Singkronisasi pembinaan karakter peserta didik di madrasah dan pesantren (studi multi-situs pada MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, dan MTsN Peterongan di Kabupaten Jombang) / Moh. Khozin - Repositori Universitas Negeri Malang

Singkronisasi pembinaan karakter peserta didik di madrasah dan pesantren (studi multi-situs pada MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, dan MTsN Peterongan di Kabupaten Jombang) / Moh. Khozin

Khozin, Moh. (2018) Singkronisasi pembinaan karakter peserta didik di madrasah dan pesantren (studi multi-situs pada MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, dan MTsN Peterongan di Kabupaten Jombang) / Moh. Khozin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Khozin Moh. 2017. Singkronisasi Pembinaan Karakter Peserta Didik di Madrasah dan Pesantren (StudiMulti-situs Pada MTsN Tambak Beras MTsN Denanyar dan MTsN Peterongan di Kabupaten Jombang). Disertasi Program studi Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Prof. Dr. Ali Imron M.si M.Pd. dan (III) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata Kunci Singkronisasi Nilai narakter Pesantren Dengan maraknya degradasi moral pada siswa yang akhir-akhir ini semakin mencuat di Indonesia maka perlu berfikir keras untuk menemukan solusi dan manajemen pendidikan yang tepat dalam meminimalisirnya. Gerakan inovasi yang perlu dipertimbangkan oleh suatu lembaga pendidikan adalah dengan menyiapkan pendidikan yang berkarakter. Karena dengan pendidikan karakter akan membentuk kepribadian siswa. Selain itu kontrol terhadap pengaruh negatif globalisasi bisa diminimalisir.Untuk Menjawab persoalan di atas perlu singkronisasi pendidikan di Madrasah dengan Pesantren agar karakter yang lama bisa diaplkasikan di Madrasah. Sinkronisasi dalam hal ini ini berarti hasil kesesuaian. Mengidentifikasi nilai- nilai karakter yang diajarkan dalam layanan pembinaan pesantren yang sesuai dan dapat diajarkan di Madrasah. Tidak semua nilai- nilai karakter yang diajarkan di pesantren dapat di sesuaikan dengan di Madrasah. Tetapi ada beberapa nilai yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus pada tiga Madrasah yang di bawah naungan Pesantren yakni MTsN Tambak Beras Jombang MTsN Denanyar Jombang dan MTsN Peterongan Jombang. Teknik pengumpulan Data Menggunakan wawancara mendalam (indepth interviewing) observasi partisipasi (participant observation) dan studi dokumentasi (documentation study). Teknik analisis datanya berbentuk interaktif dan berlangsung secara terus menerus. Dalam analisis ini terdapat siklus yang meliputi pengumpulan data display data reduksi data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data ditunjukan dengan kredibilitas transferabilitas dan konfirmabilitas. Hasil Temuan penelitian Sinkronisasinilai-nilai karakter di Pesantren ke dalam layanan pembinaan peserta didik di madrasah adalah sebagai berikut (1) Religius (tergambar dalam kegiatan Berdo a Shalat Wajib Berjama ah Sholat Dhuhah Puasa Mengaji Al-Qur an Pengajian Kitab Kuning Istighotsah dan Tahlil Ziarah Maqbaroq Diba iyah Ro an Al-Banjari Qiro ah Kaligrafi dan jurnalistik) (2) Jujur (tergambar dalam kegiatan Berdo a Shalat Wajib Berjama ah Sholat Dhuhah Puasa Pengajian Kitab Kuning Khitobiyah dan Ro an) (3) Toleransi (tergambar dalam kegiatan Mengaji Al-Qur an Pengajian Kitab Kuning Khitobiyah Ro an Al-Banjari Qiro ah dan Kaligrafi) (4) Disiplin (tergambar dalam kegiatan Berdo a Sholat Wajib Berjama ah Sholat Dhuhah Mengaji Al-Qur an Pengajian Kitab Kuning Puasa Khitobiyah Ro an Al-Banjari Qiro ah Kaligrafi dan Jurnalistik) (5) Kerja Keras (tergambar dalam kegiatan Berdo a Shalat Dhuhah Pengajian Kitab Kuning Khitobiyah Ro an Al-Banjari Qiro ah Kaligrafi dan Jurnalistik) (6) Kreatif (tergambar dalam kegiatan Khitobiyah Al-Banjari dan Kaligrafi) (7) Mandiri (tergambar dalam kegiatan Do a Sholat Dhuhah Puasa Istighotsah dan Tahlil Khitobiyah dan Ro an) (8) Demokratis (tergambar dalam kegiatan Pengajian Kitab Kuning Pengajian Al-Qur an dan Khitobiyah) (9) Rasa Ingin tahu (tergambar dalam kegiatan Pengajian Kitab Kuning dan Pengajian Al-Qur an) (10) Semangat Kebangsaan (tergambar dalam kegiatan khitobiyah dan Upacara Hari Santri Nasional) (11) Cinta Tanah Air (tergambar dalam vi kegiatan Khitobiyah dan Upacara Hari Santri Nasional) (12) Menghargai Prestasi (tergambar daalm kegiatan Khitobiyah Al-Banjari Qiro ah dan Kaligrafi) (13) Bersahabat Komunikatif (tergambar dalam kegiatan Pengajian Kitab Kuning Pengajian Al-Qur an Khitobiyah Ro an Al-Banjari Qiro ah dan Kaligrafi) (14) Cinta Damai (tergambar dalam kegiatan Pengajian Kitab Kuning Pengajian Al-Qur an Khitobiyah Al-Banjari Qiro ah dan Kaligrafi) (15) Gemar Membaca (tergambar dalam kegiatan Pengajian Kitab Kuning Mengaji Al-Qur an dan Qiro ah) (16) Peduli Lingkungan (tergambar dalam kegiatan roan) (17) Peduli Sosial (tergambar dalam kegiatan Puasa dan Istighotsah dan Tahlil)

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64028

Actions (login required)

View Item View Item