Hubungan supervisi akademik, tunjangan profesi pendidik, kompetensi dengan kinerja guru pada SMP berprestasi di Kota Malang / Albertus Hariprasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan supervisi akademik, tunjangan profesi pendidik, kompetensi dengan kinerja guru pada SMP berprestasi di Kota Malang / Albertus Hariprasetya

Hariprasetya, Albertus (2017) Hubungan supervisi akademik, tunjangan profesi pendidik, kompetensi dengan kinerja guru pada SMP berprestasi di Kota Malang / Albertus Hariprasetya. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hariprasetya Albertus. 2016 Hubungan Supervisi Akademik Tunjangan Profesi Pen-didik Kompetensi dengan Kinerja Guru pada SMP Berprestasi di Kota Malang. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pasca-sarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si (III) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci supervisi akademik tunjangan profesi pendidik kompetensi guru kiner- ja guru Kota Malang adalah kota pendidikan dengan jumlah perguruan tinggi dan se-kolah berprestasi cukup banyak memberikan pendidikan dengan hasil yang terbaik. Menjadi harapan dan kebanggaan jika putra-putrinya bisa belajar di sekolah berprestasi karena hasil pendidikan yang baik menjadi salah satu modal persiapan hidup putra-putrinya di masa depan. Dari 117 SMP baik negeri maupun swasta terdapat beberapa sekolah berprestasi yang menurut para ahli pendidikan usia bela-jar tingkat SMP adalah masa moratorium sangat menentukan keberhasilan bela-jarnya di tingkat selanjutnya bahkan hidup di masa depannya. Di SMP berprestasi inilah peneliti melakukan penelitian.Penelitian bertujuan untuk mengetahui mengkaji hubungan secara langsung maupun tidak langsung supervisi akademik dan tunjangan profesi pendidik dengan kompetensi dan kinerja guru pada SMP berprestasi di Kota Malang. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket yang telah terbukti memiliki vali-ditas dan reliabilitas yang dipersyaratkan untuk menjaring data keempat variabel (1) Pelaksanaan supervisi akademik (2) Tunjangan Profesi Pendidik (3) Kompetensi Guru (4) Kinerja Guru. Metode penelitian untuk menganalisa data dengan meng-gunakan teknik analisa SEM ( Structural Equation Modelling) atau Pemodelan Persamaan Struktural dengan program kom-puter paket Sofware Statistik AMOS. 20. Populasi penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru pada SMP Negeri dan Swasta Berprestasi di Kota Malang yang berjumlah 15 sekolah. Sampel penelitian berjumlah 146 guru bersertifikasi pengampu mata pelajaran yang di UN kan meliputi mata pelajaran bahasa Indonesia bahasa Inggris Matematika dan IPA yang berasal dari 11 sekolah. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada hubungan langsung yang signifi-kan antara supervisi akademik dengan kompetensi guru dan kinerja guru (2) tunjangan profesi pendidik berhubungan langsung dan signifikan dengan kompe-tensi guru dan kinerja guru (3) kompetensi guru berhubungan langsung dan signifikan dengan kinerja guru (4) tidak ada hubungan tidak langsung yang signifikan antara supervisi akademik dan kinerja guru melalui kompetensi guru bersertifikasi dan (5) tunjangan profesi pendidik berhubungan tidak langsung dan signifikan terhadap kinerja guru melalui kompetensi guru. Beberapa saran hasil penelitian ini antara lain (1)Bagi Kepala Sekolah jadi-kan aktivitas supervisi akademik merupakan pendampingan untuk membantu meningkatkan profesionalitas kinerja dan tidak semata-mata menilai kinerja guru yang lebih terkesan menimbulkan rasa ketakutan. (2) Bagi Guru hendaknya guru mengembangkan metode pembelajaran dari metode teacher centre ke motode student centre. (3) Bagi Kepala Dinas Pendidikan bahwa hasil penelitian adanya tunjangan profesi pendidik di sekolah unggul lebih memiliki hubungan yang signifikan terkait meningkatnya kompetensi guru disarankan adanya akses lain di sekolah misalnya usaha kantin dsb. dialokasikan untuk memberi bantuan dana penelitian bagi guru atau peningkatan karier studi lanjut. (4) Bagi Pengawas terkait dengan instrument supervisi akademik untuk memberikan pelatihan bagi para guru menjabarkan kurikulum dalam penyusunan program semester dan silabus serta upaya pengawasan belajar bagi peserta didik. (5) Bagi peneliti berikutnya agar mengembangkan penelitian lebih lanjut terkait dengan gaya kepemimpinan iklim sekolah kemampuan kerja komitmen organisasi budaya kerja motivasi kerja untuk menemukan temuan yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64001

Actions (login required)

View Item View Item