Hubungan antara pemahaman visi sekolah, keterampilan profesional, insentif, sumber daya sekolah, dan rencana tindak dengan motivasi berprestasi guru pada SMA rintisan sekolah bertaraf internasional Provinsi Bali / I Ketut Kerta - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pemahaman visi sekolah, keterampilan profesional, insentif, sumber daya sekolah, dan rencana tindak dengan motivasi berprestasi guru pada SMA rintisan sekolah bertaraf internasional Provinsi Bali / I Ketut Kerta

I Ketut (2010) Hubungan antara pemahaman visi sekolah, keterampilan profesional, insentif, sumber daya sekolah, dan rencana tindak dengan motivasi berprestasi guru pada SMA rintisan sekolah bertaraf internasional Provinsi Bali / I Ketut Kerta. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kesamaan visi personal keterampilan profesional insentif sumber daya sekolah rencana tindak motivasi berprestasi Motivasi berprestasi guru merupakan salah satu dimensi ukuran keefektifan sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di sekolah hendaknya memperhatikan faktor-faktor motivasi berprestasi guru-guru agar keefektifan sekolah dapat diwujudkan secara menyeluruh dan terpadu. Faktor motivasi berprestasi guru meliputi standar keunggulan tugas standar keunggulan diri dan standar keunggulan orang lain Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi berprestasi kesamaan visi keterampilan profesional insentif sumber daya sekolah dan rencana tindak sekolah pada SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Provinsi Bali (2) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal sekolah dan sumber daya sekolah (3) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara insentif dan sumber daya sekolah (4) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal dan rencana tindak (5) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara keterampilan profesional guru dan rencana tindak (6) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara insentif dan rencana tindak (7) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara sumberdaya sekolah dan rencana tindak (8) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal dan motivasi berprestasi guru (9) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara keterampilan profesional dan motivasi berprestasi (10) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara insentif dan motivasi berprestasi (11) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara sumber daya sekolah dan motivasi berprestasi (12) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara rencana tindak dan motivasi berprestasi (13) hubungan tidak langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal sekolah dan rencana tindak melalui sumberdaya sekolah (14) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara insentif dan rencana tindak melalui sumberdaya sekolah (15) mengetahui hubungan langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal sekolah dan motivasi berprestasi guru melalui sumber daya sekolah (16) mengetahui hubungan tidak langsung yang signifikan antara insentif dan motivasi berprestasi melalui sumberdaya sekolah (17) mengetahui hubungan tidak langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal dan motivasi berprestasi melalui rencana tindak (18) mengetahui hubungan tidak langsung yang signifikan keterampilan profesional dengan motivasi berprestasi melalui rencana tindak (19) mengetahui hubungan tidak langsung yang signifikan antara insentif dengan motivasi berprestasi melalui rencana tindak dan (20) mengetahui hubungan tidak langsung yang signifikan antara sumberdaya sekolah dengan motivasi berprestasi melalui rencana tindak. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan deskrptif-korelasional.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang memuat komponen kesamaan visi personal keterampilan profesional insentif sumber daya sekolah rencana tindak dan motivasi berprestasi guru. Data digali dari 315 responden yang diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling pada guru SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Provinsi Bali. Sedangkan untuk menanalisis data digunakan analisis Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) persepsi guru terhadap kesamaan visi personal berada pada kategori sangat tinggi (2) persepsi guru terhadap keterampilan profesional berada pada kategori sangat tinggi (3) persepsi guru terhadap insentif berada pada kategori sangat tinggi (4) persepsi guru terhadap sumber daya sekolah (5) persepsi guru terhadap rencana tindak berada pada kategori sangat tinggi dan (6) persepsi guru terhadap motivasi berprestasi berada pada kategori sangat tinggi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal sekolah dan sumber daya sekolah (2) ada hubungan langsung yang signifikan antara insentif dan sumber daya sekolah (3) ada hubungan langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal dan rencana tindak (4) ada hubungan langsung yang signifikan antara keterampilan profesional guru dan rencana tindak (5) ada hubungan langsung yang signifikan antara insentif dan rencana tindak (6) ada hubungan langsung yang signifikan antara sumberdaya sekolah dan rencana tindak (7) ada hubungan langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal dan motivasi berprestasi guru (8) ada hubungan langsung yang signifikan antara keterampilan profesional dan motivasi berprestasi (9) ada hubungan langsung yang signifikan antara insentif dan motivasi berprestasi (10) tidak ada hubungan langsung yang signifikan antara sumber daya sekolah dan motivasi berprestasi (11) ada hubungan langsung yang signifikan antara rencana tindak dan motivasi berprestasi (12) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal sekolah dan rencana tindak melalui sumberdaya sekolah (13) ada hubungan langsung yang signifikan antara insentif dan rencana tindak melalui sumber daya sekolah (14) tidak ada hubungan langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal sekolah dan motivasi berprestasi guru melalui sumber daya sekolah (15) tidak ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara insentif dan motivasi berprestasi melalui sumberdaya sekolah (16) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara kesamaan visi personal dan motivasi berprestasi melalui rencana tindak (17) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara keterampilan profesional dengan motivasi berprestasi melalui rencana tindak (18) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara insentif dengan motivasi berprestasi melalui rencana tindak dan (19) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara sumberdaya sekolah dengan motivasi berprestasi melalui rencana tindak. Berdasarkan beberapa temuan hasil penelitian di atas dikemukakan beberapa saran yan diharapkan bermanfaat bai pembuat kebijakan pendidikan khususnya pemerintah provinsi Bali Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Kepala/Wakil Kepala SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Provinsi Bali para pengawas sekolah dan guru-guru SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Provinsi Bali agar hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan sebagai acuan untuk menentukan strategi dalam manajemen organisasi sekolah sehingga dengan strategi yang dilaksanakan tersebut diharapkan mampu meningkatkan motivasi berprestasi guru-gurunya (2) kepada guru-guru SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Provinsi Bali agar penelitian ini dapat menambah pengetahuan tentang kesamaan visi personal guru keterampilan profesional insentif sumber daya sekolah dan rencana tindak serta motivasi berprestasi guru pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Provinsi Bali (3) kepada Pengawas SMA Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Provinsi Bali agar hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan untuk melakukan suatu strategi pembinaan dalam mengembangkan komitmen dan kecakapan profesional kepala sekolah dan guru agar motivasi berprestasi kinerja sekolah dan keefektifan sekolah makin meningkat serta tujuan institusional pendidikan di sekolah-sekolah yang menjadi wilayah binaannya dapat terwujud secara merata (4) kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten / Kota agar temuan basil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk pengambilan kebijakan paling tepat dalam membina dan mengembangkan motivasi berprestasi guru di sekolah sehingga kinerja sekolah dapat meningkat dengan baik dalam membina dan mendidik anak-anak bangsa untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan berdaya saing tinggi dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional (5) kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Provinsi Bali agar temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan yang paling tepat dalam melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Kota dalam rangka pembinaan terhadap sekolah kepala sekolah dan guru-guru sehingga implementasi program-program pendidikan pembinaan pemuda dan olahraga yang berada dibawah naungan binaan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten di seluruh Bali dapat berjalan padu dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di provinsi Bali (6) kepada para peneliti lain yang menaruh minat kuat untuk meneliti tentang motivasi berprestasi agar temuan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu rujukan dalam mencari dan atau menelusuri variabel-variabel lainnya di luar variabel kesamaan visi personal guru keterampilan profesional insentif sumber daya sekolah dan rencana tindak sehingga temuan hasil penelitiannya nanti akan dapat menambah wawasan bagi peneliti-peneliti berikutnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64093

Actions (login required)

View Item View Item