Pengelolaan program studi pendidikan guru sekolah dasar pada tiga perguruan tinggi di Jawa Tengah / Sri Setyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan program studi pendidikan guru sekolah dasar pada tiga perguruan tinggi di Jawa Tengah / Sri Setyaningsih

Setyaningsih, Sri (2015) Pengelolaan program studi pendidikan guru sekolah dasar pada tiga perguruan tinggi di Jawa Tengah / Sri Setyaningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyaningsih Sri. 2015. Pengelolaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Tiga Perguruan Tinggi di Jawa Tengah. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. (II) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (III) Dr.Kusmintardjo M.Pd. Kata kunci pengelolaan pendidikan guru sekolah dasar. Pengelolaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Perguruan Tinggi sesuai dengan standar operasional prosedur tentang dokumen kurikulum sarana prasarana sumber daya dosen penilaian dan pembiayaan. Usaha untuk mengelola institusi yang berbeda dengan tujuan yang sama meskipun ada kemungkinan hasilnya ada perbedaan. Secara umum penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan Program Studi PGSD pada Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan empat hal yang terkait dengan pengelolaan PGSD yaitu 1) Pengelolaan kurikulum 2) Pengelolaan sarana prasarana 3) Pengelolaan sumber daya dosen dan 4) Pengelolaan pembiayaan. Berdasarkan karakteristik subjek dan fokus penelitian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan multikasus Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Kredibilitas data dilakukan dengan teknik trianggulasi pengecekan sumber data informan dan diskusi teman sejawat sedangkan auditabilitas data penelitian dilakukan konsultasi dengan para pembimbing. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut pertama pengelolaan kurikulum mencakup 1) perencanaan kurikulum memiliki ciri khas sesuai dengan visi dan misi kelembagaan masing-masing 2) pelaksanaan kurikulum menggunakan sistem kredit semester 3) evaluasi kurikulum didasarkan pada potensi dan dinamika masing-masing perguruang tinggi. kedua pengelolaan sarana prasarana mencakup 1) perencanaan sarana prasarana mengacu pada alokasi anggaran dan kebutuhan 2) pemanfaatan sarana prasarana dalam menunjang kegiatan perguruan tinggi 3) perawatan sarana prasarana untuk kesinambungan kegiatan perguruang tinggi. ketiga pengelolaan sumber daya dosen dalam penyelenggaraan pendidikan mencakup 1) rekuritmen sumber daya dosen mengacu pada peraturan dan prosedur yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi adanya perbedaan rekruitmen antara perguruan tinggi negeri dan swasta 2) kinerja sumber daya dosen selalu dipantau dan dievaluasi secara terstruktur dan berkelanjutan 3) pembinaan sumber daya dosen dilaksanakan untuk peningkatan mutu akademik maupun nonakademik. keempat pengelolaan pembiayaan mencakup 1) perencanaan pembiayaan pendidikan memperhatikan kebutuhan dan daya dukung masing-maasing perguruan tinggi 2) pemanfaatan pembiayaan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan 3) akuntabilitas pembiayaan pendidikan dilaksanakan. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan beberapa saran 1) pengelolaan kurikulum lebih dioptimalkan mengacu pada kebutuhan dan pelayananan kepada pelanggan 2) pengelolaan sarana prasarana hendaknya sinergis dengan pelayanan akademik 3) pengelolaan sumber daya dosen lebih diefektifkan pada pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat 4) pengelolaan pembiayaan hendaknya lebih diutamakan untuk operasional pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63944

Actions (login required)

View Item View Item