Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Selvi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Selvi Astuti

Astuti, Selvi (2016) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri pada siswa kelas III SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Selvi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Selvi 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs.Rumidjan M.Pd (II) Drs Toha Mashudi S.Pd M.Pd Kata kunci media gambar seri keterampilan menulis karangan deskripsi SD Hasil tes awal penelitian mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III semster II dengan materi menulis karangan deskripsi yang dilakukan di SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang menunjukkan bahwa kemampuan menulis mereka masih rendah siswa kesulitan dalam menentukan tema dan objek yang akan dideskripsikan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III materi berbicara melalui penggunaan media gambar seri dimana gambar seri tersebut terdiri dari beberapa gambar yang diurutkan. Tujuan Penelitian ini (1) Mendiskripsikan penerapan media gambar seri untuk meningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi di kelas III SDN Slamet 01 Tumpang Kabupaten Malang (2) mendiskipsikan peningkatan kemampuan menulis siswa kelas III SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan Penilaian (4) Refleksi disetiap siklusnya Instrumen pada penelitian berupa (1) Pedoman Observasi (2) Dokumentasi dan (3) soal-soal tes Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III SDN Slamet 01 Kecamtan Tumpang Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan media gambar seri dapat meningkatan keterampilan menulis siswa. Hal ini ditandai dengan siswa lebih tertarik mengikuti pelajaran semua siswa menjawab pertanya dari guru. Penggunaan media gambar seri pada kelas III mampu meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis. Hal ini terbukti pada pra tindakan dari 23 jumlah siswa hanya 7 siswa yang Tuntas. Rata-rata nilai siswa dari siklus I pertemuan pertama dan pertemuan ke dua rata-rata nilai kelas hanya 65 67. Sedangkan pada siklus ke II rata-rata kelas dari pertemuan 1 dan pertemuan 2 adalah 71 82. Disarankan untuk penelitian lain dalam menerapkan media gambar seri menggunakan gambar yang berwarna dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6405

Actions (login required)

View Item View Item