Peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana menggunakan cerita gambar berseri pada siswa kelas I SDK Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Lidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana menggunakan cerita gambar berseri pada siswa kelas I SDK Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Lidya

Lidya (2016) Peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana menggunakan cerita gambar berseri pada siswa kelas I SDK Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Lidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lidya.2016.PeningkatanKeterampilanMenulisKalimatSederhanaMenggunakanCeritaGambarBerseriPadaSiswaKelas I SDK Wignya Mandala KecamatanTumpangKabupatenMalang. Skripsi Program StudiPendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. NurHanifah M.Pd(II) Drs. AchmadTaufiq M.Pd Kata Kunci KeterampilanMenulis GambarSeri SekolahDasar Pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat anak-anak cenderungpasif sehingga keterampilan menulis siswa masih sangat kurang. Selain itu pembelajaran yang tidak menggunakan media membuat pembelajaran kurang menarik dan terkesan membosankan.Dari hasil Observasi keterampilan menulis siswa dari 16 anak sebanyak 9 anakatau 56% anak sudahmampusedangkan 7 anakatau 44% belummampu. Olehsebabitu digunakannya media pembelajaran gambar seri sebagaisolusikarenadengan adanya media yang baru membuat anak lebih tertarik dan dapat membuat anak lebih aktif. Tujuanpenelitiandidalamini adalah 1.Mendeskripsikan prosespenggunaan media gambarberseridalampembelajaranmenuliskalimatsederhana 2. Mendeskripsikanpeningkatanhasilketerampilanmenuliskalimatsederhanamenggunakan media gambarberseri. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif jenis penelitian deskriptifdenganrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Model PTK KemmisdanMC Taggart.Pengumpulan data menggunakan4teknikyaitu (1)Observasi (2)Wawancara (3)Dokumentasi (4) Tes. Subyekpenelitianiniyaknikelas ISDK Wignya Mandala KecamatanTumpangKabupaten Malang yang berjumlah 16 siswa.Analisis data dalampenelitianinimenggunakan 2tahapanyakniketuntasanindividuatauperorangan dan ketuntasanklasikal.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapersentasekeberhasilanpenggunaan media gambarseri padasiklus I mencapai69% meningkatsebanyak18% menjadi87% padasiklus II.Nilai rata-rata keterampilan menulis kalimat sederhana siswa meningkatsebanyak4dari yang semula83menjadi87.Nilai rata-rata hasilbelajarsiswameningkatsebanyak10% dari yang semula 76% pada siklus I menjadi 86%pada siklus II. Penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Keterampilan menulis kalimat sederhana dalamkegiatan pembelajaranmeningkatsecarasignifikan. Selainitu pembelajaran lebih menarik anak dengan menggunakan media gambar seri. Kesimpulandaripenelitianiniyaitupenggunaan media gambar seri dapat meningkatkanketerampilanmenuliskalimatsederhanapadasiswakelas I SDK Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Saran daripenulis agar guru menggunakan media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan berbahasa khususnya keterampilan menulis siswa selain itu media gambar seri dapat menarik perhatikan siswa dan pembelajaran lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item View Item