Manajemen guru pada sekolah dasar inklusi (sudi multi kasus pada SDN Lembahputro 1, SDN Gedangan dan SDN Kraton Kabupaten Sidoarjo) / Abdul Munif - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen guru pada sekolah dasar inklusi (sudi multi kasus pada SDN Lembahputro 1, SDN Gedangan dan SDN Kraton Kabupaten Sidoarjo) / Abdul Munif

Abdul, Munif (2016) Manajemen guru pada sekolah dasar inklusi (sudi multi kasus pada SDN Lembahputro 1, SDN Gedangan dan SDN Kraton Kabupaten Sidoarjo) / Abdul Munif. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munif A. 2016. Manajemen GurupadaSekolah Dasar Inklusi(StudiMultiKasuspadaSDN Lemahputro1 SDNGedangandanSDNKratonKabupaten Sidoarjo).Disertasi Program StudiManajemen Pendidikan PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I) Prof.Dr.H. Hendyat Soetopo M.Pd (II)Prof. Dr.H.BambangBudiWiyono M.Pd (III)Prof.Dr.Ali Imron M.Pd M.Si Kata-katakunci penerapan manajemen SDM manajemen guru pendidikan Inklusi. Sebuahprogrampendidikanyang sangatmenarikdanmengejutkantelah diberlakukan di Indonesiasejak dikeluarkannya peraturan Menteri Pendidikan NasionalNomor70tahun2009tentangPendidikanInklusi SekolahInklusi telahmenjadikeharusanuntukdiimplementasikan ke seluruh sekolahsesuai dengankesiapannya.Sebagaisebuahkebijakanbaru selainmelahirkanharapan baru juga sekaliguspermasalahanbaru.Harapannyaadalah terciptanyalayanan pendidikanramahanakuntukpendidikanbermutubagisemuatanpa terkecuali. Sedangkan salah satupermasalahanpentingnyaberfokus padamanajemenGuru sekolah inklusiyangmenarik untuk diteliti. Penelitian inidimaksudkan untuk menjawab atau menganalisistentang penerapanmanajemenGuru pada sekolah inklusi di mana pada sekolah inklusi terdapat Guru kelas dan Guru Penamping Khusus (GPK). Penelitianinibertujuan mendeskripsikandanmenjelaskanperencanaankebutuhan Gurusekolah dasar inklusi pembinaandanpengembanganprofesional Gurusekolah dasar Inklusi. Selanjutnya dilakukan pengelolaan kesejahteraan Guru sekolah dasar Inklusi dandiakhiridenganevaluasikinerjaGuru sekolah dasar Inklusi. Penelitianinimenggunakanpendekatan kualitatifdengan rancanganstudi multikasusyaknidilakukan penelitian di SDNLemahputro 1 SDN Gedangan danSDNKratonKabupatenSidoarjo.Teknik pengumpulandata menggunakanwawancaramendalam(indepthinterview) observasipartisipan(participantobservation) danstudidokumen. Pengecekan kredibilitas data dilakukandenganteknik triangulasi membercheck dandiskusi temansejawat.Datayang terkumpulmelaluiketigatekniktersebutdiorganisikan ditafsir dandianalisissecara berulang-ulang baikmelaluianalisisdalamkasus maupunmelaluianalisislintaskasusguna menyusunkonsepdanabstraksitemuan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis domain dan analisis konteks. Hasilyang didapatdaripenelitianinimenunjukkanbahwa Pertama perencanaan kebutuhan Gurusekolah dasar Inklusimeliputiidentifikasi rekrutmen dan seleksiyang dilakukanberdasarkanatas kebijakan Kepala Sekolah.Kedua pembinaandanpengembanganprofessionalGuru sekolahdasarInklusimeliputibimbingandanpelatihan pengembangan kompetensidan pengembanganprofesionalisme yang berdasarkan standar pendidikan nasional dan kebijakan kepala sekolah. Ketigapengelolaankesejahteraan Guru sekolah dasar Inklusidilaksanakan dengan pemberian insentif promosi dan apriasi yang disesuaikan dengan kemampuan sekolah. Keempat evaluasikinerja Gurudilaksanakandengan mengevaluasi Rencana Program Pembelajaran (RPP) pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran berdasarkanstandar Pendidikan nasional dan kebijakan Kepala Sekolah. Hasilevaluasi digunakanuntuk melihat kelebihan dan kekurangan penerapan manajemenyang menjadipijakanuntukpeningkatanmanajemengurupada sekolah Inklusi. ImplikasiteoritisdaripenelitianiniadalahManajemensumber daya manusia adalahpendayagunaan pengembangan penilaian pemberian balasjasa dan pengelolaan individuanggota organisasiatau kelompokpekerja (Simamora 1999 3).Manajemensumberdayamanusiaitu merupakanaktivitasataukegiatanyang dilakukanolehsumberdayamanusiadi dalam suatu organisasiyang dapat digunakansecaraefektifdalam mencapai berbagaitujuan.Sumberdaya manusia merupakanpilar utama dalamlingkungan organisasiyang akanmempengaruhiterwujudatautidaknyatujuanorganisasi. Dengandemikiansumber daya manusia merupakansumber dayaaktifyang berfungsimensinergikan sumber dayalain sepertiuang mesin sarana dan prasaranadalam rangkamencapai tujuan organiasi (Luthans Davis 1996). Darihasilpenelitianinidapatdikemukakanbeberapa saran yaituantara lain (1)Bagi Kepala Sekolah perencanaanguru sebaiknyadisesuaikandenganjumlah dan jenis Anak BerkebutuhanKhusus (ABK) memenuhi standar kualifikasi dan pengembangan kompetensi serta pengembangan professional sebagai guru kelas Inklusi mendapatkan kesejahteraan yang layak dan selalau dievelauasi kinerjanya secara bertahap dan berkelanjutan (2)Bagi Gurusebaiknya memilikikomitmen dan kesadaran tinggi terhadap pelaksanaan tugas dalam mengembangkan potensi ABK (3)Bagi Kepala Dinas Pendidikan KabupatenSidoarjo sebaiknya memberikan dukungan regulasi dana dan tambahan personel GPK serta memberikan bimbingan dan pengembangannya secara lebih intensif pada sekolah penyelenggara Pendidikan Inklusi (4)Bagipeneliti berikutnya dapat dipakai sebagai bahan perbandingan untuk meneliti lebih dalam topic yang sama namun dengan kasus dan fokus yang berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63984

Actions (login required)

View Item View Item