Manajemen penilaian hasil pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 si sekolah sasaran (studi multikasus di SDN Prigen 1, SMPN 2 Pandaan, dan SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan) / Iswahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penilaian hasil pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 si sekolah sasaran (studi multikasus di SDN Prigen 1, SMPN 2 Pandaan, dan SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan) / Iswahyudi

Iswahyudi (2016) Manajemen penilaian hasil pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 si sekolah sasaran (studi multikasus di SDN Prigen 1, SMPN 2 Pandaan, dan SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan) / Iswahyudi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iswahyudi. 2015. Manajemen Penilaian Hasil Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Sasaran (Studi Multikasus di SDN Prigen 1 SMPN 2 Pandaan dan SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji. K.H. M.A. Ph.D. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (III) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si. Kata kunci penilaian hasil pembelajaran Kurikulum 2013 sekolah sasaran Penilaian hasil pembelajaran dalam kurikulum 2013 bukanlah hanya suatu proses penetapan peserta didik berhasil atau tidak berhasil tetapi penilaian adalah suatu bagian dari proses pembelajaran. Banyaknya ranah yang harus dinilai (sikap pengetahuan dan keterampilan) dengan berbagai teknik dan instrumen penilaian yang pada kurikulum 2013 membutuhkan manajemen guru dan sekolah yang tepat. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) mendeskripsikan dan menjelaskan penyusunan perangkat penilaian hasil pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SDN Prigen 1 SMPN 2 Pandaan dan SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan (2) mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SDN Prigen 1 SMPN 2 Pandaan dan SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan dan (3) mendeskripsikan dan menjelaskan peran manajemen sekolah mendukung penilaian hasil pembelajaran berdasarkan implementasi kurikulum 2013 di SDN Prigen 1 SMPN 2 Pandaan dan SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (a) wawancara mendalam (b) observasi (c) kajian dokumentasi data yang ditemukan kemudian dianalisis direduksi disajikan dan disimpulkan melalui analisis perkasus dan analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas transferabilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil dan kesimpulan penelitian di tiga kasus menunjukkan bahwa Pertama. Manajemen penilaian hasil pembelajaran dilaksanakan guru. Perencanaan penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam forum KKG/MGMP dengan model lesson study dapat mempermudah guru melaksanakan mengolah dan melaporkan hasil. Perencanaan penilaian di kasus 1 SDN Prigen 1 dilakukan dengan mengkaji SKL KI dan KD dengan menggunakan pembelajaran tematik terpadu sedangkan di kasus 2 dan 3 menggunakan pembelajaran tiap mata pelajaran. Kedua. Pada kasus 1 guru melaksanakan penilaian sikap dan keterampilan lebih lama dari pada kasus 2. Penilaian sikap dan keterampilan dengan menggunakan teknik observasi selama proses pembelajaran sedangkan pada kasus 3 juga melaksanakan penilaian pengetahuan. Penilaian pengetahuan dilakukan lebih detil dan variatif pada kasus 3. Pada ketiga kasus setelah pembelajaran melaksanakan penilaian ketiga ranah (sikap pengetahuan dan keterampilan) dengan menggunakan teknik tes dan penugasan. Pada ketiga kasus pengolahan nilai hasil pembelajaran dilakukan dengan menggunakan program aplikasi berbasis komputer. Program aplikasi pengolahan nilai di kasus 1 lebih sederhana dan dibuat oleh tim KKG kabupaten sedangkan pada kasus 2 dan kasus 3 program aplikasi dibuat sendiri oleh sekolah. Pada kasus 1 dan 2 hasil olahan dilaporkan kepada orang tua berupa nilai capaian kompetensi peserta didik dan deskripsi capaian kompetensi peserta didik sedangkan pada kasus 3 ditambahkan catatan prestasi yang diperoleh peserta didik. Pada kasus 1 uraian diskripsi sikap lebih detail daripada kasus 2 dan 3. Ketiga. Manajemen sekolah dilaksanakan dengan bentuk kerjasama antar guru dilakukan dalam forum KKG pada kasus 1 sedangkan pada kaus 2 dan 3 pada forum MGMP dan MGMPS dengan model lesson study dapat membantu guru merencanakan dan melaksanakan penilaian. Pada ketiga kasus manajemen sekolah telah mengoptimalkan kerjasama antar peserta didik guru orang tua dan stakeholder. Peran peserta didik dalam penilaian antar teman lebih besar frekuensinya dibandingkan pada kasus 2 dan kasus 1. Kerjasama sekolah dan orang tua yang baik dalam informasi mendampingi menyediakan sarana pembelajaran dan penilaian dalam forum paguyuban kelas dan komite sekolah mempermudah guru dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran. Pada ketiga kasus optimalisasi peran orang tua melalui komite sekolah sedangkan pada kasus 1 peran orang tua lebih menonjol daripada kasus 2 dan kasus 3 dengan adanya paguyuban orang tua tiap kelas. Pada ketiga kasus kerjasama dengan stakeholder pendidikan berperan dalam meningkatkan mutu sekolah. Kerjasama ditandai dengan terlaksananya pembelajaran bersama stakeholder. Pada kasus 1 kerjasama dilakukan dengan lembaga pemerintahan desa dan kecamatan sedangkan pada kasus 2 ditambahkan dengan dunia industri dan di kasus 3 lebih diperkuat dengan perguruan tinggi. Berdasar penelitian ini maka disarankan kepada (1) guru untuk membuat perencanaan penilaian dengan baik sehingga sikap pengetahuan dan keterampilan peserta didik dapat ternilai. (2) kepala sekolah agar terus mewujudkan manajemen sekolah yang efektif sehingga penilaian yang menyeluruh dapat terlaksana. (3) dinas pendidikan agar konsistensi dalam memberikan dukungan pelaksanaan Kurikulum 2013 (4) kementerian pendidikan dan kebudayaan tetap melanjutkan implementasi Kurikulum 2013 (5) bagi peneliti lain diharapkan mengkaji penilaian dari variabel yang lain sebagai upaya pengembangan hasil penelitian dan (6) pengembang manajemen pendidikan bahwa manajemen guru dan sekolah diperlukan untuk mempermudah pelaksanaan penilaian.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63967

Actions (login required)

View Item View Item