Peran kepemimpinan kepala sekolah dan guru dalam membangun karakter siswa (studi multikasus pada SD Negeri Model, SMP Negeri 10, dan SMA Negeri 10 di Kota Malang) / Hendro Guntur - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepemimpinan kepala sekolah dan guru dalam membangun karakter siswa (studi multikasus pada SD Negeri Model, SMP Negeri 10, dan SMA Negeri 10 di Kota Malang) / Hendro Guntur

Guntur, Hendro (2017) Peran kepemimpinan kepala sekolah dan guru dalam membangun karakter siswa (studi multikasus pada SD Negeri Model, SMP Negeri 10, dan SMA Negeri 10 di Kota Malang) / Hendro Guntur. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Guntur Hendro. 2016. PeranKepemimpinanKepalaSekolahdanGuru dalamMembangunKarakterSiswa (StudiMultikasuspada SD Negeri Model SMP Negeri 10 dan SMA Negeri 10 di Kota Malang). Disertasi Program StudiManajemenPendidikan. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (2) Dr.H. ImronArifin M.Pd (3 ) Dr. H.Kusmintardjo M.Pd Kata kunci kepemimpinan kepalasekolah guru pendidikankarakter SD SMP dan SMA. Pendidikankarakterbangsaadalahusaha yang dilakukanolehpemerintah satuanpendidikan masyarakatdankeluargauntukmenjadikanpesertadidiksebagaibangsa yang berkarakterluhur. Karakter yang baikadalahperilakuhidup yang benarsesuaidenganpandanganhidupbangsa Indonesia. Dewasa ini Indonesia dihadapkanpadapersoalandekadensi moral dankarakter yang serius. Pergeseranorientasikepribadian yang mengarahpadaberbagaiperilaku amoral semakinjelasdantampakterjadiditengah-tengahkehidupanmasyarakat. Atasdasarkeadaandilapanganmakapemerintahmenatakembalipolapendidikan di Indonesia. Karakterluhurbangsamenjadiciriperilakumanusia Indonesia dalamhubunganantaramanusiadenganTuhan Yang MahaEsa sesamamanusia alamlingkunganhidupnya bangsadannegaranya sertadengandirisendiri. SD Negeri Model SMP Negeri 10 dan SMA Negeri 10 Kota Malang merupakansekolah yang melaksanakanpendidikankaraktersebagaibagiandaripendidikannasionaluntukmembangunkarakterpesertadidik di sekolah memberikanwawasanbaik-buruk memelihara yang baikdanmewujudkanakankebaikandalamkehidupansehari-haridengansepenuhhati. Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikantentangempathal yang terdiridari (1) tipologikepemimpinankepalasekolahdalammembangunkaraktersiswa (2) strategikepemimpinankepalasekolahdan guru dalammembangunkaraktersiswa (3) perankepemimpinankepalasekolahdan guru dalammembangunkaraktersiswa dan (4) resistensikepemimpinankepalasekolahdan guru dalammembangunkaraktersiswa. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultikasus.Penelitianinidilakukan di tigasekolahyaitu SD Negeri Model SMP Negeri 10 dan SMA Negeri 10 di Kota Malang. Pengumpulan datadilakukandengantigateknik yaitu(1) wawancaramendalam (2) observasiberperanserta (3) studidokumentasi.Analisis data dilakukandalamduatahap yaituanalisis data kasusindividuterdiridari(1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) kesimpulan-kesimpulan (penarikan/verifikasi) dananalisislintaskasusdenganmenggunakanmetodekomparatif. Untukmenjaminkeabsahan data makadilakukanujikeabsahan data yang terdiriatasderajadkepercayaan (credibility) keteralihan (transferability) dankepastian (confirmability). Temuanpenelitian yang diperolehsebagaihasilpenelitianinimeliputi (1) tipologikepemimpinankepalasekolahdalammembangunkaraktersiswa meliputi demokrasi transformasional inspiratif kreatif visioner inovatif karismatik kolaboratif danberbasisnilai (2) strategikepemimpinankepalasekolahdan guru dalammembangunkaraktersiswa meliputi keteladanan pembiasaan pengintegrasianpembelajrandalamkegiatanbelajarmengajar pengintegrasian dalamkegiatanekstrakurikuler danpengembanganbudayasekolah (3) perankepemimpinankepalasekolahdan guru dalammembangunkaraktersiswa meliputi sosialisasi perencanaan kurikulum berbasis pendidikan karakter menggerakkan danpembudayaan (4) resistensikepemimpinankepalasekolahdan guru dalammembangunkaraktersiswa meliputi program pendidikankarakterbelumdapatdisosialisaikanpadasemua guru/karyawan dan siswadenganbaik kualitas pemahaman sebagianguru dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan karakter kualitas pemahaman sebagiansiswa dalam pendidikan karakter di sekolah yang masihkurang tingkat partisipasi dankurangnya kesadaransebagianorang tuadalamimplementasipendididikan di sekolahdandirumah dan perbedaan latar belakang sosial budaya dan ekonomi orang tua/wali murid. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka peneliti menyarankan beberapa hal kepada (1) SD Negeri Model SMP Negeri 10 dan SMA Negeri 10 Kota Malang agar terus konsisten melakukan inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan pendidikan karakter di sekolah (2) SD SMP SMA Negeri dan Swasta lainnya diharapkan dapat meningkatkan kerjasamanya antar sekolah (3) DinasPendidikan Kota Malang agar memberikan dukungan dengan mengefektifkan kinerja pengawas pembina dan (4) KementerianPendidikandanKebudayaan agar meningkatkansosialisasiuntukpentingnyapendidikankarakterpadalingkupnasional (5) bagi penelitiberikutnyaagar melakukan penelitianlebihlanjut khususnyaterkaitdenganstrategi kepemimpinankepalasekolahdalam pengembangan pendidikan karakter dan(6)bagipengembanganilmu bidang Manajemen Pendidikan agar hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu khususnya bidang kepemimimpinankepalasekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64000

Actions (login required)

View Item View Item