Manajamen kurikulum dan pembelajaran lembaga kursus musik (studi multi situs pada Lembaga Kursus Musik Kaizen, Vadimel, dan Harmony di Jawa Timur) / Ariesza T Permata - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajamen kurikulum dan pembelajaran lembaga kursus musik (studi multi situs pada Lembaga Kursus Musik Kaizen, Vadimel, dan Harmony di Jawa Timur) / Ariesza T Permata

Permata, Ariesza T. (2015) Manajamen kurikulum dan pembelajaran lembaga kursus musik (studi multi situs pada Lembaga Kursus Musik Kaizen, Vadimel, dan Harmony di Jawa Timur) / Ariesza T Permata. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permata A.T. 2015. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Lembaga Kursus Musik (Studi Multi Situs pada lembaga kursus music Kaizen Vadimel dan Harmony di Jawa Timur) Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd (II) Dr. H. Kusmintardjo MPd dan (III) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci manajemen kurikulum pembelajaran kursus musik Lembaga kursus musik mengajarkan peserta didik agar handal dalam memainkan alat musik. Dalam melaksanakan pembelajaran di lembaga kursus musik diperlukan adanya pengelolaan lembaga baik secara fisik maupun non-fisik diantaranya pengelolaan kurikulum dan pembelajaran dengan segala perangkat teknis dan praktisnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap manajemen kurikulum dan pembelajaran di lembaga kursus musik dengan memfokuskan penelitian pada (1) perencanaan kurikulum dan pembelajaran lembaga kursus musik meliputi (a) proses penyusunan kurikulum dan pembelajaran (b) proses penyusunan rencana kalender akademik dan jadwal dan (c) rencana implementasi kurikulum dan pembelajaran (2) pengorganisasian kurikulum dan pembelajaran lembaga kursus musik meliputi (a) struktur organisasi kurikulum dan pembelajaran (b) proses mekanisme kerja dan (c) deskripsi tugas dan peran instruktur (3) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran lembaga kursus musik meliputi (a) jenis pembelajaran (b) metode yang digunakan (c) dan evaluasi kurikulum dan pembelajaran dan (4) pengawasan kurikulum pembelajaran lembaga kursus musik meliputi (a) penyusunan literature pengawasan dan (b) jenis pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs pada tiga lembaga kursus musik di Jawa Timur yaitu Kaizen Vadimel dan Harmony. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan kredibiltas dependabilitas dan konfirmabilitas data. Temuan dan hasil penelitian ini antara lain (1) perencanaan kurikulum dan pembelajaran musik di lembaga kursus musik dirumuskan mulai dari proses penyusunan kurikulum dan pembelajaran proses penyusunan rencana kalender akademik dan jadwal dan rencana implementasi kurikulum dan pembelajaran (2) pengorganisasian kurikulum dan pembelajaran musik berdasarkan pada pola atau bentuk bahan pelajaran musik yang disusun sesuai dengan tingkatan yang ditetapkan yakni yang disampaikan kepada peserta didik secara sistematis dan teratur sesuai dengan rancangan kurikulum yang telah ditetapkan dalam struktur organisasi kurikulum dan pembelajaran proses mekanisme kerja serta deskripsi tugas dan peran instruktur (3) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran musik dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang mengacu pada rancangan program yang telah ditetapkan sebelumnya dengan menggunakan berbagai metode media dan strategi untuk mewujudkan tujuan pembelajaran musik pada siswa serta mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran dan (4) pengawasan kurikulum dan pembelajaran musik di lembaga kursus musik dilaksanakan dengan suatu tindakan terpadu untuk memantau sekaligus melakukan penilaian terhadap pelaksanaannya dengan cara merumuskan konsep sistem pengawasan serta mendesain pengawasan untuk melancarkan proses belajar mengajar musik di lembaga kursus musik. Pengawasan kurikulum di lembaga kursus musik juga memiliki kesamaan di antara semua yang ada pada lembaga kursus musik dalam perumusan yang dimulai dari penyusunan instrumen pengawasan dan jenis pengawasan yang digunakan. Hanya terjadi perbedaan dalam melakukan tindakan pengawasan di lembaga kursus musik biasanya pada masalah teknis dan metode yang digunakan. Berdasarkan hasil-hasil penelitian tersebut maka saran-saran yang dikemukakan sebagai berikut (1) bagi lembaga kursus musik dapat dijadikan acuan agar semua lembaga kursus musik menggunakan kurikulum dan pembelajaran pada tiap pembelajaran yang akan diberikan peserta didik sehingga pembelajaran akan terlaksana dengan baik (2) bagi instruktur musik hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk dapat menggunakan kurikulum dan pembelajaran pada tiap pembelajaran sehingga mendapatkan pembelajaran yang terkonsep dan menghasilkan peserta didik yang handal (3) bagi Dinas Pendidikan bermanfaat untuk mengetahui dan membina pengembangan kurikulum dan pembelajaran papa pendidikan non formal termasuk menyelenggarakan pelatihan dan workshop bagi pendidikan non formal (4) bagi pengembangan keilmuan khususnya manajemen kurikulum dan pembelajaran hendaknya lembaga kursus musik dapat menjalankan da mengaplikasikan manajemen kurikulum dan pembelajaran sesuia dengan prosedur dan prinsip-prinsip yang ada dalam manejemen dan (5) bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti lain untuk dapat melaksanakan/mengetahui penelitian selanjutnya tentang manajemen kurikulum dan pembelajaran pada lembaga kursus musik atau pendidikan non formal lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63952

Actions (login required)

View Item View Item