Peningkatan keterampilan membaca teks melalui metode permainan bahasa siswa kelas I SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang / Deo Oktavia J. - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca teks melalui metode permainan bahasa siswa kelas I SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang / Deo Oktavia J.

Oktavia J., Deo (2016) Peningkatan keterampilan membaca teks melalui metode permainan bahasa siswa kelas I SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang / Deo Oktavia J. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktavia Deo. 2016. Peningkatan Membaca Teks Melalui Metode Permainan Bahasa di Kelas I SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd. M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah. M.Pd. Kata Kunci membaca teks metode permainan bahasa Pembelajaran membaca teks di SDN Slamet 01 masih dilaksanakan dengan metode lama yaitu hanya menggunakan buku paket sebagai alat bantu mengajar. Sehingga menyebabkan pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa dan mempengaruhi nilai ketermpilan membaca teks siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) bagaimanakah penerapan metode permainan kartu kata dan kalimat untuk meningkatkan keterampilan membaca teks siswa kelas 1 SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca teks melelui metode permainan kartu kata dan kalimat siswa kelas 1 SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang semester II tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh peningkatan keterampilan membaca teks siswa kelas 1 dari sebelum siklus dan setelah siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase rata-rata suara yaitu 90% aspek pelafalan 92% aspek intonasi 90% dan aspek kelancaran 92%. Mengalami peningkatan yaitu yaitu 14% pada pratindakan menjadi 81% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 95%. Disimpulkan bahwa penelitian penggunaan metode permainan bahasa dapat meningkat aktivitas dalam belajar dan keterampilan membaca teks siswa. Disarankan agar guru menggunakan metode ini dalam pembelajaran membaca teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6397

Actions (login required)

View Item View Item