Strategi implementasi manajemen berbasis sekolah pada SD/MI mitra binaan BE USAID (studi multikasus di SDN Sedatigede 2, MI Khoirul Huda Pabean, dan SDS Hang Tuah 10 Juanda) / SuprionoD - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi implementasi manajemen berbasis sekolah pada SD/MI mitra binaan BE USAID (studi multikasus di SDN Sedatigede 2, MI Khoirul Huda Pabean, dan SDS Hang Tuah 10 Juanda) / SuprionoD

Supriono (2016) Strategi implementasi manajemen berbasis sekolah pada SD/MI mitra binaan BE USAID (studi multikasus di SDN Sedatigede 2, MI Khoirul Huda Pabean, dan SDS Hang Tuah 10 Juanda) / SuprionoD. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Supriono 2016. Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SDMI MitraBinaan DBE-USAID (Studi Multi Kasus Pada SDN Sedatigede 2 MI Khoirul Huda Pabean dan SD Hang Tuah 10 Juanda).Disertasi.Program StudiManajemenPendidikan.PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd(II) Prof. Dr. H. Supriyono M.Pd dan(III) Dr. H. ImronArifin M.Pd. Kata Kunci strategi implementasi manajemen berbasis sekolah mitra binaan. Manajemen berbasis sekolah merupakan strategi baru untuk meningkatkan mutu sekolah. Pelaksanaanya sangat menarik untuk dikaji sehingga dapat diformulasikan konsep manajemen yang efektif dan efisisen. Penelitianinibertujuan untukmendeskripsikan(1) pemahamantimsekolahdalammenerimadanmelaksanakansertamengembangkan MBS yangmendapatbantuanteknisdari USAID (2) masalahstrategiimplementasi MBS yang dihadapi sekolah dalamdampingan USAID dalammeningkatkanmutu (3) problem solving yang dilakukansekolahdalammenghadapipermasalahanimplementasistrategi MBS dalampeningkatanmutusekolah (4) Strategisekolahdalammempertahankankeberlanjutanstrategiimplementasi MBS dalampeningkatanmutunya dan (5) faktorpendukungdanpenghambatkeberlanjutanstrategiimplementasi MBS. Penelitianinidilakukan di tiga sekolah yaitu SDN Sedatigede 2 MI Khoirul Huda Pabean dan SD Hang Tuah 10 Juanda.Penelitian menggunakanpendekatankualitatiffenomenologisdenganrancanganstudimultikasus.Informankuncikepalasekolah.Informanpendukungketuayayasan pendidik komitesekolah peserta didikdanstakeholdersorganisasimasyarakat yang peduliterhadappendidikan. Teknikpengumpulan data dilakukandenganmenggunakan (1) wawancaramendalam (indepth interview) (2) observasipartisipan (participant obsevation) dan (3) studidokumentasi. Pengecekankeabsahan data dilakukandenganderajatkepercayaanataukredibilitas (credibility) ketergantungan (dependability) dankonfirmabilitas (confirmability).Analisis data dilakukandengancomparative case studymembandingkan (comparative and constrated) padamasing-masingkasusmelaluiduateknik yaitu (a) analisisdata kasusindividudan (b) analisis data lintaskasus. Hasilpenelitianinimenemukanbahwa (1)pemahaman tim sekolah tentang Program MBS bahwa pada awal kegiatan tim sekolah ragu-ragu menerima MBS tetapi setelah dipraktikan dapat menerimanya keberhasilan tim sekolah tentang program MBS yang unggul perlu penetapan pedoman dan panduan yang baku menjadipendidik yang profesionalbila pendidikmemilikipengalamandalammemahamikarakteristikpesertadidik pendidikmemilikikepribadian yang ungguluntukmengenalidanmenghargaikeberadaan program MBS dan pemenuhan kebutuhan para pendidik dalam pelayanan kepada peserta didik dilaksanakan dengan baik (2) Masalahimplementasi strategi MBS meliputiotorisasipengambilankeputusandanakuntabilitaspenglolaan motivasi pendidik dalam bekerja belum optimal kesejahteraan dan kompetensi penguasaan materi ajar pada pendidik di lembaga swasta belum memadai sarana prasarana belum memadai dan kualifikasi pendidik yang masih perlu peningkatan (3) Problem solvingstrategi implementasi MBS meliputi pelibatan stakholders sekolah peningkatan mutu pendidik kepemimpinan yang partisipatif peranserta masyarakat dalam kegiatan sekolah danperncapaian prestasi peserta didik (4)Strategimempertahankankeberlanjutanimplementasi MBS meliputi meningkatkan kompetensi pendidik dapat dilakukan melalui pelatihan workshop atau studi lanjut peningkatan kinerja pendidik advokasi pelaksanaan tugas sangat dibutuhkan pendidik konsolidasi di antara stakholders (5)Faktorpendukungdanpenghambatkeberlanjutanstrategi MBS meliputi dukungan DBE USAID kepercayaan masyarakat kemanfaatan MBS terhadap kinerja sekolah yang membaik dan komitmen para pendidik yang ingin terus memajukan lembaga. Berdasarkantemuandalampenelitianiniberimplikasipadapengembanganilmumanajemenpendidikandanpeningkatanmutumanajemenkelembagaan.Sehubungandenganitudisarankan(1) kepala sekolah dan para pendidik pada SDN Sedati Gede 2 MI Khoirul Huda pabean dan SD Hang Tuah 10 Juanda hendaknya dalam membuat kebijakan melalui tahapan-tahapan secara utuh (holistik) (2)para pendidik agar hasil penelitian ini dapat dijadikan motivasi agar lebih maju dan berkarya (3) pendidik untuk dapat meningkatkan kompetensinya (4) orang tua diharapkan dapat memberikan dukungan dan motivasi agar perkembangan di sekolah dapat berkembang dengan baik (5) komite diharapkan memberikan dukungan dan tetap selalu melakukan evaluasi perkembangan sekolah (6) yayasan parapengelolalembagapendidikankhususnya temuanpenelitianhendaknyadi kelola dengan baik agar dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan (7)DirektoratPendidikanDasardanMenengahdalamhalini Up. Subdin SD atau MI danDikporaProvinsiJawaTimur hendaknyadisusunstandarisasi MBS tetapditingkatkan demi menjagamutupendidikan di pada SD atau MI (8) pengembang pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan ilmu khususnya ilmu manajemen pendidikan dan (9)penelitiselanjutnya hendaknyadapatmelakukanpenelitianlanjutan dengankonteks yang berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63986

Actions (login required)

View Item View Item