Kepemimpinan pembelajaran kepala PAUD dalam implementasi pendekatan sentra berbasis karakter (studi multi-kasus pada PAUD Islam Al-Zahrah, PAUD Terpadu Negeri Pembina, dan PAUD Azdkia Martapura Kabupaten Banjar) / Erny Wahdini - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan pembelajaran kepala PAUD dalam implementasi pendekatan sentra berbasis karakter (studi multi-kasus pada PAUD Islam Al-Zahrah, PAUD Terpadu Negeri Pembina, dan PAUD Azdkia Martapura Kabupaten Banjar) / Erny Wahdini

Wahdini, Erny (2015) Kepemimpinan pembelajaran kepala PAUD dalam implementasi pendekatan sentra berbasis karakter (studi multi-kasus pada PAUD Islam Al-Zahrah, PAUD Terpadu Negeri Pembina, dan PAUD Azdkia Martapura Kabupaten Banjar) / Erny Wahdini. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahdini Erny 2015. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala PAUD dalam Implementasi Pendekatan Sentra Berbasis Karakter (Studi Multi-Kasus pada PAUD Islam Al-Zahrah PAUD Terpadu Negeri Pembina dan PAUD Adzkia Martapura Kabupaten Banjar). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ahmad Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (III) Drs. Ahmad Suriansyah M.Pd. Ph.D. Kata kunci kepemimpinan pembelajaran kepala PAUD pendekatan sentra pendidikan karakter Pendidikan Anak Usia Dini Kepemimpinan pembelajaran kepala PAUD dalam konteks pendekatan sentra berbasis karakter pada lembaga PAUD dalam upaya menjawab solusi terjadinya penyimpangan-penyimpangan praktek pendidikan pada anak usia dini semakin penting untuk diimplementasikan secara efektif dan berkesinambungan. Kepemimpinan pembelajaran yang efektif memiliki ciri-ciri utama yaitu (1) mengoordinasi program pembelajaran (2) menekankan prestasi (3) mengevaluasi kemajuan anak didik secara teratur (4) menciptakan iklim belajar yang kondusif dan (5) menyusun strategi pembelajaran. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran sentra berbasis karakter di lembaga PAUD kepemimpinan pembelajaran memiliki empat rangkaian kekuatan yaitu (1) struktur-struktur internal (internal structure) (2) karakteristik dan kemampuan pemimpin pendidikan (3) struktur-struktur eksternal (eksternal structure) dan (4) lingkaran hasil belajar. Tujuan penelitian ini secara rinci adalah (1) mendeskripsikan dan menjelaskan tentang struktur internal kepemimpinan kepala PAUD Islam Al-Zahrah PAUD terpadu Negeri Pembina dan PAUD terpadu Adzkia Martapura Kabupaten Banjar dalam implementasi pembelajaran sentra berbasis karakter. (2) mendeskripsikan dan menjelaskan tentang karakteristik pemimpin pembelajaran kepala PAUD Islam Al-Zahrah PAUD terpadu Negeri Pembina dan PAUD Adzkia Martapura Kabupaten Banjar dalam implementasi pembelajaran sentra berbasis karakter (3) mendeskripsikan dan menjelaskan tentang struktur eksternal kepemimpinan kepala PAUD Islam Al-Zahrah PAUD terpadu Negeri Pembina dan PAUD Adzkia Martapura kabupaten Banjar dalam implementasi pembelajaran sentra berbasis karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi naturalistic dengan rancangan penelitian studi multi-kasus perbandingan (multi-case study) dengan menggunakan teknik wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi analisis data secara holistik dan pelaporannya dengan mendeskripsikan tema isu dan implikasi fenomena antar kasus secara kontekstual. Analisis data penelitian menggunakan teknik siklus komparatif konstan (the constant comparative method). Keabsahan data dilakukan melalui kreadibilitas transferabilitas dependebilitas dan comfirmabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur internal kepemimpinan pembelajaran kepala PAUD pada lembaga yang berbeda terdapat persamaan dan perbedaan yang terletak pada pengkategorian (1) budaya lembaga (school culture) (2) praktik pembelajaran (instructional practice) (3) organisasi pembelajaran (instructional organization) (4) iklim belajar (school climate). Pada karakteristik kepemimpinan pembelajaran terdapat persamaan dan perbedaan pada (1) pendidikan (educational) budaya (culture) manusiawi (human). Struktur eksternal terdapat persamaan dan perbedaan pada aspek (1) nilai-nilai dan keyakinan (values and beliefs) pengalaman pemimpin pendidikan (experiences) (2) nilai dan harapan masyarakat (community values and expectations). Saran-saran pada temuan penelitian ini ditujukan kepada kepala PAUD Islam Al-Zahrah PAUD Terpadu Negeri Pembina dan PAUD Adzkia Martapura hasil penelitian ini harapkan sebagai bahan evaluasi diri lembaga untuk menyusun strategi manajemen kelembagaan yang semakin bermutu dan dapat menjadi rujukan bagi lembaga-lembaga PAUD lain. Kepada Dinas Pendidikan agar merespon positif terhadap hasil temuan penelitian guna memperkuat mutu layanan PAUD dalam konteks pembelajaran dan pengelolaannya serta memberikan masukan sebagai bahan untuk mengambil kebijakan berkenaan dengan perencanaan peningkatan mutu PTK sarana prasarana dan penerapan kurikulum PAUD 2013. Kepada Direktur Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar hasil penelitian dapat dijadikan sebagai informasi dan rujukan dalam mengimplementasikan kebijakan program gerakan PAUD berkualitas melalui pelatihan-pelatihan tingkat dasar lanjutan dan mahir tentang pendekatan sentra bagi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini. Kepada peneliti lain dapat menindaklanjuti hasil penelitian dengan melihat konteks dan fokus yang berbeda seperti implementasi pembelajaran sentra dalam meningkatkan kecerdasan holistik anak melalui tindak lanjut penelitian diharapkan akan memperkaya khasanah akademis tentang pendidikan anak usia dini di Indonesia. Kepada pengembang teori kepemimpinan pendidikan hasil penelitian dijadikan sebagai bahan referensi kajian tentang manajemen kepemimpinan pembelajaran kepala PAUD yang lebih efektif inovatif dan sukses dalam mengimplementasikan pendekatan sentra berbasis karakter.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63954

Actions (login required)

View Item View Item