Manajemen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan pada implementasi kurikulum 2013 (studi multikasus SMAN 3, MAN 3, dan SMKN 4 Kota Malang) / Abdul Madjid - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan pada implementasi kurikulum 2013 (studi multikasus SMAN 3, MAN 3, dan SMKN 4 Kota Malang) / Abdul Madjid

Madjid, Abdul (2017) Manajemen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan pada implementasi kurikulum 2013 (studi multikasus SMAN 3, MAN 3, dan SMKN 4 Kota Malang) / Abdul Madjid. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Madjid Abdul. 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pada Implementasi Kurikulum 2013 (Studi Multikasus SMAN 3 MAN 3 dan SMKN 4 Kota Malang). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing I (1) Prof. H. Ahmad Sonhadji KH. M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (III) Dr. H. Imron Arifin M.Pd Kata kunci manajemen peningkatan mutu pendidik tenaga kependidikan kurikulum 2013. Peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan pada implementasi Kurikulum 2013 merupakan hal yang wajar untuk terus dikembangkan mengingat bahwa keberhasilan pelaksanaan kurikulum adalah proses panjang kristalisasi berbagai gagasan dan konsep ideal pendidikan perumusan desain kurikulum persiapan pendidik dan tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana tata kelola pelaksanaan kurikulum termasuk pembelajaran dan penilaian yang perlu dikembangkan di sekolah-sekolah pelaksana. Fokus penelitian inim meliputi (1) perencanaan peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Implementasi Kurikulum 2013 di SMA/MA/SMK Negeri Kota Malang (2) pengorganisasian peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Implementasi Kurikulum 2013 di SMA/MA/SMK Negeri Kota Malang (3) pelaksanaan peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Implementasi Kurikulum 2013 di SMA/MA/SMK Negeri Kota Malang dan (4) pengawasan dan evaluasi peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pada Implementasi Kurikulum 2013 di SMA/MA/SMK Negeri Kota Malang. Pendekatan penelitian menggunakan desain kualitatif dengan rancangan multikasus pada ketiga sekolah yang memiliki karakteristik berbeda yaitu SMAN 3 MAN 3 dan SMKN 4 Kota Malang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Kriteria keabsahan data dengan credibility transferability dependability dan confirmability. Analisis data dengan tahapan (1) reduksi data (2) penyajian data (data display) dan (3) penarikan kesimpulan atau verfikasi menggunakan induksi analitik yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama perencanaan Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN 3 MAN 3 dan SMKN 4 Kota Malang meliputi (1) pelatihan (a) perencanaan kebijakan pelatihan tujuan peserta kompetensi strategi struktur materi pelatihan dan waktu pelaksanaan (b) diberikan terhadap guru (pendidik dan tenaga kependidikan) mata pelajaran fasilitator dan narasumber (c) didahului dengan sosialisasi penyiapan buku dan panduan workshop (d) mempersiapkan program pengembangan dan pendampingan (e) perumusan sistem evaluasi yang meliputi sikap pengetahuan dan keterampilan. (2) pengembangan (a) perumusan kurikulum kekhasan sekolah (tingkat satuan pendidikan) dan (b) terus terlibat dalam program-program pengembangan profesi bagi guru pembelajar (PPGP) termasuk di dalamnya forum KKG MGMP MGBK KKKS dan MKKS. (3) pendampingan (a) merumuskan bantuan konsultasi mentoring dan coaching dalam implementasi Kurikulum 2013 dengan mengadaptasi ketentuan Dirjen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)/ Direktorat Pendidikan Madrasah (b) merumuskan supervisi dan memfasilitasi perbaikan rencana pelaksanaan dan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 (c) merumuskan pola pendampingan langsung dan online dan (e) merumuskan instrumen evaluasi keterlaksanaan pelatihan pengembangan dan pendampingan baik yang dirumuskan Kemendikbud Kemenag dan internal sekolah. Kedua pengorganisasian Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN 3 MAN 3 dan SMKN 4 Kota Malang meliputi (1) Pelatihan membentuk kepanitiaan di tingkat sekolah sebagai pelaksana pelatihan implementasi Kurikulum 2013 berdasarkan instruksi Dirjen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)/ Direktorat Pendidikan Madrasah dan pelatihan internal yang dilakukan atas inisiatif sekolah. (2) pengembangan dilakukan berdasarkan ketentuan Kemendikbud/ Kemenag dan internal sekolah (workshop) dan tetap aktif dalam kegiatan-kegiatan KKG/MGMP/MGBK. (3) pendampingan berlaku bagi guru mata pelajaran guru BK dan kepala sekolah dengan merujuk pada standar yang telah dirumuskan Kemendikbud Kemenag dan/telah dirumuskan secara internal sekolah. Ketiga pelaksanaan Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN 3 MAN 3 dan SMKN 4 Kota Malang meliputi (1) pelatihan (a) pendidik dan tenaga kependidikan yang dilatih adalah guru aktif diterapkan mekanisme pre and post tes dan PAP (b) terdapat dua jenis pelatihan yaitu atas instruksi Kemendikbud/Kemenag dan atas inisiatif mandiri (workshop) sekolah (c) pendekatan pelatihan bersifat andragogi dan diskusi yang dilakukan secara bertahap dan (4) untuk kepala sekolah pelatihan dilakukan melalui mekanisme persiapan in service learning 1 on the job learning (OJL) 1 in service learning 2 on the job learning (OJL) 2 dan pelaporan. (2) pengembangan (a) dilakukan melalui evaluasi diri penilaian kinerja dan uji kompetensi guru dilengkapi dengan dokumen pendukung yang dilanjutkan dengan perumusan SKP (Sasaran Kerja Pegawai) guru dan (b) keterlibatan dalam forum-forum KKG/MGMP/MGBK/MKKS. (3) pendampingan (a) pendampingan dilakukan melalui dua mekanisme tatap muka langsung (surat penugasan) dan online (berdasarkan kesepakatan) (b) teknik pendampingan yang diberikan yaitu konsultasi penyampaian informasi modeling mentoring dan coaching (c) di SMAN 3 dan SMKN 4 Malang aktivitas pendampingan selalu diawasi oleh Unit Penjaminan Mutu dan Kerjasama Luar Negeri sementara di MAN 3 Malang dikontrol oleh Pusat Penjaminan Mutu Madrasah (P2M2). Keempat pengawasan dan evaluasi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN 3 MAN 3 dan SMKN 4 Kota Malang meliputi (1) pelatihan (a) diberlakukan terhadap guru mata pelajaran/guru BK narasumber fasilitator dan anggaran pelatihan baik pelatihan yang terselenggara atas instruksi Kemendikbud/Kemenag dan inisiatif sekolah (b) penilaian meliputi aspek sikap pengetahuan dan keterampilan berdasarkan Penilaian Acuan Patokan (PAP). (2) pengembangan melalui dua cara yaitu melalui forum KKG/MGMP/MGBKdan internal sekolah melalui badan penjaminan mutu sekolah dan/atau madrasah. (3) pendampingan dilakukan dengan dua mekanisme yaitu merujuk pada ketentuan LPMP P4TK Kemendibud/Kemenag dan merujuk pada mekanisme yang diatur internal sekolah/madrasah dan praktik pelaksanaannya secara terpisah. Saran diberikan bagi Kepala SMAN 3 MAN 3 dan SMK 4 Malang hendaknya terus melakukan manajemen peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah yang dipimpinnya dengan continous improvement sesuai peraturan yang berlaku. Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam meningkatkan kompetensi pada implementasi Kurikulum 2013 tidak cukup dengan mengikuti diklat implementasi Kurikulum 2013 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tetapi juga atas inisiatif (mandiri) sekolah. Bagi Kemendikbud dan Kemenag Provinsi Jawa Timur sebaiknya menetapkan standar kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan profesional implementasi Kurikulum 2013. Bagi Dirjen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) pentingnya memanej pelatihan pengembangan dan pendampingan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Bagi P4TK dan LPMP mekanisme pelatihan pengembangan dan pendampingan implementasi Kurikulum 2013 dapat dijadikan bahan pertimbangan. Bagi pengembangan keilmuan manajemen pendidikan mekanisme pelatihan pengembangan dan pendampingan adalah poin penting yang dapat diadaptasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64015

Actions (login required)

View Item View Item