Manajemen strategik dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar (studi mukltikasus pada tiga sekolah sasaran pilot proyek di Kota Malang) / Bettin Juniaria Herina Sutrisnowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen strategik dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar (studi mukltikasus pada tiga sekolah sasaran pilot proyek di Kota Malang) / Bettin Juniaria Herina Sutrisnowati

Sutrisnowati, Bettin Juniaria Herina (2017) Manajemen strategik dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar (studi mukltikasus pada tiga sekolah sasaran pilot proyek di Kota Malang) / Bettin Juniaria Herina Sutrisnowati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bettin Juniaria H.S. 2017. Manajemen Strategik dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (Studi Multi Kasus pada Tiga Sekolah Sasaran Pilot Proyek di Kota Malang). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H.A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd dan (III) Prof. Dr. H.M. Huda A.Y. M.Pd. Kata kunci manajemen strategik Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Pentingnya perencanaan strategik yang baik di Sekolah Dasar sangat dibutuhkan agar terwujud visi misi dan tujuan sekolah sejalan dengan cita-cita stakeholders secara efektif dan efisien. Upaya peningkatan mutu sebagai dasar manajemen strategik yang diprogramkan pemerintah adalah peningkatan mutu relevansi dan daya saing untuk perwujudan eksistensi manusia dan interaksinya sehingga dapat hidup bersama dalam keragaman sosial dan budaya. Berkenaan dengan hal tersebut maka mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tentang manajemen strategik dalam implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Fokus penelitian ini terdiri dari (1) Proses penyusunan Rencana Strategis dalam implementasi kurikulum 2013 meliputi a) perumusan visi misi dan tujuan b) analisis lingkungan internal dan eksternal c) perumusan program dan rencana kegiatan d) perumusan rencana biaya dan sumber pendanaan e) perumusan sistem monev dan f) pendokumentasian (2) Penerapan strategi dalam implementasi kurikulum 2013 meliputi a) penyusunan dokumen kurikulum b) pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan c) penyediaan sarana prasarana d) pembiayaan dan e) perubahan budaya sekolah dan (3) Evaluasi strategi dalam implementasi kurikulum 2013 yang meliputi a) keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 b) kendala implementasi Kurikulum 2013 dan c) solusi kendala implementasi Kurikulum 2013. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus dengan metode komparatif konstan (the constant comparative method).Penelitian dilakukan di tiga Sekolah Dasar di Kota Malang SD Negeri Blimbing 3 Malang SD Insan Amanah Malang dan SD Katolik Mardiwiyata 2 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap yaitu analisis data kasus individu (individual cases) dan analisis data lintas kasus (cross-case analysis). Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan uji keabsahan data yang teridiri dariderajat keterpercayaan (credibility) keteralihan (transferability) dan kepastian (confirmability). Temuan-temuan yang diperoleh sebagai hasil penelitian ini meliputi (1) Rencana strategis dalam implementasi Kurikulum 2013 disusun melalui tahapan sebagai berikut tahap persiapan merupakan langkah awal sebelum kegiatan penyusunan dilakukan. (2) Penerapan strategi dalam implementasi kurikulum 2013 mencakup lima kegiatan yaitu penyusunan dokumen kurikulum pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan penyediaan sarana dan prasarana pembiayaan dan perubahan budaya sekolah. (3) Evaluasi strategi dalam implementasi kurikulum 2013 untuk melihat keberhasilan kendala dan solusi dalam mengatasi kendala tersebut. Dengan adanya solusi yang muncul maka kendala yang dihadapi oleh sekolah dapat secara rutin diatasi sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka peneliti menyarankan beberapa hal kepada (1) Bagi para kepala Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Bagi para Kepala Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah agar dalam pengimplementasian Kurikulum 2013 mengintegrasikan seluruh sumber daya yang ada di sekolah yang dirancang secara sistematis di dalam Renstra (2) Bagi Dinas Pendidikan Kota Malang agar terlibat langsung dalam penguatan pemahaman pendidik dan tenaga kependidikan tentang implementasi Kurikulum 2013 (3) Bagi Dinas Pendidikan provinsi agar dapat melakukan pemetaan terhadap sekolah-sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 sehingga akan memudahkan dalam melakukan pembinaan (4) Bagi pemerintah dalam hal ini Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar lebih dapat memfasilitasi sekolah dalam memperoleh bahan-bahan terkait dengan materi pembelajaran media dan kebutuhan dasar pembelajaran lainnya (5) Bagi peneliti lanjutan agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai kajian awal untuk dilakukannya penelitian lebih lanjut dan (6) Bagi pengembangan ilmu manajemen pendidikan agar hasil penelitian dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari khasanah ilmu pengetahuan. ABSTRACT Bettin Juniaria H.S. 2017. Strategic Management in the Implementation of Curriculum 2013 in Elementary School (Multiple-Case Study on Three Schools of Pilot Project Target in Malang). Dissertation Educational Management Study Program School of Graduate Studies State University of Malang. Advisors (I) Prof. H.A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd and (III) Prof. Dr. H.M. Huda A.Y. M.Pd. Keywords strategic management Curriculum 2013 Elementary School The importance of good strategic planning in Elementary School is required in order to manifest the vision mission and objectives of the school in line with the stakeholders ideals effectively and efficiently. The efforts to improve the quality as the foundation of strategic management programmed by the government are the improvement of the quality relevance and competitiveness for the manifestation of human existence and its interaction in order to live together in social and cultural diversity. In this regard it encourages the researcher to conduct a research concerning strategic management in the implementation of Curriculum 2013 in elementary school The focus of the research consits of (1) the Process of Composing Strategic Planning in the implementation of Curriculum 2013 covering a) the composing of vision mission and objective b) the analysis of internal and external environment c) the composing of program and activity plan d) formulating cost plan and funding sources e) monev system formulation and f) documentation (2) Strategic application in the implementation of Curriculum 2013 in elementary school covering a) the composing of curriculum documents b) the development of human resources in the educational field c) the provision of facilities and infrastructure d) financing and e) changes in the school culture and 3) Strategic evaluation in the implementation of Curriculum 2013 covering a) the achievement of the implementation of Curriculum 2013 b) constraints on the implementation of Curriculum 2013 and c) solution for the constraints on the implementation of Curriculum 2013. The researcher used qualitative approach with multiple-case study design and the constant comparative method. The research was conducted in three Elementary Schools in Malang namely SD Negeri Blimbing 3 Malang SD Insan Amanah Malang and SD Katolik Mardiwiyata 2 Malang. Data collection was done using three techniques namely (1) in-depth interview (2) observing the participation and (3) study documentation. Data analysis was carried out in two steps which were individual cases analysis and cross-case analysis. The researcher conducted data validation testing to guarantee the validity of the data. This testing consists of credibility transferability and confirmability. The findings obtained as a result of the research covering (1) Strategic Planning in the implementation of Curriculum 2013 composed through these steps preparation step is the first step before conducting the drafting step. (2) Strategic application in the implementation of Curriculum 2013 covering five activities which were the composing of the curriculum document the development of human resources in the educational field provision of facilities and infrastructure financing and changes in the school culture. (3) Strategic evaluation in the implementation of Curriculum 2013 to observe achievement constraints and solution for the constraints. The emerging solutions can be used to overcome the constraints faced by the school in order to not disturb the learning process. Based on these findings the researcher suggested several things (1) For headmasters of Elementary School/Islamic Elementary School to integrate all of the existing resources in the school that systematically designed in the strategic plan in implementing Curriculum 2013 (2) For Malang Education Board in order to directly involve in strengthening the understanding of teachers and education personnel concerning the implementation of Curriculum 2013 (3) For provincial education board in order to conduct schools mapping that have implemented Curriculum 2013 to facilitate supervision (4) For the government especially Directorate of Primary Education Development Ministry of Education and Culture to facilitate schools in gathering materials related to learning materials media and other basic needs (5) For the future researchers it is expected that the future researchers will use the finding of this research as early study to conduct further and thorough research and (6) For the development of educational management that the result of the research can be an integral part of any body of knowledge.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64013

Actions (login required)

View Item View Item