Saptorini, Dhiah (2017) Pengembangan model pembinaan tenaga kependidikan pada level manajerial oleh kepala sekolah SMP, SMA, dan SMK di Kota Malang / Dhiah Saptorini. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Saptorini Dhiah. 2017. Pengembangan Model Pembinaan Tenaga Kependidikan pada Level Manajerial oleh Kepala Sekolah SMP SMA dan SMK di Kota Malang. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H.M. Huda A.Y M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (III) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si. Kata kunci model pembinaan tenaga kependidikan pada level manajerial kepala sekolah Salah satu komponen sistem persekolahan adalah pendidik dan tenaga kependidikan. Keduanya memiliki peran yang sama besar dan sama pentingnya dalam memajukan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Untuk tenaga pendidik supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah telah cukup menjawab kebutuhan peningkatan kompetensi terkait kualitas pelayanan pembelajaran. Sedangkan untuk tenaga kependidikan temuan pra penelitian menunjukkan bahwa pembinaan yang dilakukan kepala sekolah ternyata belum menyentuh pada peningkatan kompetensi tenaga kependidikan terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) mengetahui persamaan pelaksanaan pembinaan terhadap tenaga kependidikan pada level manajerial oleh kepala sekolah SMP SMA dan SMK 2) mengetahui kebutuhan kepala sekolah dan tenaga kependidikan pada level menajerial di SMP SMA dan SMK terkait pelaksanaan pembinaan 3) mengembangkan model panduan dan instrumen model pembinaan tenaga kependidikan pada level manajerial oleh kepala sekolah 4) mengetahui daya tarik model dan instrumen serta keefektifan panduan yang dihasilkan terhadap pelaksanaan pembinaan tenaga kependidikan pada level manajerial oleh kepala sekolah. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan tiga produk yaitu 1) model pembinaan tenaga kependidikan oleh kepala sekolah 2) panduan pembinaan tenaga kependidikan oleh kepala sekolah dan 3) instrumen model pembinaan tenaga kependidikan oleh kepala sekolah. Spesifikasi produk pertama antara lain 1) terdiri atas dua sub-model yaitu sub-model pengembangan kompetensi manajerial dan sub-model penilaian kinerja tenaga kependidikan 2) setiap sub-model berisi langkah-langkah kegiatan yang dikelompokkan dalam fase-fase 3) berbentuk buku yang terdiri atas bagian awal isi dan akhir. Spesifikasi produk kedua yaitu 1) berbentuk buku yang terdiri atas bagian awal inti dan akhir 2) memuat penjelasan tentang pelaksanaan setiap langkah pada model dan penggunaan instrumen. Spesifikasi produk ketiga antara lain yaitu 1) terdiri atas 8 instrumen untuk sub-model pertama dan 12 instrumen untuk sub-model kedua 2) berbentuk buku dan cakram padat/compact disc (CD) berisi kumpulan format. Penelitian dan pengembangan meliputi tiga fase yaitu fase pra penelitian fase penelitian dan pengembangan produk dan fase uji coba produk. Metode penelitian yang digunakan adalah survey metode uji ahli menggunakan metode Delphi yang bertujuan untuk mendapatkan konsensus ahli metode uji coba terbatas menggunakan Focused Group Discussion dan simulasi uji coba lapangan menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental) dengan metode pre-test post-test kelompok kontrol non ekuivalen (non-equivalent pre-test post-test group control). Pengujian produk pengembangan dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) uji ahli 2) uji coba terbatas dan 3) uji coba lapangan. Sesuai tujuannya hasil penelitian dan pengembangan ini adalah 1) tidak ada perbedaan pelaksanaan pembinaan tenaga kependidikan oleh kepala sekolah SMP SMA dan SMK 2) hasil penilaian kebutuhan menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP SMA dan SMK memiliki kebutuhan untuk membina tenaga kependidikan terkait kompetensi dan kinerjanya membutuhkan model panduan dan instrumen. Kepala TU kepala perpustakaan dan kepala laboratorium setuju ada pembinaan oleh kepala sekolah dan setuju bila pembinaan menggunakan model panduan dan instrumen 3) berdasarkan perhitungan keidealan produk hasil uji ahli dan uji coba terbatas diketahui bahwa model panduan dan instrumen model pembinaan tenaga kependidikan oleh kepala sekolah dalam kategori baik 4) hasil dari uji coba lapangan menggunakan kriteria kualitas menunjukkan bahwa model dan instrumen model dalam kategori menarik sedangkan dengan menggunakan independent t-test pada gain score pre-tes dan post-tes kelompok kontrol dan kelompok ekseperimen menunjukkan bahwa keefektifan panduan model signifikan terhadap model dengan nilai signifikansi 0 007 (sig.2-tailed 706 0 05) tetapi tidak signifikan terhadap instrumen model dengan nilai signifikansi 0 058. (sig.2-tailed 0 05). Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan peneliti menyarankan kepada 1) kepala dinas pendidikan kota Malang untuk mendorong pemanfaatan produk yang dihasilkan di sekolah 2) bagi kepala sekolah subjek coba pengembangan produk ini bersedia menggunakannya dalam kondisi riil agar muncul umpan balik sebagai dasar penyempurnaan produk dan 3) para peneliti yang tertarik pada bidang pengelolaan dan pengembangan tenaga kependidikan untuk menjadikan hasil penelitian dan pengembangan ini sebagai dasar melakukan penelitian dan pengembangan lainnya terkait tenaga kependidikan untuk menghasilkan produk yang lebih baik dan bermanfaat. ABSTRACT Saptorini Dhiah. 2017. The Development of Educational Staff Improvement Model at Managerial Level by Principal of Junior High School Senior High School and Vocational High School in Malang. Dissertation Educational Management Programme Graduate Programme of State University of Malang. Advisor (I) Prof. Dr. H.M. Huda A.Y M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (III) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si. Keywords model improvement educational staff at managerial-level principal One of the components of the school system is educators and educational staff. Both have the same big and important role in promoting the implemetation of education at schools. For educators the supervision by principal is sufficient in meeting the demand to improve the competence quality in learning service. While for educational staff pre-research findings indicate that the improvement done by the principal was not yet touched on the increase of staff competence related to the implementation of their main tasks and functions. The objectives of this research and development are 1) to know the similarity of the implementation of educational staff at managerial level improvement by principal of junior high school senior high school and vocational high school 2) to know the needs of principals and the educational staff at managerial level of junior high school senior high school and vocational high school related to the educational staff improvement 3) to develop a model guidbook and instruments of educational staff at managerial level improvement by the principal of junior high school senior high school and vocational high school 4) to know the attractiveness of the model and instruments and the effectiveness of the guidebook developed towards the impelementation of educational staff at managerial level improvement by the principal There are three developed product of this research and development which are 1) the model of educational staff at managerial level improvement by the principal 2) the guidebook of educational staff at managerial level improvement model by the principal 3) instruments of educational staff at managerial level improvement by the principal. The first product specifications are 1) consists of two sub-models managerial competency development and performance appraisal 2) each sub-model contains steps of activities that are grouped in phases 3) deliver as a book divided into the beginning the content and the ending part. Second product specifications are 1) deliver as a book divided into the beginning the content and the ending part 2) explaining the implementation of each step of the model and the use of the model s instrument. The third product specifications are 1) consist of eight formats for educational staff s managerial competency development sub-model and twelve formats for educational staff s performance appraisal sub--model 2) deliver as bundle of formats and compact disc (CD). Research and development is devided into three phases which are pre-research phase research and product development phase and product trial phase. The research method used is survey expert judgement used Delphi method in purpose of having their consensus limited trial used Focused Group Discussion and simulation and field trial used quasi experimental design with the non-equivalent pre-test post-test group control method. Product s trial is done through three stages which are 1) expert judgement 2) limited trial and 3) field trial. As it s objectives the results of this research and development are 1) there is no difference in the implementation of educational staff at managerial level improvement by the principal of junior high school senior high school and vocational high school 2) needs assessment result shows that the principals of junior high school senior high school and vocational high school have a need to improve educational staff related to their competence and performance using models guidebook and instruments. The head of administration the head of the library and the head of the laboratory agree to be improved by the principal and agree in using model guidebook and instruments 3) based on the calculation of product ideality as the result of expert judgement and limited trial it can be summarized that the model guidebook and instrumen are in good category 4) the results of field trials using the quality criteria shows that the model and the instrument developed are in the attractive category whereas by using independent t-test on the gain score of pre-test and post-test of the control group and the experimental group the effectiveness guidebook is significant to the model with a significance value of 0.007 (sig.2-tailed 706 0.05) and insignificant to the instrument model with a significance value of 0.058. (Sig.2-tailed 0 05). Based on the result of research and development researcher suggest to 1) the head of education office of Malang city to encourage product produced in school 2) the prinscipals of the trial subject to use this product in real condition in order to get the feedback as the basis to make a product advancement and 3) the researchers interested in the field of management and development of educators and educational staff to make these research and development results as the basis for other research and development related to educational staff to produce better and more useful products.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64009 |
Actions (login required)
View Item |