Kecerdasan emosional dan spiritual kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi multi kasus pada MAN Gondanglegi, SMA Diponegoro Tumpang, dan SMK NU Miftakhul Huda Kepanjen di Kabupaten Malang) / Ach. Faridul Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecerdasan emosional dan spiritual kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi multi kasus pada MAN Gondanglegi, SMA Diponegoro Tumpang, dan SMK NU Miftakhul Huda Kepanjen di Kabupaten Malang) / Ach. Faridul Ilmi

Ilmi, Ach. Faridul (2016) Kecerdasan emosional dan spiritual kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi multi kasus pada MAN Gondanglegi, SMA Diponegoro Tumpang, dan SMK NU Miftakhul Huda Kepanjen di Kabupaten Malang) / Ach. Faridul Ilmi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilmi Ach. Faridul. Kecerdasan Emosional dan Spiritual Kepala Sekolah dalam MeningkatkanMutu Pendidikan (Studi MultiKasus pada MAN Gondanglegi SMA Diponegoro Tumpang dan SMK NU Miftakhul Huda Kepanjen di Kabupaten Malang) Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (II) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd dan (III) Dr. Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci kecerdasanemosional kecerdasan spiritual kepalasekolah mutupendidikan Penelitiantentangkecerdasandan spiritual kepalasekolahdalammeningkatkanmutupendidikansudahbanyakdilakukan tetapisebagianbesarpenelitiantersebutmembahasvariabeltunggaldanbersifatstudikasus.Penelitianinipentinguntukdilakukankarenauntukmenuju proses generalisasidiperlukankajian yang bersifatstudi multi kasus. Penelitianinimerperkuatteori-teoritentangkontribusikecerdasanemosionaldankecerdasan spiritual dalammenentukankeberhasilankepemimpinandalamsebuahorganisasisekolah. Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikan (1) nilai-nilaikecerdasanemosionaldan spiritual kepalasekolahdalammeningkatkanmutupendidikan (2) implementasikecerdasanemosionaldan spiritual kepalasekolahdalammeningkatkanmutupendidikan (3)strategikepemimpinankepalasekolahdalammeningkatkanmutu (4) bentukkegiatan yang berhubungandengankecerdasanemosionaldankecerdasan spiritualkepemimpinankepalasekolahdalammeningkatkanmutupendidikan (5) hasilimplementasikecerdasanemosionaldankecerdasan spiritual padapeningkatanmutupendidikan. Jenispenelitiandiskriptifpendekatankualitatif dengan desainpenelitianadalahmulti kasusdenganmenitikberatkanpadapenelitianlapanganyang bertujuanuntukmempelajaritentanginteraksilingkungan posisisertakeadaanlapangansuatu unit penelitiansecaraapaadanya. Lokasipenelitianinimeliputitigasitusyaitu MAN Gondanglegi SMA DiponegoroTumpang dan SMK NU Miftakhul Huda KepanjenKabupaten Malang.Sumber data diambildarisumber data manusiadandokumen.Penentuaninformandipilihmenggunakanteknik purposive sampling yang terdiridarikepalasekolah wakilkepala guru siswadantokohmasyarakat.Teknikpengumpulan data meliputiwawancaramendalam observasipartisipandanstudidokumentasi.Data dianalisisdenganmelaluitigatahapyaknipengkodean penyortiran data danperumusankesimpulan.Untukanalisis data lintaskasusmakadilakukanmetodekomparasi.Keabsahan data diperolehdenganmenggunakantekniktriangulasi. Dari hasilanalisis data diperolehtemuan yang menunjukkanbahwapertama nilai-nilaikecerdasanemosionaldan spiritual kepalasekolahdiwujudkandalamvisimisisekolah.Nilai-nilaikecerdasantersebutmeliputiprinsippenanamannilai-nilai yang bersumberajaran agama prinsip-prinsipuntukmenjalinkomunikasi internal organisasisekolah prinsipuntukmenjalinhubungandengantokohagama masyarakat lembaga-lembaga PTN perusahaandan lain-lain danprinsipuntuk memberipenghargaanbagimereka yang berprestasi. Kedua untukmengimplementasikannilai-nilaikecerdasanemosionaldan spiritual tersebut kepalasekolahmenggunakanstragegikepemimpinan yang kemudiandijabarkandalambentuk-bentukkegiatan yang spesifik.Hasilimplementasikecerdasanemosionaldan spiritual kepalasekolahmeliputi (1) visi dan misi madrasah disemangati oleh kecerdasan emosional dan spiritual (2)iklimorganisasisekolahbernnuansa islami dansekolahmenerapkankewajibanmentaatinorma agama sebagaiprioritas (3) Sekolahmemilikiprestasiakademik yang bagusdenganakreditasi A (4) gurudansiswamemilikisemangat yang tinggidalammenjalankan proses belajarmengajar (5)minatmasyarakattinggiuntukmemilihsekolah yang mengintegrasikan agama Iptekdanketrampilan (6)sekolahmemilikiMoUdenganberbagailembaga PTN PTS BLK BUMN dan (7)sekolahmemilikikomunikasi yang aktifdengantokoh agama dantokohmasyarakat. Implikasiteoritisyang dapatdiambildaripenelitianiniadalahbermanfaatbagipengembanganilmumanajemenpendidikanterutama yang terkaitdenganidentifikasinilai-nilaikecerdasanemosionaldan spiritual kepalasekolah yang harusdimiliki strategikepemimpinandanbentuk-bentukkegiatan yang tepatakanmenciptakaniklimkondusifdisekolah. Iklim yang kondusif di sekolahmerupakanfaktorpentingdalammeningkatkanmutupendidikan di sekolah. Saran yang dapatdikemukakansebagaiberikut (1) bagi KepalaMAN Gondanglegi SMA Diponegoro dan SMK NU Kepanjen Kabupaten Malang hendaknya dalam menyusun program kerja dan aturan sekolah agar lebih rinci dalam menerapkan nilai-nilai kecerdasan emosional dan spiritual. (2) bagi Kementrian Agamadan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan input dalam meningkatkan mutu kepala sekolah. (3) bagi peneliti berikutnya dapat mengkaji topik tersebut lebih mendalam dengan fokus dan kasus yang berbeda untuk memperoleh perbandingan sehingga semakin memperkaya khasanah penelitian tentang implementasi kecerdasan emosional dan spiritual bagi kepemimpinan sekolah. 8195

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63981

Actions (login required)

View Item View Item