan imajinatif melempar bola salju. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif . Rancangan penelitian yang digunakan PTK (penelitian tindakan kelas). Pada rancangan penelitian ini menggunakan model siklus Hopkins dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Penanggungan kecamatan Klojen kota Malang pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 dengan subyek penelitian 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pra tindakan hasil belajar diperoleh persentase mencapai 59.86 % pada penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berhasil dilaksanakan dibuktikan dari pelaksanaan pada siklus I diperoleh aktivitas siswa dengan persentase mencapai 60.81 % pada siklus II persentase mencapai 72.97%. Hasil belajar siswa pada siklus I persentase mencapai 68 08% dan pada siklus II dengan persentase 74.83%. Kesimpulan penelitian ini yaitu Melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Penanggungan kecamatan Klojen kota Malang. Saran bagi guru hendaknya model pembelajaran ini diterapkan pada pembelajaran tematik tema-tema yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6414

Actions (login required)

View Item View Item