Implementasi manajemen mutu terpadu sumber daya madrasah di Banjarmasin (studi multikasus pada MIN Pemurus Dalam, MTsN Mulawarman, dan MAN 3 Banjarmasin) / Sukriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi manajemen mutu terpadu sumber daya madrasah di Banjarmasin (studi multikasus pada MIN Pemurus Dalam, MTsN Mulawarman, dan MAN 3 Banjarmasin) / Sukriani

Sukriani (2017) Implementasi manajemen mutu terpadu sumber daya madrasah di Banjarmasin (studi multikasus pada MIN Pemurus Dalam, MTsN Mulawarman, dan MAN 3 Banjarmasin) / Sukriani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukriani. 2016. Implementasi Manajemen MutuTerpaduSumber Daya Madrasah di Banjarmasin(StudiMultikasuspadaMIN Pemurus Dalam MTsNMulawarman dan MAN 3 Banjarmasin). Disertasi. Program StudiManajemenPendidikan PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.H.M.Huda AY M.Pd (II) Dr.H.ImronArifin M.Pd dan (III) Drs.H.AhmadSuriansyah M.Pd Ph.D Kata kunci implementasi manajemen mutu terpadu sumber daya madrasah Tuntutanakanpendidikanbermutusemakinharisemakinkuat. Fenomenainimunculseiringdengankondisikebutuhanmasyarakat yang berkembangdemikiancepat.Tingginyatuntutantersebuttelahdiresponolehsebagianpimpinanlembaga pendidikan madrasah dengansikap yang rasionaldanlebihberorientasipadakebutuhanmasyarakatsecaraluas.Penelitianinimengkajimanajemenmututerpadusumberdayapendidikanpada madrasah meliputi kurikulumdan program pembelajaran tenagapendidikdankependidikan saranaprasarana keuangan danmesinmelaluikonsep PDCA (plan do check and action) yaituperencanaanmututerpadupendidikan yang berorientasipadaperbaikan implementasimututerpadupendidikan yang dilakukanoleh madrasah dalammemenuhikepuasandanharapanpelanggan resistensidanstrategi madrasah mengatasikendalaimplementasimanajemenmutusumberdaya madrasah di MIN PemurusDalam MTsNMulawarman dan MAN 3 Banjarmasin. Fokus penelitian (1)perencanaanmututerpadupendidikan yang berorientasiperbaikanberkelanjutan (2) implementasimututerpadudalammemenuhikepuasandanharapanpelangganpendidikan (3) pengendalianhasilimplementasimanajemenmutu terpadu (4) resistensidanstrategimadrasah mengatasikendaladalamimplementasimanajemenmututerpadu pada aspekkurikulumdan program pembelajaran tenagapendidikdankependidikan saranaprasarana keuangan danmesin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif materi teoretik fenomenologi dengan rancangan studi multikasus dan metode komparatif konstan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam observasi dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowballsampling. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala madrasah pada ketiga latar. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut diperiksa dan dilakukan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas transferabilitas depandabilitas dan konfirmabilitas. Begitu data secara keseluruhan selesai diperiksa data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Melalui penelitian ini diperoleh temuan-temuan sebagai berikut pertama perencanaan mutu terpadu sumber dayakurikulumdan program pengajaran kualitas tenagapendidikdankependidikan saranaprasarana keuangandanmesindenganmembuatrencanastrategis visi misi tujuandansasaran yang ditunjangperencanaanRAPBMmelalui kerjasama madrasah dan komite madrasah yang disusun dalam jangka pendek jangka menengah dan jangka panjang (2) implementasimutu terpadu sumber dayakurikulumdan program pengajaranmerupakanpelaksanaanKurikulum 2006 danKurikulum 2013 pengembangandiri dankegiatanekstrakurikuler berbasis agama iptekdan pembiasaan kegiatan keagamaan harian yang sesuai keinginan masyarakat meningkatkan kualitas tenagapendidikdankependidikan melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) workshop KKG/MGMP grup cendekiawan pada sumber dayasaranaprasarana meliputi pengadaan dan penggunaan ruang belajar baru memperbaiki ruang kelas yang mengalami kerusakan menyiapkan ruang kelas yang nyaman menyediakan peralatan penunjang kegiatan belajar mengajar melakukananalisiskondisisaranadanprasarana sehinggamemberikankenyamanansiswadalambelajar di kelas dan lingkungan sekitar madrasah pada sumber dayakeuanganmenggunakan sumber keuangan berupa DIPA BOS APBN BOS APBD komite kantin dan koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengoperasionalkanmesin untuk alat penunjang pendidikan dalam kondisi yang diperlukan (3) pengendalian mutu terpadu dilakukan melalui pencatatan pelaporan dan pengawasan monitoring dan supervisi sumber daya kurikulum dan program pengajaraan tenaga pendidik dan kependidikan sarana prasarana keuangan dan mesin dilaksanakan baik harian semester dan tahunan dan (4) resistensi meliputi keterbatasan alat dan media pembelajaran keterbatasan tenaga pendidik dan kependidikan kerusakan dan keterbatasan pada sarana prasarana keterbatasan pada keuangan dan keterbatasan pada mesin. Strategi mengatasi kendala dalam implementasi manajemen mutu terpadu sumber daya pada kurikulum dan program pengajaraan meliputi mengembangkan secara mandiri menambah honor dan meningkatkan pendidikan dan pelatihan mengoptimalkan kelas menyediakan meja kursi yang ramping bantuan kepada orang tua siswa melalui komite madrasah pemberdayaan dan mencari tenaga profesional di bidangnya serta melalui musyawarah orang tua dan komite madrasah. Berdasarkan temuan-temuan disarankan kepada (1) kepalamadrasah agar memahami lebih jauh tentang ide manajemen mutu terpadu sumber daya padaaspekkurikulumdan program pengajaran tenagapendidikdankependidikan saranaprasarana keuangandanmesin di madrasah (2) guru-guru mendalami peran-peran strategis dalam implementasi meningkatkan kurikulum dan program pengajaran kualitas tenagapendidikdankependidikan saranaprasarana keuangandanmesin di madrasah (3) Kementerian Agama Kota Banjarmasin memberikan dukungan dalam implementasi manajemen mutu terpadu meningkatkan kurikulum dan program pengajaran kualitas tenagapendidikdankependidikan saranaprasarana keuangandanmesin di madrasah melalui kewenanganyang dimiliki (4) DirektoratPembinaan Madrasah DasardanMenengahKemenag RI secaraberkesinambungan membina tentangmanajemenmututerpadu aspek sumber daya mandrasah di lingkunganKementerianAgama RI (5) kepadapenelitilain hasilpenelitianinidapatdijadikanacuanmengkajilebihmendalamdengantopikdanfokussertasetting lain untukmemperolehperbandingantentangmeningkatkanmanajemenmututerpadupada madrasah (6) dilakukan penelitian lebih lanjutpengembanganilmumengenaimanajemenmututerpadu denganaspek dimensi fokus kasus yang berbedadanlebihaktual di masanya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64002

Actions (login required)

View Item View Item