Mansyuri, Arif (2015) Kepemimpinan kepala madrasah tsanawiyah swasta perempuan dalam melakukan perubahan (studi multisitus pada MTs NU Pakis, MTs Al Huda Wajak, dan MTs Hasyim Asy'ari Turen di Kabupaten Malang) / Arif Mansyuri. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Swasta Perempuan dalam Melakukan Perubahan (Studi Multisitus pada MTs NU Pakis MTs Al Huda Wajak dan MTs Hasyim Asy ari Turen di Kabupaten Malang) Arif Mansyuri Abstrak Penelitian tentang kepala sekolah perempuan dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian penelitian tentang hambatan atau halangan perempuan menjadi kepala sekolah penelitian tentang keunikan kepemimmpinan perempuan ketika memimpin suatu lembaga dan keunggulan perempuan dalam memimpin sekolah. Penelitian yang mengambil konteks madrasah ini dilakukan untuk mendalami keunggulan perempuan dalam memimpin tersebut. Penelitian ini mengambil tema perubahan di madrasah perubahan dalam organisasi merupakan tema sangat penting karena selama organisasi mampu menghadapi dan melangsungkan perubahan-perubahan maka selama itu pula organisasi akan dapat bertahan. Madrasah senantiasa dituntut untuk melakukan perubahan-perubahan agar mereka dapat berkembang dan menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang berlangsung di masyarakat. Penelitian ini difokuskan pada (1) kepemimpinan kepala madrasah perempuan di madrasah tsanawiyah swasta yang meliputi proses keberadaan kepemimpinan perempuan di madrasah dan karakteristik kepala madrasah perempuan (2) macam-macam komponen yang diubah dalam kepemimpinan perempuan di madrasah yang meliputi perubahan tata kelola perubahan peralatan perubahan struktur dan perubahan kultur dan (3) strategi kepala madrasah perempuan dalam melakukan perubahan di madrasah tsanawiyah swasta yang meliputi cara memengaruhi untuk mencapai tujuan cara mengelola konflik dan cara pengambilan keputusan dalam memimpin madrasah tsanawiyah swasta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus dengan metode analisis induksi analisis termodifikasi (Modified Analytic Induction). Penelitian dilakukan tiga MTs swasta di kabupatenMalang yaitu di MTs NU Pakis MTs Al Huda Wajak dan MTs Hasyim Asy ari Turen. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu wawancara mendalam observasi berperan serta dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap yaitu analisis data situs individu dan analisis data lintas situs. Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan kepercayaan (credibility) keteralihan (transferability) dan kepastian (confirmability). Temuan-temuan yang diperoleh sebagai hasil penelitian meliputi (1) keberadaan kepala madrasah perempuan di MTs disebabkan karena adanya penunjukan langsung oleh pengurus yayasan sementara karakteristik kepala madrasah perempuan adalah membuat perubahan berani disiplin memberi keteladanan mandiri dan partisipatif. (2) macam-macam perubahan yang terjadi selama kepemimpinan kepala sekolah perempuan yang meliputi perubahan tata kelola perubahan peralatan perubahan struktur dan perubahan kultur dan (3) dalam melakukan perubahan di madrasah kepala madrasah perempuan melakukan berbagai macam strategi di antaranya strategi pencapaian tujuan dengan menggunakan sistem reward berdasarkan kinerja dan memotivasi guru dengan nilai-nilai perjuangan di pendidikan agama strategi mengelola konflik dengan memberi beban maksimum kepada guru dan melakukan pendekatan personal dan strategi pengambilan keputusan dengan cara mandiri dan partisipatif. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka peneliti menyarankan beberapa hal kepada (1) kepala madrasah MTs NU Pakis MTs Al Huda Wajak dan MTs Hasyim Asy ari Turen agar terus melakukan inovasi terkait dengan program-program peningkatan mutu di madrasah karena dengan inovasi kepala madrasah perempuan dapat melakukan implementasi perubahan baik perubahan tatakelola peralatan struktur dan kultur (2) kepala madrasah tsanawiyah swasta lainnya agar memberikan kesempatan khususnya bagi guru perempuan untuk mengembangkan potensi individu dapat dilakukan di dalam maupun di luar madrasah (3) pimpinan pengurus/yayasan di madrasah agar memberi peluang pada guru perempuan untuk dapat menjadi kepala madrasah ketika mereka dipandang mampu mengemban amanat untuk memimpin madrasah dan membuat aturan rekrutmen guru dan sistem pemilihan kepala madrasah yang bersih transparan dan berkeadilan (4) Kementerian Agama Kabupaten Malang agar memberikan kesempatan yang sama pada kepala madrasah perempuan atau guru madrasah perempuan untuk menjadi koordinator kelompok kerja madrasah atau kelompok kerja guru (5) kepala Lembaga Pendidikan Ma arif Nahdlatul Ulama agar menyusun/membuat pedoman persyaratan dan tata cara pengangkatan kepala madrasah di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma arif Nahdlatul Ulama yang bersih transparan dan berkeadilan dan (6) peneliti selanjutnya agar meneliti peran kepala madrasah perempuan sebagai agen perubahan di madrasah sehingga menemukan model kepala madrasah menjadi agen perubahan di madrasah meneliti secara khusus peran guru yayasan komite madrasah dan pengawas dalam melakukan perubahan di madrasah mengembangkan model kepala madrasah perempuan yang dapat menjadi pembaharu di madrasah swasta dan meneliti perubahan yang dilakukan oleh kepala madrasah perempuan di jenjang pendidikan yang berbeda khususnya pendidikan yang lebih tinggi baik tingkat Madrasah Aliyah atau bahkan tingkat perguruan tinggi agar mendapatkan teori subtantif yang lebih kuat. Kata kunci kepala madrasah perempuan perubahan organisasi madrasah tsanawiyah swasta Leadership of Woman Principal at Private Madrasah Tsanawiyah in Leading the Change (Multisite Studies at MTs NU Pakis MTs Al Huda Wajak and MTs Hasyim Asy ari Turen in Malang).
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63940 |
Actions (login required)
View Item |