Sulthon, Mohammad (2016) Kepemimpinan dan keterampilan manajerial kyai dalam mengelola perguruan tinggi agama Islam (studi multisitus pada STAI Ma'had Aly al-Hikam Malang, STAI Raden Rahmat Malang, dan STAI Nahdlatul Ulama' Malang) / Mohammad Sulthon. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sulthon Mohammad. 2015. Kepemimpinan dan Keterampilan Manajerial Kyai dalam Mengelola Perguruan Tinggi Agama Islam (Studi Multisitus STAI Ma had Aly Al-Hikam Malang STAI Raden Rahmad Malang STAI Nahdlatul Ulama Malang). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji KH. M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. dan (III) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci kepemimpinan keterampilan manajerial kyai perguruan tinggi Pemimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan (power) dan kewenangan (authority) untuk mengarahkan dan memberdayakan potensi dalam komunitas manusia yang dipimpinnya sehingga tercapai tujuan-tujuan yang dicita-citakan bersama. Dengan kata lain pemimpin dalam struktur sosial berfungsi sebagai pengatur dan pengawas agar tujuan kolektif bisa tercapai. Pemimimpin dalam penelitian ini yang dimaksud adalah kyai memerankan sebagai pemimpin dan memanaj perguruan tinggi menggunakan tipe kepemimpinan dan keterampilan manajerial yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Penelitian ini bertujuan dan menjelaskan kepemimpinan dan keterampilan kyai dalam memimpin perguruan tinggi pada tiga Perguruan Tinggi Islam di Malang dan keterampilan manajerial (menfungsikan manajemen) kyai dalam mengelola perguruan tinggi pada tiga perguruan tinggi Islam di Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus pada tiga perguruan tinggi yakni STAI Ma had Aly Al- Hikam Malang STAI Raden Rahmat Malang dan STAI Nahdlatul Ulama Malang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam (indepth interviewing) observasi partisipan (participant observation) dan (3) studi dokumentasi (study of documents). Teknik analisis datanya berbentuk interaktif dan berlangsung secara terus menerus. Dalam analisis ini terdapat siklus yang meliputi pengumpulan data display data reduksi data dan penarikan kesimpuan/verifikasi. Keabsahan data ditunjukkan dengan kredibilitas transferabilitas dipendabilitas dan konfirmabilitas. Hasil temuan penelitian (1) kepemimpinan dan keterampilan kyai yakni tipe kepemimpinan kyai dalam mengelola perguruan tinggi agama Islam adalah demokratis pendelegasian penuh (delegation of authority). Keterampilan konsep kyai dalam mengelola perguruan tinggi agama Islam yakni kyai sebagai pemimpin miliki keterampilan konsep dalam menentukan strategi kebijakan mengkreasikan atau merencanakan suatu yang baru. Keterampilan hubungan insani yang dibangun kyai dengan jajaran pengurus di bawahnya mulai dari asatidz dosen maupun santri/mahasiswa dapat terjalin secara harmonis dan keterampilan teknis kyai dalam mengelola perguruan tinggi agama Islam yakni melalui faktor manusia (man) dan manajemen yang diserahi harus orang yang berkualitas dan (2) keterampilan manajerial kyai (memfungsikan manajemen) dalam mengelola perguruan tinggi yakni keterampilan manajerial kyai dalam merencanakan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) di Malang bahwa kyai memandang perencanaan sebagai dasar/fundamental manajemen kyai melaksanakan pengorganisasian STAI malalui pendelegasian tugas dan wewenang yang disebut Delegation of authority pelaksanaan manajemen yang dilakukan oleh kyai di STAI memakai pola partisipatif dan pengontrolan yang dilakukan kyai yaitu pelaksanaan apa yang dilakukan sesuai dengan rencana yang diprogramkan. Implikasi Penelitian dapatnya mengilhami pola-pola kepemimpinan STAI di bawah naungan pondok pesantren yang selama ini dipimpin secara tradisional komvensional dan individual minded. Akhirnya dapat berubah menjadi lebih maju dan modern. Pembagian kewenangan pendelegasian dan kuasa serta tugas dan fungsi kepemimpinan akan semakin jelas dan terarah. Saran-saran (1) para peneliti berikutnya yang berkait dengan tema kepemimpinan dan keterampilan manajerial kyai di Perguruan Tinggi Islam hendaknya semakin kaya pemikiran dalam menggali situs-situs yang berkembang hal ini untuk mempertajam dinamika perspektif kepemimpinan dan keterampilan manajerial kyai di Perguruan Tinggi Islam secara lebih variatif efektif dan unik (2) para pemerhati pendidikan Islam hendaknya semakin yakin dan menyadari bahwa STAI/perguruan tinggi Islam tidaklah selamanya berada dalam bayang-bayang satu kyai (patron kekyaian) yang selama ini dipersepsi sebagai sumber satu-satunya pemimpin berperilaku otoritarian dari hasil penelitian ini kyai telah membuka peran-peran berdemokrasi melalui sistem musyawarah Pendelagasian mediasi dan pelibatan civitas akademika dalam mengambil kebijakan dan pembangunan tim lebih mengutamakan kolegial partisipatif demokratis religio spiritual (3) para kyai di perguruan tinggi Islam hendaknya semakin menyadari bahwa sejarah perguruan tinggi Islam tumbuh dan berkembang atas kebutuhan masyarakat (community education) sehingga pengembangan perguruan tinggi Islam di masa-masa mendatang dikembalikan atas dasar kebutuhan masyarakat dengan memberikan peluang dan kesempatan kepada masyarakat (stakeholder) untuk berpartisipasi dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi Islam (4) masyarakat hendaknya semakin peka terhadap pertumbuhan dan perkembangan perguruan tinggi Islam dewasa ini sehingga sebagai stakeholder perguruan tinggi Islam masyarakat hendaknya berpartisipasi secara aktif dalam mengembangkan perguruan tinggi Islam dan memanfaatkannya sebagai lembaga pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dan (5) bagi Kementerian Agama RI khususnya DIKTIS (Direktorat Pendidikan Tinggi Islam) hendaknya semakin mengarahkan STAI sebagai lembaga pendidikan masa depan (center of excellence) yang unggul berguna bagi agama nusa dan bangsa serta sebagai perguruan tinggi Islam Rahmatan lil Alamiin.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63983 |
Actions (login required)
View Item |