Pengembangan e-learning pada mata pelajaran komputer terapan jaringan berbasis efront virtual learning kelas XI semester 2 di SMK Telkom Sandhy Putra Malang / Anang Tri Purnomo Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-learning pada mata pelajaran komputer terapan jaringan berbasis efront virtual learning kelas XI semester 2 di SMK Telkom Sandhy Putra Malang / Anang Tri Purnomo Aji

Aji, Anang Tri Purnomo (2016) Pengembangan e-learning pada mata pelajaran komputer terapan jaringan berbasis efront virtual learning kelas XI semester 2 di SMK Telkom Sandhy Putra Malang / Anang Tri Purnomo Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tri PurnomoAji Anang. 2015. Pengembangan e-learning padamatapelajarankomputerterapanjaringanberbasisefront virtual learningkelas XI semester 2 di SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Skripsi JurusanTeknologiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. AgusWedi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan E-Learning efront virtual learning Jaringankomputer SMK. Perkembanganilmupengetahuandanteknologisaatinimembuatsegalaaspekkehidupanbergantungpadateknologi begitupuladenganduniapendidikan. Efront virtual learning dikembangkansebagaiwujudrespondarihaltersebutsehinggateknologibenar benardapatdigunakansebagai media pembelajaran.Efrontadalahpembelajaran yang dikenaldenganmanajemensistempembelajaran yang dirancanguntukmembuatpembelajaranonlinedenganberagaminteraksi. Tujuandaripengembanganiniuntukmenghasilkansuatuproduke-learning yang layakdan valid sebagaisumberbelajar yang efektifsertamampumeningkatkanhasilbelajarsiswadalammatapelajaranjaringankomputer. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaefront virtual learningini valid danlayakdigunakandalam proses pembelajaran individual danmenunjukkanbahwaefront virtual learninginimampumeningkatkanhasilbelajarsiswakhususnyapadapelajaranproduktifjaringankomputer di SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Penelitianinimenggunakan model pengembanganWilliam W. Lee dan Dania L. Owens langkah-langkahpengembanganyaituanalisis desain pengembangan implementasidanevaluasi. Subjekpenelitiandalampengembanganiniadalahsiswakelas XI SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Jenis data yang digunakanadalah data kuantitatif (teshasilbelajar)dankualitatif (instrumenahli media ahlimateri dansiswa). Efront virtual learningdivalidasiolehseorangahlimateri seorangahli media dansiswa. Kemudianteshasilbelajardilaksanakanoleh 30 siswa. Berdasarkanhasilangketahlimateridiperoleh total persentase85% hasilangketahli media diperoleh total persentase95% dariujicobarespondendidapatskorpersentasesebesar90%. Padateshasilbelajar 28 siswamendapatnilai di atas KKM dan 2 siswalaianyabelummencapai KKM halinimenunjukkanbahwaefront virtual learninginilayakdigunakandalam proses pembelajaran individual danmenunjukkanbahwaefront virtual learninginimampumeningkatkanhasilbelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranproduktifjaringankomputer. Pengembangmenyarankan agar efront virtual learning inidapatditerapkanpadamatapelajarankomputerterapanjaringankelas XI semester 2 khususnya di SMK Telkom Sandhy Putra Malang ataupunpadasekolah sekolah lain yang mempelajarikontenpembelajaran yang relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item