Singkronisasi pembinaan karakter peserta didik di madrasah dan pesantren (studi multi-situs pada MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, dan MTsN Peterongan di Kabupaten Jombang) / Moh. Khozin

Khozin, Moh. (2018) Singkronisasi pembinaan karakter peserta didik di madrasah dan pesantren (studi multi-situs pada MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, dan MTsN Peterongan di Kabupaten Jombang) / Moh. Khozin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Khozin, Moh. 2017. Singkronisasi Pembinaan Karakter Peserta Didik di Madrasah dan Pesantren (StudiMulti-situs Pada MTsN Tambak Beras, MTsN Denanyar, dan MTsN Peterongan di Kabupaten Jombang). Disertasi Program studi Manajemen Pendidikan, Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Nurul Ulfatin, M.Pd, (II) Prof. Dr. Ali Imron, M.si, M.Pd., dan (III) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd. Kata Kunci: Singkronisasi, Nilai narakter, Pesantren, Dengan maraknya degradasi moral pada siswa yang akhir-akhir ini semakin mencuat di Indonesia maka perlu berfikir keras untuk menemukan solusi dan manajemen pendidikan yang tepat dalam meminimalisirnya. Gerakan inovasi yang perlu dipertimbangkan oleh suatu lembaga pendidikan adalah dengan menyiapkan pendidikan yang berkarakter. Karena dengan pendidikan karakter akan membentuk kepribadian siswa. Selain itu kontrol terhadap pengaruh negatif globalisasi bisa diminimalisir.Untuk Menjawab persoalan di atas perlu singkronisasi pendidikan di Madrasah dengan Pesantren agar karakter yang lama bisa diaplkasikan di Madrasah. Sinkronisasi dalam hal ini ini berarti hasil kesesuaian. Mengidentifikasi nilai- nilai karakter yang diajarkan dalam layanan pembinaan pesantren yang sesuai dan dapat diajarkan di Madrasah. Tidak semua nilai- nilai karakter yang diajarkan di pesantren dapat di sesuaikan dengan di Madrasah. Tetapi ada beberapa nilai yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus pada tiga Madrasah yang di bawah naungan Pesantren yakni: MTsN Tambak Beras Jombang, MTsN Denanyar Jombang, dan MTsN Peterongan Jombang. Teknik pengumpulan Data Menggunakan wawancara mendalam (indepth interviewing), observasi partisipasi (participant observation), dan studi dokumentasi (documentation study). Teknik analisis datanya berbentuk interaktif dan berlangsung secara terus menerus. Dalam analisis ini, terdapat siklus yang meliputi pengumpulan data, display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data ditunjukan dengan kredibilitas, transferabilitas dan konfirmabilitas. Hasil Temuan penelitian: Sinkronisasinilai-nilai karakter di Pesantren ke dalam layanan pembinaan peserta didik di madrasah adalah sebagai berikut: (1) Religius (tergambar dalam kegiatan:BerdoÔÇÖa, Shalat Wajib BerjamaÔÇÖah, Sholat Dhuhah, Puasa, Mengaji Al-QurÔÇÖan, Pengajian Kitab Kuning, Istighotsah dan Tahlil, Ziarah Maqbaroq, DibaÔÇÖiyah, RoÔÇÖan, Al-Banjari, QiroÔÇÖah, Kaligrafi, dan jurnalistik), (2) Jujur (tergambar dalam kegiatan:BerdoÔÇÖa, Shalat Wajib BerjamaÔÇÖah, Sholat Dhuhah, Puasa, Pengajian Kitab Kuning, Khitobiyah, dan RoÔÇÖan), (3) Toleransi (tergambar dalam kegiatan: Mengaji Al-QurÔÇÖan, Pengajian Kitab Kuning, Khitobiyah, RoÔÇÖan, Al-Banjari, QiroÔÇÖah, dan Kaligrafi), (4) Disiplin (tergambar dalam kegiatan: BerdoÔÇÖa , Sholat Wajib BerjamaÔÇÖah, Sholat Dhuhah, Mengaji Al-QurÔÇÖan, Pengajian Kitab Kuning, Puasa, Khitobiyah, RoÔÇÖan, Al-Banjari, QiroÔÇÖah, Kaligrafi, dan Jurnalistik), (5) Kerja Keras (tergambar dalam kegiatan: BerdoÔÇÖa, Shalat Dhuhah, Pengajian Kitab Kuning, Khitobiyah, RoÔÇÖan, Al-Banjari, QiroÔÇÖah, Kaligrafi, dan Jurnalistik), , (6) Kreatif (tergambar dalam kegiatan: Khitobiyah , Al-Banjari, dan Kaligrafi), (7) Mandiri (tergambar dalam kegiatan: DoÔÇÖa, Sholat Dhuhah, Puasa, Istighotsah dan Tahlil, Khitobiyah, dan RoÔÇÖan), (8) Demokratis (tergambar dalam kegiatan: Pengajian Kitab Kuning, Pengajian Al-QurÔÇÖan, dan Khitobiyah), (9) Rasa Ingin tahu (tergambar dalam kegiatan: Pengajian Kitab Kuning, dan Pengajian Al-QurÔÇÖan), (10) Semangat Kebangsaan (tergambar dalam kegiatan: khitobiyah dan Upacara Hari Santri Nasional), (11) Cinta Tanah Air (tergambar dalam vi kegiatan: Khitobiyah dan Upacara Hari Santri Nasional), (12) Menghargai Prestasi (tergambar daalm kegiatan: Khitobiyah, Al-Banjari, QiroÔÇÖah, dan Kaligrafi), (13) Bersahabat Komunikatif (tergambar dalam kegiatan: Pengajian Kitab Kuning, Pengajian Al-QurÔÇÖan, Khitobiyah, RoÔÇÖan, Al-Banjari, QiroÔÇÖah, dan Kaligrafi), (14) Cinta Damai (tergambar dalam kegiatan: Pengajian Kitab Kuning, Pengajian Al-QurÔÇÖan, Khitobiyah , Al-Banjari, QiroÔÇÖah, dan Kaligrafi), (15) Gemar Membaca (tergambar dalam kegiatan:Pengajian Kitab Kuning, Mengaji Al-QurÔÇÖan, dan QiroÔÇÖah), (16) Peduli Lingkungan (tergambar dalam kegiatan: roan), (17) Peduli Sosial (tergambar dalam kegiatan: Puasa, dan Istighotsah dan Tahlil),

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64028

Actions (login required)

View Item View Item