Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi swasta (studi multi situs di STKIP PGRI Bangkalan, STKIP PGRI Sampang, dan STKIP PGRI Sumenep, Madura) / Ali Nurhadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi swasta (studi multi situs di STKIP PGRI Bangkalan, STKIP PGRI Sampang, dan STKIP PGRI Sumenep, Madura) / Ali Nurhadi

Nurhadi, Ali (2015) Manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi swasta (studi multi situs di STKIP PGRI Bangkalan, STKIP PGRI Sampang, dan STKIP PGRI Sumenep, Madura) / Ali Nurhadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhadi Ali. 2015. Manajemen Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependi-dikan pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi Multi Situs di STKIP-PGRI Bangkalan STKIP-PGRI Sampang dan STKIP-PGRI Sumenep Madura). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. (III) Dr. H. Imron Arifin M.Pd Kata kunci manajemen pengembangan pendidik tenaga kependidikan PTS Mutu pendidikan tinggi merupakan tanggung jawab bersama untuk direalisasikan. Peran dosen sangat penting dan strategis untuk perwujudannya melalui tri dharma perguruan tinggi. Di samping dosen tenaga kependidikan juga berperan penting terhadap kelangsungannya sebab tenaga kependidikan baik pejabat struktural maupun staf sebagai pengelola yang memfasilitasi pelaksanaan tugas dosen untuk mewujudkan pendidikan bermutu di perguruan tingginya. Fokus penelitiannya yaitu (1) perencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi di STKIP-PGRI Bangkalan STKIP-PGRI Sampang dan STKIP-PGRI Sumenep Madura (2) pengorganisasian pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi di STKIP-PGRI Bangkalan STKIP-PGRI Sampang dan STKIP-PGRI Sumenep Madura (3) pelaksanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi di STKIP-PGRI Bangkalan STKIP-PGRI Sampang dan STKIP-PGRI Sumenep Madura dan (4) evaluasi pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada perguruan tinggi di STKIP-PGRI Bangkalan STKIP-PGRI Sampang dan STKIP-PGRI Sumenep Madura. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi multi situs pada tiga PTS yang memiliki karakteristik sama yaitu di STKIP-PGRI Bangkalan STKIP-PGRI Sampang dan STKIP-PGRI Sumenep Madura. Metode pengumpulan data menggunkan observasi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Kriteria keabsahan data dengan credibility transferability dependability dan confirmability. Analisis data dengan tahapan (1) reduksi data atau penyederhanaan data (2) penyajian data (data display) dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi menggunakan induksi analitik dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama perencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan di PTS STKIP-PGRI diketahui untuk pendidik sebagai berikut (1) program perencanaan disusun ketua bersama tim koordinasi yayasan (2) adanya standar minimal kompetensi pendidik sesuai peraturan dan (3) metode pengembangan pendidik dilakukan dengan 2 jalan internal dan eksternal. Sedangkan untuk tenaga kependidikan sebagai berikut (1) program perencanaan disusun ketua bersama tim koordinasi yayasan (2) adanya standar perencanaan pengembangan tenaga kependidikan jangka pendek menengah dan jangka panjang dan (3) metode pengembangan tenaga kependidikan dilakukan dengan 2 jalan yaitu internal dan eksternal. Kedua pengorganisasian pengem-bangan pendidik dan tenaga kependidikan di PTS STKIP-PGRI ditemukan untuk pendidik sebagai berikut (1) pengorganisasian dosen tetap diprioritaskan untuk tri dharma PT (2) pengorganisasian dosen tidak tetap untuk memenuhi kebutuhan internal kampus bagi yang berkompeten. Sedangkan untuk tenaga kependidikan sebagai berikut (1) pengorganisasian pengembangan tenaga kependidikan dilakukan sesuai kompetensi dan bidang keahliannya bagi staf atau karyawan (2) pengorganisasian pengembangan pejabat struktural diprioritaskan berstatus dosen tetap atau dosen tidak tetap berkomitmen dan (3) adanya struktur organisasi baik pada tingkat sekolah tinggi maupun pada unit atau prodi yang jelas dengan deskripsi tugas tenaga kependidikan. Ketiga pelaksanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan di PTS STKIP-PGRI ditemukan untuk pendidik sebagai berikut (1) pelaksanaan pengembangan dosen secara eksternal pembinaan diklat workshop seminar dan studi lanjut (2) pelaksanaan pengembangan dosen secara internal meliputi rapat pembinaan pelatihan workshop bagi dosen diseleng-garakan kampus. Sedangkan untuk tenaga kependidikan sebagai berikut (1) pelaksanaaan pengembangan tenaga kependidikan secara eksternal dengan mengikutsertakan pembinaan dan pelatihan bagi tenaga kependidikan (2) pelaksanaan pengembangan tenaga kependidikan secara internal dengan mengikutsertakan rapat rutin untuk pembinaan dan workshop. Pelaksanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan ditekankan dengan pengem-bangan diri. Keempat evaluasi pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan di PTS STKIP-PGRI ditemukan untuk pendidik sebagai berikut (1) evaluator pengembangan pendidik dilakukan secara eksternal oleh Kopertis VII Dikti PGRI Provinsi dan internal oleh ketua bersama pembantu pimpinan sesuai bidang (2) waktu evaluasi pengembangan pendidik dilakukan secara berkala jangka pendek menengah dan jangka panjang dan (3) tindak lanjut hasil evaluasi pengembangan pendidik dijadikan dasar untuk pengembangan karier pendidik serta sebagai dasar perencanaan dan pengembangan selanjutnya berda-sarkan capaian kompetensinya. Sedangkan untuk tenaga kependidikan sebagai berikut (1) evaluator pengembangan tenaga kependidikan dilakukan eksternal oleh Kopertis VII dan internal oleh ketua bersama pembantu pimpinan sesuai bidang (2) waktu pelaksanaan evaluasi pengembangan tenaga kependidikan secara berkala jangka pendek menengah dan jangka panjang dan (3) tindak lanjut hasil evaluasi pengembangan tenaga kependidikan dijadikan pedoman pengembangan karier serta perencanaan dan pengembangan selanjutnya. Saran diberikan bagi ketua di STKIP-PGRI Bangkalan STKIP-PGRI Sampang dan STKIP-PGRI Sumenep untuk melakukan manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai peraturan yang berlaku dengan koordinasi dengan yayasan. Bagi sivitas akademik terus meningkatkan kompetensinya agar profesional sesuai bidang tugas masing-masing dengan menekankan adanya pengembangan diri. Bagi PGRI Provinsi Jatim hendaknya memberikan pembinaan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan melalui seminar workshop lokakarya pelatihan. Bagi Kopertis Wilayah 7 terus melakukan peningkatan pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan serta pengawasan pengendalian dan pembinaan (Wasdalbin) khususnya pada bidang pendidik dan tenaga kependidikan dan perlu pengkajian lebih mendalam keberadaan dosen tidak tetap. Bagi peneliti lain hendaknya terus dilakukan penelitian berhubungan dengan manajemen pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan pada semua tingkatan pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63956

Actions (login required)

View Item View Item