Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri

Eri (2016) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eri. 2016. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I). Dr. I Made Suardana S.Pd M.Pd (II). Drs. Syaiful Imam M.Pd. Kata Kunci pendekatan keterampilan proses kemampuan menulis karangan narasi. Menulis merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikuasai oleh siswa karena sebagai aspek berpikir dan pendidikan. Sehingga menutup kemungkinan penggalakan pembelajaran menulis telah dilakukan sedini mungkin. Terdapat lima tahapan dalam menulis yaitu pramenulis menulis revisi editing dan publishing. Dalam tahapan tersebut terdapat serangkaian proses berupa kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk memperoleh hasil yang optimal. Proses tersebut meliputi kegiatan mengamati mengklasifikasi/menggolongkan menafsirkan/menginterpretasi meramalkan/memprediksi menerapkan merencanakan penelitian dan mengkomunikasikan. Penelitianinibertujuanuntuk (1)mendeskripsikankemampuanmenulissiswa sebelum menggunakanpendekatanketerampilan proses (2) mendeskripsikankemampuanmenulissiswadenganmenggunakanpendekatanketerampilan proses (3) mendeskripsikanbagaimanapenerapanpendekatanketerampilan proses terhadapkemampuanmenulissiswa. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif deskriptifdenganrancangantindakan kelas. Populasipenelitianadalahsiswakelas V SDN Sawojajar VI Kota Malang yang berjumlah25siswa 14 siswa perempuan 11 siswa laki-laki dansemuanyaditeliti sehinggadisebutsampel total. Data dikumpulkanmenggunakantestulisuntukmengungkaphasilkemampuanmenuliskarangan. Berdasarkantemuanhasilpenelitian dikemukakan saran sebagaiberikut yaitu (1) hasilkemampuanmenulissebelumdilakukan tindakan dikelasVmencapainilai rata-rata 58 63. Lalu di lakukan tindakan pada siklus I kemampuan menulis dengan nilai rata-rata 67 52. Kemudian di siklus II peningkatan proses dan hasil kemampuanmenulis karangan narasi siswa meningkat dengan nilai rata-rata 79 90. Ada kemajuan dari tindakan siklus II yang signifikan (2) Guru perlumerencanakan/merancangpembelajaransebaikmungkindanmatang. Intipembelajaraninimenuntutsiswamengerjakantugassecaratersruktursehinggaakannampakdenganjelasaktivitassiswa yang menunjukkanadanyaproses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6413

Actions (login required)

View Item View Item