Anam, Khairul (2016) Hubungan kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah, iklim madrasah, harapan, dan kualitas mengajar guru dengan keefektifan madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Malang Raya / Khairul Anam. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anam Khairul. 2015. Hubungan Kapabilitas Kepemimpinan Kepala Madrasah Iklim Madrasah Harapan dan Kualitas Mengajar Guru dengan Keefektifan Madrasah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Malang Raya. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A Ph.D. (II) Prof. Dr. Ali Imron M.Pd. M.Si. (III) Dr. Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci kapabilitas kepemimpinan iklim madrasah harapan kualitas mengajar guru keefektifan madrasah sekolah efektif Menghindari globalisasi sebagai proses alami ataupun menghilangkan sama sekali dampak negatif globalisasi itu tidak mungkin. Masyarakat Indonesia harus menghadapi globalisasi serta menerima segala dampaknya baik negatif maupun positif. Oleh karena itu tantangan yang harus dipecahkan adalah memanfaatkan semaksimal mungkin dampak positif (peluang) globalisasi itu dan meminimalkan dampak negatif (ancaman). Para pengelola lembaga pendidikan harus bisa menjawab tantangan itu. Lembaga pendidikan harus dapat menyiapkan lulusan yang bisa survive pada era globalisasi lulusan yang dapat memainkan peranan penting dalam kehidupan global tanpa kehilangan jati dirinya sebagai muslim Indonesia. Oleh sebab itu efektivitas pendidikan madrasah harus dijaga dan ditingkatkan untuk menjawab tantangan tersebut. Tujuan pendidikan di madrasah adalah supaya para lulusan madrasah dapat hidup bahagia di dunia (yang diukur dari keadaan ekonomi dan materi) dan di akhirat nanti (yang diukur dari ketaatannya pada agama). Hal ini semakin memperkuat keinginan peneliti untuk meneliti masalah keefektifan pendidikan madrasah. Oleh sebab itu dalam penelitian ini peneliti meneliti hubungan kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah iklim madrasah harapan dan kualitas mengajar guru dengan keefektifan madrasah pada madrasah tsanawiyah negeri di malang raya. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah iklim madrasah harapan kualitas mengajar guru keefektifan madrasah di MTs Negeri se-Malang Raya serta memperoleh kejelasan hubungan antara masing-masing variabel tersebut. Populasi penelitian adalah guru madrasah tsanawiyah negeri se-Malang Raya dari sembilan kecamatan yang berbeda baik yang berstatus PNS maupun non-PNS. Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner dan lembar penilaian. Terkait dengan masalah penelitian diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama di Malang Raya rata-rata iklim madrasah tergolong terbuka dan rata-rata tingkat kapabilitas kepemimpinan harapan kualitas mengajar guru dan keefektifan madrasah juga tergolong tinggi. Kedua kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah secara parsial memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keefektifan madrasah. Ketiga secara parsial iklim madrasah memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keefektifan madrasah. Keempat secara parsial harapan memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keefektifan madrasah. Kelima secara parsial kualitas mengajar guru memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keefektifan madrasah. Keenam secara parsial kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap iklim madrasah. Ketuju secara parsial kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap harapan tentang prestasi belajar siswa. Kedelapan secara parsial kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kualitas mengajar guru. Kesembilan secara parsial iklim madrasah juga berpengaruh langsung secara signifikan terhadap harapan tentang prestasi siswa. Kesepuluh secara parsial iklim madrasah berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kualitas mengajar guru. Kesebelas secara parsial harapan tentang prestasi belajar siswa juga memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap kualitas mengajar guru. Kedua belas ternyata kapabilitas kepemimpinan juga bisa memberikan pengaruh tak langsung terhadap keefektifan madrasah yakni melalui iklim madrasah. Ketiga belas ternyata kapabilitas kepemimpinan juga bisa berpengaruh secara tak langsung terhadap keefektifan madrasah melalui kualitas mengajar guru. Keempat belas kapabilitas kepemimpinan juga bisa memberikan pengaruh tak langsung terhadap kualitas mengajar guru melalui iklim madrasah. Kelima belas ternyata iklim madrasah juga memiliki pengaruh tak langsung terhadap keefektifan madrasah melalui kualitas mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bahwa jika ingin meningkatkan keefektifan madrasah di MTsN di Malang Raya maka kapabilitas kepemimpinan kepala madrasah iklim madrasah harapan dan kualitas mengajar guru harus dibenahi dan ditingkatkan lebih dahulu. Kapabilitas kepemimpinan adalah hal pertama yang harus dibenahi dan ditingkatkan karena berpengaruh langsung terhadap iklim madrasah harapan dan kualitas mengajar guru. Dengan demikian disarankan kepada para kepala madrasah supaya memperbaiki kualitas dan kapabilitas kepemimpinannya lebih dulu sebelum menuntut perbaikan kepada para bawahan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63970 |
Actions (login required)
View Item |