Manajemen kurikulum dan pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter (studi multi kasus pada SMP Pembaharuan, SMP Pembangunan, dan SMP Pengembangan di Kota Surakarta) / Maryadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum dan pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter (studi multi kasus pada SMP Pembaharuan, SMP Pembangunan, dan SMP Pengembangan di Kota Surakarta) / Maryadi

Maryadi (2015) Manajemen kurikulum dan pembelajaran bermuatan nilai-nilai karakter (studi multi kasus pada SMP Pembaharuan, SMP Pembangunan, dan SMP Pengembangan di Kota Surakarta) / Maryadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk(1) mengetahui dasar-dasar kurikulum (2) mendeskripsikan penyiapan kurikulum (3) mengkaji penyiapan guru pelajaran (4) mengkaji pelaksanaan pembelajaran dan (5)mendeskripsikan evaluasi kurikulum. Penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Peneliti adalah instrumen utama. Teknik sampling adalah snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi-partisipan dan studi dokumen. Subyek penelitian ini adalah Mantan Kasubdin SMP Mantan Kepala Sekolah Kepala Sekolah Wakil Kepala Sekolah dan Guru. Pengecekan keabsahan datamenggunakan uji kredibilitas. Teknik analisis lintas kasus adalah constant-comparative model Glaser dan Strauss (1967). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dasar-dasar kurikulum mencakup dasar sosiologis filosofis psikologis danteknis (2) Penyiapan kurikulum menghasilkan perangkat pembelajaran. (3) Penyiapan guru berupa pengenalan materi dan pelatihan metode pembelajaran 4) Pelaksanaan pembelajaran meliputi (a) tujuan pembelajaran menanamkan nilai moral membiasakan perilaku dan mencegah perilaku tercela (b) materi pembelajaran ketuhanan diri sendiri lingkungan sosial dan spiritualitas (c) metode pembelajaran student-centered learning dan pembiasan (d) sarana-prasarana dan media pembelajaran mushola Lab. Budi Pekerti kantin kejujuran multi media bahan cetak dan obyek fisik. (e) evaluasi pembelajaran observasi skala sikap dan laporan wali kelas (f) dampak pembelajaran bersifat individual dan institusional. (5) Evaluasi kurikulumuntuk mengetahui kendala pembelajaran. Kata Kunci manajemen kurikulum pembelajaran dan karakter

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63958

Actions (login required)

View Item View Item