Hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, iklim organisasi, kepuasan kerja guru dan komitmen guru dengan kinerja guru SMA negeri di Kabupaten Buton dan Kota Bau-bau / La Ode Usa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, iklim organisasi, kepuasan kerja guru dan komitmen guru dengan kinerja guru SMA negeri di Kabupaten Buton dan Kota Bau-bau / La Ode Usa

UNSPECIFIED (2009) Hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, iklim organisasi, kepuasan kerja guru dan komitmen guru dengan kinerja guru SMA negeri di Kabupaten Buton dan Kota Bau-bau / La Ode Usa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu masalah pendidikan adalah kinerja guru yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran apakah ada hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi iklim organisasi kepuasan kerja guru dan komitmen guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau. Penelitian ini menggunakan rancangan survei korelasional. Pengumpulan data menggunakan angket. Sumber data adalah 222 guru PNS dengan tehnik distratified proportional random sampling. Data deskriptif yakni persentase.Analisis jalur terdiri dari lima blok. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa.tingkat gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi tergolong baik budaya organisasi tergolong kuat guru tergolong tidak puas bekerja komitmen guru tergolong rendah serta kinerja guru tergolong tinggi. Sedangkan hasil penelitian jalur hubungan langsung menunjukkan bahwa 1) ada hubungan langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan budaya organisai 2) ada hubungan langsung yang signifikan secara simultan atau parsial antara gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi dengan iklim organisasi 3) ada hubungan langsung yang tidak signifikan secara parsial antara gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi dengan kepuasan kerja guru. Ada hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru. Ada hubungan langsung yang signifikan secara simultan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi dan iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru 4) ada hubungan langsung yang tidak signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi secara parsial dengan komitmen guru. Ada hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi kepuasan kerja guru secara parsial dengan komitmen guru. Ada hubungan langsung yang signifikan secara simultan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi iklim organisasi dan kepuasan kerja guru dengan komitmen guru 5) ada hubungan langsung yang tidak signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi iklim organisasi kepuasan kerja guru secara parsial dengan kinerja guru.Ada hubungan langsung yang signifikan antara komitmen guru dengan kinerja guru. Ada hubungan langsung yang signifikan secara simultan gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi ilim organisasi kepuasan kerja guru dan komitmen guru dengan kinerja guru. Sementara itu hasil penelitian jalur hubungan tidak langsung menunjukkan bahwa 1) ada hubungan tidak langsung yang tidak signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan iklim organisasi melalui budaya organisasi 2) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui budaya organisasi dan iklim organisasi. Ada hubungan tidak langsung yang tidak signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui budaya organisasi. Ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru melalui iklim organisasi 3) ada hubungan tidak langsung yang tidak signifikan antara budaya organisasi dengan kepuasan kerja kerja guru melalui iklim organisasi 4) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan komitmen guru melalui budaya organisasi iklim organisasi dan kepuasan kerja guru 5) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara budaya organisasi dengan komitmen guru melalui iklim organisasi dan kepuasan kerja guru 6) Ada hubungan tidak langsung yang tidak signifikan antara iklim organisasi dengan komitmen guru melalui kepuasan kerja guru 7) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru melalui budaya organisasi iklim organisasi kepuasan kerja guru dan komitmen guru 8) ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara budaya organisasi dengan kinerja guru melalui Iklim organisasi kepuasan kerja guru dan komitmen guru Ada hubungan tidak langsung yang tidak signifikan antara budaya organisasi dengan kinerja guru melalui iklim organisasi Ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara budaya organisasi dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru Ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara budaya organisasi dengan kinerja guru melalui komitmen guru terhadap organisasi 9) Ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara iklim organisasi dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja guru dan komitmen guru 10) Ada hubungan tidak langsung yang tidak signifikan antara kepuasan kerja guru dengan kinerja guru melalui komitmen guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka 1) Kepala Dinas Diknas Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau disarankan agar hasil penelitian tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi iklim organisasi kepuasan kerja guru komitmen guru serta kinerja guru dapat dijadikan dasar dalam menetapkan kebijakan pembangunan dalam bidang pendidikan pada tingkat persekolahan 2) Kepala SMA Negeri di Kabupaten Buton dan Kota Bau-Bau disarankan agar hasil penelitian tentang gaya kepemimpina kepala sekolah budaya organisasi dan iklim organisasi dapat dijadikan dasar dalam menentukan strategi peningkatan kepuasan kerja guru komitmen guru dan kinerja guru serta upaya pengembangan kebijakan dan manajemen organisasinya 3) mahasiswa program manajemen terutama program manajemen pendidikan disarankan agar hasil penelitian tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah budaya organisasi iklim organisasi kepuasan kerja guru dan komitmen guru serta kinerja guru dapat dijadikan sebagai salah satu informasi ilmiah 4) peneliti lanjutan disarankan agar menguji variabel lain yang secara teoritis maupun empirik berhubungan dengan kinerja guru.dan melakukan perubahan terhadap teori yang memiliki peranan yang lemah terhadap peningkatan kinerja guru sehingga didapatkan teori baru yang lebih fungsional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64038

Actions (login required)

View Item View Item