Sugianto, Agus (2017) Hubungan sikap terhadap profesi guru, kualitas pengajaran dosen, layanan perpustakaan dengan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa STKIP di Jawa Timur / Agus Sugianto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vii ABSTRAK Sugianto Agus. 2017. Hubungan Sikap terhadap Profesi Guru Kualitas Pengajaran Dosen Layanan Perpustakaan dengan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa STKIP di Jawa Timur. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (2) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. (3) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci sikap terhadap profesi guru kualitas pengajaran dosen layanan perpustakaan motivasi belajar prestasi belajar. Prestasi menjadi dambaan bagi setiap individu atau kelompok setelah melakukan suatu aktivitas atau kegiatan. Dengan prestasi yang baik tentunya akan menempatkan seorang individu atau kelompok pada derajat yang tinggi tak terkecuali bagi mahasiswa STKIP berprestasi di bidang akademik atau pendidikan hampir pasti menjadi harapannya. Beberapa variabel yang dapat mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah sikap terhadap profesi guru kualitas pengajaran dosen layanan perpustakaan dan motivasi mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan sikap mahasiswa terhadap profesi guru kualitas pengajaran dosen layanan perpustakaan motivasi belajar prestasi belajar dan model hubungan struktural antar variabel. Selain itu tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan langsung antara variabel sikap terhadap profesi guru dengan motivasi belajar kualitas pengajaran dosen dengan motivasi belajar layanan perpustakaan dengan motivasi belajar motivasi dengan prestasi belajar dan menganalisis hubungan tidak langsung antara variabel sikap terhadap profesi guru dengan prestasi belajar melalui motivasi kualitas pengajaran dosen dengan prestasi belajar melalui motivasi layanan perpustakaan dengan prestasi belajar melalui motivasi. Desain penelitian menggunakan survey research dengan metode deskriptif-korelasional. Penelitian survei dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan sikap mahasiswa terhadap profesi guru kualitas pengajaran dosen layanan perpustakaan motivasi belajar prestasi belajar dan model hubungan struktural antar variabel. Sedangkan tipe korelasi digunakan untuk menjelaskan adanya hubungan antara berbagai variabel berdasarkan besarnya nilai koefisien korelasi yakni untuk mengkaji hubungan antara variabel sikap terhadap profesi guru dengan motivasi belajar kualitas pengajaran dosen dengan motivasi belajar layanan perpustakaan dengan motivasi belajar motivasi dengan prestasi belajar sikap terhadap profesi guru dengan prestasi belajar melalui motivasi kualitas pengajaran dosen dengan prestasiviii belajar melalui motivasi layanan perpustakaan dengan prestasi belajar melalui motivasi. Populasi penelitian adalah mahasiswa STKIP di Jawa Timur dan dari 2169 mahasiswa diambil 200 orang sebagai sampel. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proporsional random sampling dan untuk mengumpulkan data digunakan angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis SEM program AMOS 22. Kesimpulan hasil penelitian adalah 1) sikap terhadap profesi guru baik 2) kualitas pengajaran dosen baik 3) layanan perpustakaan baik 4) motivasi belajar tinggi 5) prestasi belajar tinggi dan 6) didapatkan model hubungan struktural antar variabel . Ada hubungan langsung antara 7) sikap terhadap profesi guru dengan motivasi belajar 8) kualitas pengajaran dosen dengan motivasi belajar 9) layanan perpustakaan dengan motivasi belajar 10) motivasi dengan prestasi belajar Ada hubungan tidak langsung antara 11) sikap terhadap profesi guru dengan prestasi belajar melalui motivasi 12) kualitas pengajaran dosen dengan prestasi belajar melalui motivasi 13) layanan perpustakaan dengan prestasi belajar melalui motivasi. Bedasarkan hasil penelitian kesimpulan dan implikasi dikemukakan saran-saran sebagai berikut Pertama Pimpinan STKIP hendaknya menjadikan lingkungan kampus yang bernuansa keguruan memberi kesempatan kepada dosen untuk mengikuti pendidikan berkelanjutan maupun aktif dalam seminar memfasilitasi sarana dan prasarana perpustakaan termasuk layananya. Kedua Dosen hendaknya menyiapkan perangkat pembelajaran mengawali perkuliahan dengan apersepsi menyampaikan materi perkuliahan dengan metode yang bervariasi dan melaksanakan evaluasi yang obyektif dan transparan terpacu untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan baik melalui pendidikan berkelanjutan maupun aktif mengikuti seminar dosen muda tidak segan-segan bertanya atau berdiskusi baik formal maupun tidak formal kepada atau dengan dosen yang lebih senior tentang proses belajar mengajar. Ketiga Mahasiswa STKIP harus menyadari bahwa setelah lulus dari bangku kuliah mereka akan menjadi guru. Oleh karena itu hendaknya mahasiswa mempunyai sikap terhadap profesi guru yang positip karena akan mempengaruhi motivasi dan prestasi belajarnya. Keempat Kopertis Wilayah VII hendaknya melaksanakan pembinaan kepada para dosen dengan memfasilitasi forum diskusi atau work shop memfasilitasi studi banding bagi STKIP yang perpustakaan maupun layanannya kurang baik. Kelima Peneliti lain hendaknya mengkaji faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Keenam Pengembangan ilmu khususnya manajemen pendidikan dalam ilmu manajemen pendidikan khususnya manajemen peserta didik dapat ditambahkan sikap terhadap profesi guru manajemen personil dapat ditambahkan kualitas pengajaran dan manajemen layanan khusus tentang perpustakaan dapat ditambahkan layanan perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64017 |
Actions (login required)
View Item |