Pengaruh komitmen, tingkat berpikir abstrak, motivasi kerja dan kemampuan mengelola pembelajaran dengan kinerja guru pada SMAN di Kota Banjarbaru / Arif Sri Wiyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh komitmen, tingkat berpikir abstrak, motivasi kerja dan kemampuan mengelola pembelajaran dengan kinerja guru pada SMAN di Kota Banjarbaru / Arif Sri Wiyana

Wiyana, Arif Sri (2016) Pengaruh komitmen, tingkat berpikir abstrak, motivasi kerja dan kemampuan mengelola pembelajaran dengan kinerja guru pada SMAN di Kota Banjarbaru / Arif Sri Wiyana. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiyana Arif Sri. 2015. Pengaruh Komitmen Tingkat Berpikir Abstrak Motivasi Kerja dan Kemampuan Mengelola Pembelajaran dengan Kinerja Guru pada SMAN di Kota Banjarbaru. Disertasi Program Studi Manejemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd (III) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata Kunci komitmen kemampuan berpikir abstrak motivasi kemampuan mengelola pembelajaran kinerja guru Guru yang baik akan berkaitan dengan kualitas pribadi (a good teacher) guru yang berhasil (a successfull teacher) dan guru yang efektif (an effective teacher). Oleh karena itu perlu memahami citra atau profil seorang guru mengetahui statusnya di tengah masyarakat pendidikan yang selalu berubah. Guru dapat menempatkan peranannya sebagai agen perubahan dan mengembangkan tanggung jawab moralnya hingga memiliki komitmen dan abstraksi yang tinggi dalam melakukan misi didiknya. Citra guru di masyarakat menjadi tolok ukur dalam mempersepsi peran guru sebagai pengajar pendidik pelatih dan pencerahan masa depan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui mengkaji dan menganalisis (1) gambaran seluruh variabel yang diteliti (2) pengaruh komitmen kemampuan berpikir abstrak dan motivasi terhadap kemampuan mengelola pembelajaran (3) pengaruh komitmen kemampuan berpikir abstrak motivasi dan kemampuan mengelola pembelajaran terhadap kinerja (4) pengaruh komitmen kemampuan berpikir abstrak dan motivasi secara tidak langsung terhadap kinerja melalui kemampuan mengelola pembelajaran. Penelitian ini akan memberikan manfaat bagi Dinas Pendidikan Kepala Sekolah guru SMAN dan peneliti berikutnya. Populasi penelitian adalah guru-guru pada SMAN di Kota Banjarbaru. Sampel penelitian ini bersifat sampel jenuh yaitu melibatkan seluruh -guru SMAN di Kota Banjarbaru yang berjumlah 175 guru. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Variabel eksogen adalah komitmen guru tingkat berpikir abstrak guru dan motivasi kerja guru sedangkan variabel endogen adalah kemampuan mengelola pembelajaran dan kinerja guru. Model hipotesis dianalisis dan diuji menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS versi 2. Deskripsi variabel yang diteliti komitmen guru berada pada kategori cukup tinggi kemampuan berpikir abstrak berada pada kategori tinggi motivasi kerja berada pada kategori tinggi kemampuan mengelola pembelajaran berada pada kategori baik dan kinerja guru berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan (1) komitmen kemampuan berpikir abstrak dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan mengelola pembelajaran (2) komitmen kemampuan berpikir abstrak motivasi dan kemampuan mengelola pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja (3) komitmen kemampuan berpikir abstrak dan motivasi secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja melalui kemampuan mengelola pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan (1) penelitian selanjutnya meneliti pengaruh variabel lain terhadap kinerja guru seperti misalnya pemberian kompensasi efisiensi organisasi kebijakan organisasi kepemimpinan kondisi sosial komunikasi (2) mengingat objek penelitian hanya SMAN di Kota Banjarbaru maka hasil penelitian ini harus dilanjutkan dengan sekolah-sekolah lain tidak SMAN saja dan diberbagai kota sehingga hasil temuannya dapat digeneralisir. Beberapa saran hasil penelitian ini antara lain pihak sekolah meningkatkan kinerja guru dengan memberikan pelatihan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampu guru. Selain daripada itu untuk meningkatkan kinerja maka dimensi tanggung jawab perlu ditingkatkan lagi melalui berbagai bimbingan dan pengawasan dari pihak sekolah. Dalam meningkatkan kemampuan mengelola pembelajaran pihak sekolah memberikan fasilitas media pembelajaran yang lebih baik dengan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63978

Actions (login required)

View Item View Item