Hubungan antara kepedulian guru terhadap inovasi, kecerdasan emosional, kompetensi profesional, budaya sekolah dan keefektifan sekolah pada sekolah dasar negeri di Kota Malang / Sri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kepedulian guru terhadap inovasi, kecerdasan emosional, kompetensi profesional, budaya sekolah dan keefektifan sekolah pada sekolah dasar negeri di Kota Malang / Sri Rahayu

Rahayu, Sri (2018) Hubungan antara kepedulian guru terhadap inovasi, kecerdasan emosional, kompetensi profesional, budaya sekolah dan keefektifan sekolah pada sekolah dasar negeri di Kota Malang / Sri Rahayu. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Rahayu Sri 2018. Hubungan Antara Kepedulian Guru Terhadap Inovasi Kecerdasan Emosional Kompetensi Profesional Budaya Sekolah dan Keefektifan Sekolah pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Malang. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurul Ulfatin M.Pd. (II) Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (III) Prof. Dr. H. Ali Imron M. Pd. Kata kunci kepedulian inovasi kecerdasan emosional kompetensi profesional budaya sekolah keefektifan sekolah Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional yang menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan guru sekolah dasar negeri di Kota Malang yang berjumlah 1.933 orang guru yang tersebar di 188 Sekolah Dasar Negeri dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 333 orang guru dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan pemodelan persamaan struktural (SEM) dan menggunakan Software AMOS 18.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil uji hipotesis bahwa secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan langsung dan tidak langsung antara kepedulian guru terhadap inovasi kompetensi profesional budaya sekolah dan keefektifan sekolah. Kecuali kecerdasan emosional dan keefektifan sekolah tidak terdapat hubungan langsung tetapi kecerdasan emosional dan keefektifan sekolah terdapat hubungan tidak langsung baik melalui kompetensi profesional guru maupun budaya sekolah. Disarankan kepada (1) Guru SD Negeri di Kota Malang agar selalu meningkatkan kepeduliannya terhadap inovasi kecerdasan emosional dan kompetensi profesionalnya serta menciptakan budaya sekolah yang baik sehingga mutu pendidikan dan keefektifan sekolah dasar meningkat (2) Kepala Sekolah SD Negeri di Kota Malang untuk memotivasi guru supaya secara terus menerus meningkatkan kepedulian guru terhadap inovasi kecerdasan emosional dan kompetensi profesionalnya serta menciptkan budaya sekolah yang baik sehingga mutu pendidikan dan keefektifan sekolah dasar meningkat (3) Kepala Dinas Pendidikan agar mendorong Kepala Sekolah secara terus menerus memotivasi guru untuk selalu meningkatkan kepedulian guru terhadap inovasi kecerdasan emosional dan kompetensi profesionalnya serta menciptakan budaya sekolah yang baik sehingga mutu pendidikan dan keefektifan sekolah dasar meningkat (4) Peneliti Selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dan melakukan kajian lanjutan terhadap hubungan kepedulian guru terhadap inovasi kecerdasan emosional kompetensi profesional budaya sekolah dengan keefektifan sekolah pada sekolah dasar negeri di Kota Malang (5) Pengembang Ilmu Bidang Manajemen Pendidikan khusunya bidang sumber daya manusia dalam pendidikan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk mendukung dan memperkaya khazanah keilmuan terkait sumber daya manusia dalam bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64021

Actions (login required)

View Item View Item