Abu, Bakar (2016) Hubungan kualitas pelayanan, manajemen sarana prasarana, pemberian kompensasi, lingkungan dan kepuasan kerja dengan loyalitas dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri di Sulawesi Selatan / Abu Bakar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Bakar Abu. 2015. Hubungan Kualitas Pelayanan Manajemen Sarana Prasarana Pemberian Kompensasi Lingkungan dan Kepuasan Kerja dengan Loyalitas Dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Di Sulawesi Selatan. Disertasi Program Studi Manejemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D (II) Dr. H. Kusmintardjo M.Pd. (III) Prof. Dr.H.Wahjoedi M.E. Kata kunci kualitas layanan manajemen sarana prasarana kompensasi lingkungan organisasi kepuasan kerja loyalitas dosen Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan manusia yang diyakini sebagai yang memegang posisi strategis dan menjadi faktor paling dominan dalam menentukan peringkat kemajuan sebuah negara. Perencanaan dilakukan dengan melibatkan semua dimensi dan komponen perguruan tinggi sehingga sasaran peningkatan tenaga pengajar kualitas lulusan pengelolaan program studi perencanaan keuangan perencanaan peningkatan sarana pendukung akademik seperti perpustakaan laboratorium dan berbagai sarana dan prasarana akademik. Berbagai usaha peningkatan kepuasan dan loyalitas karyawan dari organisasi perguruan tinggi dituntut sebuah lembaga perguruan tinggi dikelola oleh para pimpinan atau manejer yang berpengalaman dan mempunyai dosen dan karyawan yang loyal terhadap lembaga untuk memajukan lembaga pendidikan tinggi khususnya lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Agama. Pada banyak lembaga pendidikan khususnya STAIN pengelolaan sarana dan prasarana belum sesuai ketentuan yang ada bahkan ketersediaan sarana dan prasarana yang berkualitas sangat terbatas untuk menunjang proses pembelajaran dalam pencapaian tujuan dan kualitas lulusan. Beberapa tujuan penelitian ini yaitu mengetahui deskripsi dari kualitas pelayanan manajemen sarana prasarana pemberian kompensasi lingkungan dan kepuasan kerja dengan loyalitas dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di Sulawesi Selatan serta hubungan struktral yang ada di dalamnya. Kualitas pelayanan manajemen sarana prasarana pemberian kompensasi dan lingkungan organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Selain itu juga bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan manajemen sarana prasarana pemberian kompensasi lingkungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap loyalitas dosen. Penelitian ini bersifat eksplanatori karena di dalamnya bertujuan untuk membuktikan hipotesis hubungan antar variabel. Lokasi penelitian dilakukan di Sulawesi Selatan yang mencakup populasi 297 dosen di STAIN Palopo Pare-pare dan Watampone dengan jumlah sampel sebesar 150 responden. Penelitian ini bersifat korelasional yang akan membuktikan hubungan struktural dari kualitas layanan manajemen sarana prasarana kompensasi dan lingkungan terhadap kepuasan kerja dan loyalitas dosen. Pembuktian hipotesis menggunakan structural equation modeling (SEM) dan dihitung dengan AMOS 20. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain (1) kepuasan kerja berpengaruh signifikan pada loyalitas (2) manajemen sarana prasarana yang memadai mengakibatkan loyalitas dosen meningkat (3) peningkatan kualitas pelayanan mengakibatkan loyalitas dosen semakin meningkat (4) Pemberian kompensasi tidak terbukti sebagai faktor penjelas secara langsung pada peningkatan loyalitas dosen (5) lingkungan tidak terbukti sebagai faktor penjelas secara langsung bagi peningkatan loyalitas dosen (6) manajemen sarana prasarana yang memadai mengakibatkan kepuasan kerja dosen meningkat (7) peningkatan kualitas pelayanan bagi para dosen akan akan mengakibatkan kepuasan kerja dosen semakin meningkat (8) pemberian kompensasi yang sesuai harapan akan berdampak langsung terhadap peningkatan kepuasan kerja dosen (9) Kondisi lingkungan yang semakin kondusif akan mengakibatkan peningkatan kepuasan kerja dosen dan (10) terdapat hubungan tidak langsung antara kualitas layanan manajemen sarana prasarana kompensasi dan lingkungan terhadap loyalitas melalui kepuasan kerja dosen. Saran dari penelitian ini ditujukan pada pimpinan lembaga dosen kementerian agama dan peneliti berikutnya. Pimpinan lembaga harus bisa memainkan peran yang lebih baik dalam menempatkan personal pada beberapa jabatan yang berkaitan langsung dengan ketersediaan sarana dan prasarana. Aktifitas dosen sebagian besar terserap pada kegiatan belajar dan mengajar sangat membutuhkan ketersediaan sarana dan prasarana yang mencukupi dan berkualitas. Bagi para dosen sebaiknya selalu konsisten dan terarah dalam memberikan masukan bagi lembaga pendidikan. Berbagai kekurangan yang tampak dan harus segera diinformasikan kepada pihak-pihak yang berkompeten. Bagi Kementerian Agama Republik Indonesia seyogyanya terus melakukan pemantauan yang berkaitan langsung dengan segala proses yang pengadaaan dan penganggaran kebutuhan sarana prasarana. Perkembangan jumlah mahasiswa seharusnya akan diikuti dengan penambahan fasilitas dan sarana penunjang. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan melibatkan variabel lain seperti kepemimpinan kompetensi kemampuan kerja komitmen organisasi budaya kerja dan motivasi kerja sehingga akan dapat menghasilkan temuan baru yang lebih komprehensif. Manajemen sarana prasarana menjadi perhatian khusus karena kemampuan ini sangat sensitif terhadap perubahan kepuasan kerja dosen. Kebutuhan akan sarana prasarana selain bisa dianggarkan secara tepat juga membutuhkan informasi terbaru yang bersumber dari dosen atau mahasiswa. Manajemen pendidikan di lingkungan perguruan tinggi adalah kompleks karena pengelolaan terpusat di rektorat dan berkaitan dengan seluruh fakultas dan program studi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63963 |
Actions (login required)
View Item |