Nur, Muh. Zainul Amin (2018) Komitmen dukungan orang tua siswa di SMP dan MTs bersistem boarding (studi multi kasus di SMP Al Izzah Kota Batu Malang, SMP Progresif Tulangan Sidoarjo, MTs Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dan MTs Salafiyah Syafi'iyah Diwek Tebuireng Jombang) / Muh. Zainul Amin Nur. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nur Muh. Z.A. 2018. Komitmen Dukungan Orang Tua Siswa di SMP dan MTs Bersistem Boarding (Studi Muti Kasus di SMP Al Izzah Kota Batu Malang SMP Progresif Tulangan Sidoarjo MTs Amanatul Ummah Pacet Mojokerto dan MTs Salafiyah Syafi iyah Tebuireng Diwek Jombang. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd (III) Prof. Dr. H.M. Huda A.Y. M.Pd. Kata kunci Komitmen dukungan orang tua sekolah bersistem boarding. Studi ini tentang komitmen dukungan orang tua di sekolah menengah pertama bersitem boarding dengan menggunakan desain multi kasus analisis komparasi dan teknik pengumpulan datanya dengan wawancara observasi dan studi dokumen serta pengecekan data dengan credibility transferability confirmabilitydan dependability. Fokus bahasan dalam penelitian ini ada empat fokus yaitu tuntutan komitmen dukungan bentuk komitmen dukungan faktor yang mepengaruhi komitmen dukungan dan pemeliharaan komitmen dukungan orang tua. Kesimpulan temuan penelitian ini yaitu (1) tuntutan komitmen dukungan terhadap orang tua siswa merupakan tindakan sekolah menarik komitmen orang tua siswa untuk melakukan sejumlah tindakan tertentu guna mendukung pelaksanaan pendidikan yang didasari atas pemahaman perlunya komitmen orang tua siswa sejak awal menjaga kondusifitas sekolah dan menempatkan sekolah dan orang tua siswa pada fungsi masing masing (2) bentuk komitmen dukungan orang tua siswa bentuknya pasif dan aktif. Bentuk pasif berupa penerimaan orang tua siswa terhadap segala hal yang berlaku di sekolah dan asrama. Bentuk aktif berupa (a) memotivasi anak selama menempuh pendidikan dengan beragam cara (b) aktif menggali informasi dan berkomunikasi dengan pihak sekolah dan kepesantrenan mengenai kemajuan belajar dan keadaan anak (c) menindak lanjuti pesan atau permintaan sekolah secara cepat (d) menghadiri kegiatan sekolah perlombaan dan studi wisata siswa (e) menjadi tutor atau pemateri dalam peningkatan guru dan (f) memberi biaya tambahan untuk kegiatan siswa penyediaan media dan sumber belajar di kelas dan fasilitas sekolah (3) faktor yang mempengaruhi komitmen dukungan orang tua siswa terdiri dari sekolah siswa dan orang tua siswa. Faktor dari sekolah kebijakan sekolah kualitas pengajaran kuantitas pelaporan hasil belajar siswa layanan khusus kesehatan siswa kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah dan asrama sikap dalam melayani keperluan orang tua siswa ketersediaan saluran untuk berkomunikasi ke sekolah kepengapuh anak dan ke anak pemberitaan berita sekolah dan siswa di media online. Faktor dari siswa kenyamanan siswa dalam belajar dan tinggal di asrama tidak punya masalah mampu beradabtasi bersosialiasi dan mengelolah diri (mandiri). Faktor dari orang tua siswa punya pengalaman belajar di boarding sechool punya pengetahuan yang baik tentang sekolah bersistem boarding punya kesan baik terhadap sekolah dari teman sejawat informasi media dan kunjungan langsung ke sekolah ekonomi orang tua siswa dan waktu luang orang tua siswa (4) pemeliharaan komitmen dukungan orang tua siswa dengan (a) penegakan aturan pembuatan mekanisme yang jelas mengenai aturan sekolah dan kepesantrenan (b) menjaga hubungan baik dengan orang tua siswa (c) meningkatkan pemberitaan kegiatan-kegiatan sekolah dan siswa ke media online seperti di web sekolah dan media sosial facebook twiter instagram dan youtube (d) menyediakan saluran komunikasi untuk orang tua siswa yang ingin akses ke sekolah asrama dan anak (e) membentuk perwakilan tiap wilayah dan mengadakan pertemuan dengan mereka (f) mempertahankan dan memperkuat tradisi dan kurikulum kepesantrenan menjaga mutu pengajaran meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa menyampaikan perkembangan akademik dan non akademik siswa dan kepribadian siswa tiap tiga bulan serta hasil belajar tiap bulan melalui sms gateway ke orang tua siswa (g) meningkatkan layanan khusus kesehatan siswa kebersihan lingkungan di asrama dan sekolah (h) meminimalisir munculnya masalah pada siswa dengan mengadakan orientasi untuk siswa baru kegiatan pemberian memotivasi pada siswa senior sebelum kegiatan formal sekolah dan kepesantrenan dilaksanakan penerapan sistem demirit point pembinaan dan pengawasan secara rutin dan menyelesaikan permasalahan yang timbul pada siswa secara cepat. Perbedaan yang ditemukan jika di sekolah boarding perjanjian orang tua suatu yang pokok bentuk dukungan orang tua lebih beragam upaya pemeliharaan komitmen dukungsn orang tua beragam mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi. adapun sekolah dilingkungan pesantren komitmen dukungan pasif orang tua lebih kuat. Hasil studi ini memberi pemahaman awal yang tepat tentang dukungan orang tua di sekolah bersistem boarding dan berpotensi memicu penelitian pendalaman terkait komitmen dukungan orang tua dalam mendukung efektifitas pendidikan di sekolah bersistem boarding.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64029 |
Actions (login required)
View Item |