Pengembangan modul berbasis E-Learning untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD kelas IV / Dewi Puji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis E-Learning untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD kelas IV / Dewi Puji Astuti

Astuti, Dewi Puji (2009) Pengembangan modul berbasis E-Learning untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD kelas IV / Dewi Puji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Dewi Puji. 2009. Pengembangan Modul Berbasis E-Learning untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD Kelas IV. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Drs. Suprihadi Saputro S.Pd. M.Pd. Kata kunci pengembangan modul berbasis e-learning IPS SD Kelas IV Modul adalah sebuah media pembelajaran bersifat individual yang merupakan bahan belajar utama dalam Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang. Modul yang ada di sekolah ini masih dalam bentuk konvensional atau cetak. Dengan adanya modul seperti itu membuat para siswa cenderung merasa bosan dalam mempelajari materi pada setiap mata pelajaran terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan karakteristik mata pelajaran IPS yang lebih banyak menyajikan materi dalam bentuk uraian maka akan menuntut siswa untuk banyak membaca materi terlebih dahulu sebelum mengerjakan evaluasi yang ada. Hal inilah yang melatarbelakangi pengembang membuat modul berbasis e-learning untuk mata pelajaran IPS SD Kelas IV. Dari pengembangan modul ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar daya tarik serta efektifitas prestasi belajar siswa. Mata pelajaran yang dikembangkan dalam modul pembelajaran ini adalah Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Semester II Pengggalan 11 Perkembangan Teknologi Produksi. Model pengembangan yang digunakan lebih mengedepankan beberapa unsur penting yaitu analisis kebutuhan analisis tujuan mengembangkan materi membuat storyboard dan storyline produksi mengembangkan alat evaluasi komentar ahli materi ahli media dan ahli pembelajaran uji coba produk dan revisi produk. Pengembangan modul ini dilaksanakan dengan validasi isi oleh seorang ahli materi satu orang ahli media dan satu orang ahli pembelajaran. Sedangkan validasi empirik oleh siswa kelas IV SD Laboratorium semester II sebanyak 33 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket tanggapan untuk para ahli dan siswa. Sedangkan untuk mengukur keefektifan prestasi belajar siswa digunakan evaluasi dalam bentuk pre tes dan pos tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran modul berbasis e-learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan skor yang diperoleh siswa sebesar 85 5. Sedangkan skor 91 yang diperoleh siswa menyatakan bahwa modul berbasis e-learning dapat mempengaruhi daya tarik untuk mempelajari mata pelajaran IPS. Dan berdasarkan perbandingan t-hitung yaitu 10 47 4 30 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh keefektifan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan modul elektronik. Dengan demikian dari keefektifan prestasi belajar yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis e-learning efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Saran yang dapat diberikan bagi pengguna yaitu produk ini dapat dipakai dalam menunjang kegiatan belajar individual pada umumnya dan di SD Laboratorium pada khususnya. Sedangkan saran bagi pengembang selanjutnya yaitu pengembangan sistem kontrol scoring pada modul dapat dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item View Item