Pola pengelolaan pascasarjana terintegrasi di fakultas (studi strukturasionistik berdasarkan kasus di FIA UB, FTI ITB dan FIP UPI) / Asep Sunandar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola pengelolaan pascasarjana terintegrasi di fakultas (studi strukturasionistik berdasarkan kasus di FIA UB, FTI ITB dan FIP UPI) / Asep Sunandar

Sunandar, Asep (2015) Pola pengelolaan pascasarjana terintegrasi di fakultas (studi strukturasionistik berdasarkan kasus di FIA UB, FTI ITB dan FIP UPI) / Asep Sunandar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sunandar Asep.2014. Pola Pengelolaan Pascasarjana Terintegrasi di Fakultas (Studi Strukturasionistik Berdasarkan Kasus di FIA UB FTI ITB dan FIP UPI). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H.A. Sonhadji K.H. M.A. Ph.D. (2) Prof. Dr. H.Wahjoedi ME. (3) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si. Kata kunci pengelolaan terintegrasi pascasarjana strukturasionistik otonomi kampus penjaminan mutu budaya akademik. 12288 12288 12288 12288 Integrasi pascasarjana di fakultas merupakan proses penggabungan diantara tingkat pendidikan tinggi dalam satu naungan fakultas. Focus penelitian diarahkan pada empat hal yaitu latar belakang kebijakan dan peran pascasarjana setelah kebijakan integrasi implementasi konsep otonomi kampus sistem manajemen mutu penyelenggaraan program pascasarjana terintegrasi dan budaya akademik penyelenggaraan program pascasarjana terintegrasi. 12288 12288 12288 12288 Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah terdeskripsikannya latar belakang kebijakan dan peran yang dilaksanakan Program Pascasarjana (PPs) setelah kebijakan integrasi pascasarjana ke fakultas ditemukan dan terjelaskannya proses implementasi konsep otonomi kampus sistem manajemen mutu penyelenggaraan program pascasarjana terintegrasi dan budaya akademik penyelenggaraan program pascasarjana terintegrasi di FIA UB FTI ITB dan FIP UPI. 12288 12288 12288 12288 Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik domain taksonomi dan komponensial dari Spradley. Penerapan metode ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa karakterisitik dari penelitian yang dilakukan sejalan dengan karakterisitik pendekatan kualitatif yaitu pendekatan penelitian yang berusaha mengkonstruksi realitas dan memahami maknanya sehingga memperhatikan proses peristiwa dan otentisitas. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan latar belakang yang mendasari pelaksanaan pascasarjana di fakultas pada umumnya adalah untuk meningkatkan standar kualitas pendidikan. di FIA UB ditemukan latar belakangnya adalah untuk penegakan proses pembelajaran antara S1 S2 S3 agar pembelajarannya lebih baik di FTI ITB latar belakang pascasarjana terintegrasi di fakultas adalah Pendidikan itu terintegrasi ada S1 nya ada S2 nya hingga S3 sehingga itulah mengapa ITB menyatukannya karena seluruhnya bersumber di fakultas termasuk integrasi di UPI juga dilatarbelakangi oleh integrasi itu adalah harus kepada standar yang lebih tinggi . Temuan penelitian tersebut menunjukkan bahwa perguruan tinggi yang mengintegrasikan program pascasarjana ke fakultas bermaksud untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan karena pada dasarnya pendidikan S1 S2 dan S3 adalah satu kesatuan. Otonomi dalam konteks pelaksanaan pascasarjana terintegrasi di fakultas merupakan pendistribusian kewenangan pengelolaan pascasarjana yang pada awalnya ditangani oleh Program Pascasarjana atau Sekolah Pascasarjana kepada fakultas dan program studi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi distribusi kewenangan seperti di kampus Universitas Brawijaya. Program pascasarjana tidak memiliki peran dalam pengelolaan akademik dan non akademik pascasarjana yang sudah diintegrasikan ke fakultas. Pengelolaan kegiatan akademik bahkan sudah menjadi kewenangan penuh prodi sementara itu pengelolaan terkait kegiatan non-akademik dilakukan oleh fakultas. Program studi dalam

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63941

Actions (login required)

View Item View Item