Pengembangan instrumen penilaian sikap dalam aktivitas kelompok kelas IV SDN Sawojajar VI Kota Malang / Lesperi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian sikap dalam aktivitas kelompok kelas IV SDN Sawojajar VI Kota Malang / Lesperi

Lesperi (2016) Pengembangan instrumen penilaian sikap dalam aktivitas kelompok kelas IV SDN Sawojajar VI Kota Malang / Lesperi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lesperi 2016.PengembanganInstrumenPenilaianSikapDalamAktivitasKelompok Kelas IV SDN Sawojajar VI Kota Malang.Skripsi Prodi SI Pendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanDasardanPrasekolah FakultasIlmu Pendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1). Prof. Dr. Sa adun Akbar M.Pd. (II). Dra.EndangSetyoWinarni M.Pd. Kata Kunci penilaiansikapdalamaktivitaskelompok. Kegiatanpenilaiansikapsalahsatukomponen yang dominan di dalampenerapankurikulum 2013 penilaiansikapdimaksudkansebagaipenilaianperilakupersertadidikdalam proses pepbelajaranmeliputisikap spiritual dansosial. Berdasarkanhasilwanwancaradengan guru yang ada di sekolahpadatanggal 28 Januari 2016 penerapanpenilaian yang sesuaidenganstandarkurikulumsangatsulit karenabanyak format yang harusdisiapkanketikaakanmelakukanpenilaiandalamsetiapkegiatanpembelajaran khususnyadalamaktivitaskelompok. Berdasarkanmasalahtersebutpenelitimencobamengembangkaninstrumenpenilaiansikapdalamaktivitaskelompok yang padaakhirnyabisamembantupara guru ketikaakanmelakukanpenilaiandalamkegiatanpembelajaranberkelompok. Metodepenelitiandanpengembangan Borg and Gall (dalamSugiyono 2012 4) merupakanmetodepenelitian yang digunakanuntukmengembangkanataumemvalidasiproduk-produk yang digunakandalampendidikandanpepbelajaran. Dalampenelitianpengembanganini data yang dihasilkanmelauiduatahapyaituvalidasiahlidankepraktisaninstrumen (penguna) berdasarkanvalidasiahlijumlahskor 20 sedangkanhasil data yang di harapkan 36 selajutnyadalampresentaseakandihitungmenurutkriterianya 55 5% darihasilvalidasikurang valid perluperbaikanbesar hasil validator darisegiindikatorsudahmencapaikriteria yang valid hanya yang menjadikendalahanyapadatingkatpilihanpencapaiansiswanya diharapkan di sesuaikandengankeadaan di lapangan. Berdasarkankepraktisandariskor di jumlahkan 21 skorsedangkanhasil data yang diharapkan 24 skor.Selanjutnyadihitunghasilpresentasenyadarihasil data kepraktisandarilapanganmencapaikriteria 81 00% - 100 00% sangatpraktisdapatdigunakannamunperluperbaikankecil dibuktikandariperhitungan 87 5%. Dari hasilvalidasiahlidankepraktisan (penguna) instrumenpenilaiansikapdalamaktivitaskelompok valid dandapatdigunakandalamkegiatanpembelajaran. Untukpengguna (guru) diharapkanketikaakanmengunakaninstrumenpenilaiansikapdalamaktivitaskelompokini untukkelas yang jumlahsiswabanyaksebaiknyaadatenaga bantu (guru lain) untukmelakukanpenilaianterhadapaktivitaskelompok yang sedangberlangsung. Penelitianinimempunyaikelemahanyaituhanyapadaujicobakelompokkecilkarenaketerbatasanwaktudanbiaya sedangakantahapujicobalapangan yang lebihluastidakterlaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item