Perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru (studi multisitus pada MAN Malang 1, MAN Batu dan MAN 3 Malang) / Muhammad Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru (studi multisitus pada MAN Malang 1, MAN Batu dan MAN 3 Malang) / Muhammad Arifin

Arifin, Muhammad (2016) Perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru (studi multisitus pada MAN Malang 1, MAN Batu dan MAN 3 Malang) / Muhammad Arifin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Muhammad 2015. Perilaku Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Multi Situs pada Tiga MAN MAN Malang 1 MAN Batu MAN 3 Malang. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pmbimbing (I) Prof Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Dr. Kusmintardjo M.Pd dan (III) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd Kata Kunci perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah kinerja guru. Di Indonesia peranan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja dan profesionalitas guru sudah lama diakui sebagai salah satu faktor penting. Oleh karena itu diskripsi tentang perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah yang dikaitkan secara langsung dengan proses dan hasil pembelajaran di madrasah khususnya di MAN Malang 1 MAN Batu dan MAN 3 Malang merupakan permasalahan yang penting dan menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada MAN. Ada empat fokus penelitian ini yaitu perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dengan cara (1) mensosialisasikan visi dan misi (2) penataan pembelajaran (3) melaksanakan praktik pembelajaran dan (4) menciptakan iklim pembelajaran yang positif. Berdasarkan karakteristik subyek dan tujuan penelitian peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data situs individu dan analisis data lintas situs. Pengecekan kridibilitas data dilakukan dengan tehnik trianggulasi pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat. Sedangkan pengecekan auditabilitas data penelitian dilakukan oleh para pembimbing. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yang berkaitan dengan perilaku kepemimpinan pembelajaran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu (1) sosialisasi visi dan misi kepala madrasah mampu (a) mengkomunikasikan kepada warga madrasah dan masyarakat serta merealisasikannya ke dalam tujuan madrasah (b) mengimplementasikan ke dalam progam madrasah dan menerapkan ke dalam kebijakan-kebijakan madrasah dibidang pembelajaran. (2) penataan pembelajaran yang berkaitan dengan penataan pembelajaran kepala madrasah mampu (a) mengorganisasikan kegiatan pembelajaran melalui manajemen partisipatif dan kegiatan inovetif bidang pembelajaran dan (b) menaruh harapan tinggi pada kinerja guru dan prestasi belajar siswa yang obyektif dan berkelanjutan (3) peningkatan praktek pembelajaran berkaitan dengan peningkatan praktek pembelajaran sebagai pemimpin pembelajaran kepala madrasah mampu (a) mendiagnosis masalah-masalah pembelajaran di antaranya melalui supervisi kunjungan kelas serta menyelenggarakan program in-service sesuai dengan kebutuhan guru dan (b) memanfaatkan hasil belajar siswa untuk perbaikan pembelajaran dan mendorong guru-guru untuk memanfaatkan sumber-sumber pembelajaran secara optimal untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. sedangkan (4) menciptakan iklim pembelajaran yang positif. Sementara itu sebagai pemimpin pembelajaran khususnya yang berkaitan dengan penciptaan iklim pembelajran yang positif kepala madrasah mampu (a) menciptakan mekanisme kerja yang dapat mendorong terjadinya diskusi-diskusi formal dan informal tentang isu-isu pembelajaran dengan guru-guru dan siswa di sekolah dan (b) menciptakan sistem penghargaan (reward) atas prestasi sehingga memberikan kepuasan kepada guru dan siswa di madrasah. Kepada beberapa pihak berikut disarankan agar (1) MAN yang diteliti mempertahankan bahkan meningkatkan mutu pembelajran untuk mempersiapkan putra-putri Indonesia untuk menyongsong masa depan (2) penyelenggara pendidikan agar mempertimbangkan ketiga MAN ini sebagai alternatif model kepemimpinan pembelajaran kepala MAN dalam meningkatkan kinerja guru (3) Kementerian Agama agar mempertimbangkan kemampuan kepala MAN khususnya perilaku kepemimpinan pembelajaran dalam rekrutmen kepala MAN dan (4) para peneliti agar melakukan penelitian-penelitian serupa untuk menverifikasi temuan penelitian ini dalam rangka membangun knowledge base di tanah air.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63980

Actions (login required)

View Item View Item