Pengaruh kepemimpinan berbasis nilai, strategi fokus pelanggan, manajemen jejaring dan modal sosial terhadap inovasi dan kinerja institusional pada perguruan tinggi swasta di Jawa Timur / Pudjo Sugito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemimpinan berbasis nilai, strategi fokus pelanggan, manajemen jejaring dan modal sosial terhadap inovasi dan kinerja institusional pada perguruan tinggi swasta di Jawa Timur / Pudjo Sugito

Sugito, Pudjo (2016) Pengaruh kepemimpinan berbasis nilai, strategi fokus pelanggan, manajemen jejaring dan modal sosial terhadap inovasi dan kinerja institusional pada perguruan tinggi swasta di Jawa Timur / Pudjo Sugito. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugito Pudjo. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Berbasis Nilai Strategi Fokus Pelanggan Manajemen Jejaring dan Modal Sosial terhadap Inovasi dan Kinerja Institusional pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Prof. Dr. H.Wahjoedi M.E (III) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. Kata Kunci kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring modal sosial inovasi dan kinerja institusional Latar belakang dilaksanakannya kegiatan penelitian ini karena masih terdapatnya kesenjangan riset (research gap) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja institusional dan fenomena persoalan kinerja institusional mayoritas Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masih jauh dari harapan publik. Upaya-upaya pengembangan kinerja institusional perguruan tinggi swasta tentu harus terus dilakukan. Hal itu karena perguruan tinggi swasta merupakan mitra pemerintah yang perannya harus terus dioptimalkan. Tujuannya guna meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh pendidikan tinggi. Sementara itu beberapa hasil riset masih mengungkapkan temuan paradoks tentang faktor penentu kinerja institusional pendidikan tinggi. Untuk itulah penelitian ini dilakukan dalam rangka memperkaya khasanah temuan penelitian tersebut sekaligus dapat menjadi pertimbangan praktis bagi manajemen dalam menwujudkan kinerja institusional yang baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana deskripsi kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring modal sosial inovasi dan kinerja institusional. Kemudian apakah ada pengaruh signifikan antara kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring modal sosial terhadap inovasi dan kinerja institusional dan juga apakah ada pengaruh tidak langsung kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring modal sosial terhadap kinerja institusional melalui inovasi pada PTS di Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring modal sosial inovasi dan kinerja institusional pada PTS di Jawa Timur. Kemudian untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring dan modal sosial terhadap inovasi dan kinerja institusional. Juga untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh tidak langsung kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring modal sosial melalui inovasi terhadap kinerja institusional pada PTS di Jawa Timur Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan metode kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah semua pimpinan/manajemen perguruan tinggi swasta di Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional area random sampling dengan jumlah responden sebanayak 200 responden. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial yang terdiri dari confirmatory factor analysis dan regresion weight pada structural equation model. Berdasarkan analisis hasil penelitian terungkap bahwa kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan dan modal sosial berpengaruh signifikan terhadap inovasi dan kinerja institusional. Penelitian yang terdiri dari 6 variabel 22 indikator dan 13 hipotesis ini memberikan kesimpulan bahwa model teoritik inovasi dan kinerja institusional ternyata dipengaruhi oleh kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring dan modal sosial dan bahkan pengaruhnya signifikan baik terhadap inovasi maupun kinerja institusional yang nampak dari nilai critical ratio-nya lebih besar dari 2.00 dan p value-nya kurang dari 0.05. Maknanya model inovasi dan kinerja institusional perguruan tinggi swasta khususnya di Jawa Timur dapat dibangun melalui kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring dan modal sosial. Untuk itu temuan penelitian dapat menjadi informasi penting bagi pimpinan PTS manakala ingin meningkatkan inovasi dan kinerja institusionalnya bermanfaat bagi yayasan dalam memberikan masukan pada pimpinan perguruan tinggi binaannya dan juga Kopertis VII dalam melakukan pembinaan pada pimpinan PTS untuk mempertimbangkan kepemimpinan berbasis nilai strategi fokus pelanggan manajemen jejaring dan modal sosial dalam pengelolaan pendidikan tinggi. Selain itu temuan hasil riset ini juga dapat menjadi referensi baru pada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan yang linear khususnya keterkaitan kepemimpinan berbasis nilai dan modal dengan inovasi dan kinerja institusional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63966

Actions (login required)

View Item View Item