Keterampilan manajerial kepala sekolah (studi multisitus di Sekolah dasar Negeri 2 Kepanjen 2 Jombang, Sekolah dasar Katolik Wijana Jombang dan Sekolah Dasar Plus Darul 'Ulum Jombang / Kustomo

Kustomo (2018) Keterampilan manajerial kepala sekolah (studi multisitus di Sekolah dasar Negeri 2 Kepanjen 2 Jombang, Sekolah dasar Katolik Wijana Jombang dan Sekolah Dasar Plus Darul 'Ulum Jombang / Kustomo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Kustomo. 2018. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (Studi multisitus di Sekolah Dasar Negeri Kepanjen 2 Jombang, Sekolah Dasar Katolik Wijana Jombang, dan Sekolah Dasar Plus Darul ÔÇÿUlum Jombang). Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd., (II) Dr. Imron Arifin, M.Pd., (3) Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd., M.Si. Kata kunci: keterampilan manajerial, kepala sekolah, sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan manajerial kepala sekolah, Sekolah Dasar, yaitu keterampilan manajerial yang meliputi ketrampilan konsep, keterampilan hubungan manusiawi, dan keterampilan teknik dalam mengelola sekolah agar berlangsung dengan baik dan diharapkan kinerjanya semakin baik untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian ini adalah studi multisitus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data terkumpul selanjutnya dianalisis secara mendalam dengan analisis dalam situs tunggal yaitu melalui kondentasi data, display data, dan penarikan kesimpulan pada masing-masing situs kemudian dilakukan analisis lintas situs guna menyusun konsep dan temuan di antara situs-situs yang ada. Validitasnya menggunakan kreadibilitas, tranferabilitas, dependibilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis dalam penelitian kualitatif untuk mengembangkan teori subtantif sebagaimana yang dilakukan pada teknik analisis komparatif konstan, pada penelitian multi situs, pada dasarnya peneliti memiliki kecenderungan untuk mengembangkan teori. Untuk mengembangkan teori itu, ada dua pendekatan analisis yang dipakai , yaitu induksi analitis termodifiksi dan metode komparatif konstan Dari penelitan ini dapat disampaikan, bahwa pada umumnya kepala sekolah telah mempunyai keterampilan konsep dalam usahanya untuk mengelola sekolah dan mencoba meningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus, walaupun masing masing kepala sekolah mempunyai program yang berbeda-beda. Pada keterampilan ini menunjukkan bahwa kemadirian dari seorang kepala sekolah merupakan dasar keberhasilan dalam mengelola sekolah, sehingga mereka dapat menerapkan berbagai program-program bagi siswanya. Secara umum keterampilan hubungan manusiawi menunjukkan bahwa kepala sekolah dapat mengembangkan hubungan dengan semua warga sekolah dengan baik, dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain, bergaul dengan baik, dan dapat menciptakan iklim berja bagi guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penerapan keterampilan teknik yang ditunjukkan kepala sekolah sangat beragam, berbagai keterampilan yang seharusnya dipahami kepala sekolah seperti mengelola materi ajar, metode belajar mengajar dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan yang masih kurang, dan tidak semua sekolah telah memiliki sarana dan alat pembelajaran yang memadai dengan kemajuan teknologi dan informasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64023

Actions (login required)

View Item View Item