Hubungan struktural kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan kinerja pada guru Madrasah Aliyah Model di Jawa Timur / Mohammad Kuswadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan struktural kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan kinerja pada guru Madrasah Aliyah Model di Jawa Timur / Mohammad Kuswadi

Kuswadi, Mohammad (2015) Hubungan struktural kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan kinerja pada guru Madrasah Aliyah Model di Jawa Timur / Mohammad Kuswadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kuswadi Mohammad. 2014. Hubungan Struktural Kompetensi Kepribadian Kompetensi Sosial Kompetensi Pedagogik Kompetensi Profesional Efikasi diri dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja pada Guru Madrasah Aliyah Model di Jawa Timur. Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. H.Bambang Budi Wiyono M.Pd (II) Dr.H.Kusmintardjo M.Pd dan (III) Prof.Dr.H.Muhammad Huda AY M.Pd. Kata kunci kompetensi kepribadian kompetensi sosial kompetensi pedagogik kompetensi profesional efikasi diri motivasi berprestasi kinerja guru madrasah aliyah model. Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya dilaksanakan dengan peningkatan sumber daya manusia khususnya kinerja guru. Berkaitan dengan kinerja guru peningkatannya dilakukan melalui beberapa cara antara lain dengan meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki guru di samping efikasi diri dan motivasi berprestasi guru. Penelitian ini mengkaji dan meneliti tentang kinerja guru khususnya pada guru Madrasah Aliyah Model di Jawa Timur dan variabel-variabel yang diduga dapat mempengruhinya yaitu kompetensi kepribadian kompetensi sosial kompetensi pedagogik kompetensi profesional efikasi diri dan motivasi berprestasi serta perlu diteliti pula hubungan strukural antara dan antar variabel tersebut baik langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru-guru Madrasah Aliyah Model di Jawa Timur terhadap kompetensi kepribadian kompetensi sosial kompetensi paedagogik kompetensi profesional efikasi diri dan motivasi berprestasi serta kinerjanya. Tujuan lainnya adalah apakah ada hubungan yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung antara variabel kompetensi kepribadian kompetensi sosial kompetensi paedagogik kompetensi profesional efikasi diri motivasi berprestasi dan kinerja guru pada Madrasah Aliyah Model di Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan explanatory yang menggunakan angket dan tes obyektif sebagai instrumen penelitian. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan guru pada Madrasah Aliyah Model di Jawa Timur sejumlah 374 orang guru. Dari jumlah populasi tersebut diambil sampel 191 orang guru dengan teknik random. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dengan skala Likert untuk lima variabel yaitu (1) kompetensi kepribadian (2) kompetensi sosial (3) efikasi diri (4) motivasi berprestasi dan (5) kinerja guru. Sedangkan untuk 2 variabel lainnya yaitu (1) kompetensi paedagogik dan (2) kompetensi profesional teknik pengumpulan datanya menggunakan instrumen tes. Uji validitas dan reliabilitas instrumen angket analisis deskripsi data identitas responden dan variabel menggunakan Software SPSS versi 17.0 sedangkan uji validitas dan reliabilitas instrumen tes menggunakan Software ITEMAN versi 3.0 dan pengolahan data dan uji hipotesis penelitian dengan analisis SEM menggunakan Software AMOS versi 21.0. Hasil analisis deskripsi data identitas responden menunjukkan bahwa 52 4% respoden perempuan dan 47 6% laki-laki 78 5% berstatus Guru PNS sisanya Non PNS dan PNS Dpk 46 1% berlatar belakang S1 Umum dan S1 Agama 7 9% sisanya berpendidikan S2 Umum dan Agama 30 4% sudah bertugas selama 11 tahun s/d 15 tahun. Analisis deskripsi data variabel yang diteliti menunjukkan prosentase data kategori sangat tinggi yaitu kompetensi kepribadian 86 63 % kompetensi sosial 87 26 % kompetensi paedagogik 85 34 % kompetensi profesional 86 67% efikasi diri 85 42 % motivasi berprestasi 86 16 % dan kinerja guru 88 09 %. Hasil uji hipotesis penelitian dengan SEM AMOS adalah (1) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara variabel kompetensi kepribadian dengan efikasi diri motivasi berprestasi dan kinerja antara kompetensi sosial dengan efikasi diri motivasi berprestasi dan kinerja antara kompetensi paedagogik dengan efikasi diri motivasi berprestasi dan kinerja antara kompetensi profesional dengan efikasi diri motivasi berprestasi dan kinerja antara efikasi diri dengan kinerja dan antara motivasi berprestasi dengan kinerja dengan c.r 2 dan p 0 05 untuk semua hubungan (2) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan yang sama antara variabel kompetensi dengan kinerja guru melalui variabel intervening efikasi diri dan motivasi berprestasi dilihat dari total efek (3). total efek hubungan paling besar terhadap kinerja guru adalah variabel kompetensi sosial baik melalui variabel efikasi diri maupun motivasi berprestasi sebesar 0 598 (59 8%). Hasil penelitian ini memiliki implikasi teoretis dalam memberikan kejelasan dalam memperkuat teori-teori yang telah dipergunakan sebagai dasar pengajuan model penelitian ini. Sebagian besar hubungan variabel yang diteliti mendukung teori yang telah dikembangkan peneliti-peneliti terdahulu khususnya terkait dengan kinerja guru. Hasil penelitian ini memberikan implikasi secara praktis terhadap upaya peningkatan kinerja guru kaitanya dengan peningkatan kompetensi kepribadian sosial paedagogik profesional efikasi diri motivasi berprestasi pada guru MA Model Dari hasil penelitian ini diberikan saran kepada beberapa pihak yaitu (1) untuk Balai Pendidikan dan Latihan MA Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur dapat membuat progran pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi dan efikasi diri serta motivasi berprestasi dan kinerja pada guru (2). untuk Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/ Kota dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dan kebijakan terkait pemenuhan program pembinaan kompetensi guru yang berorientasi pada peningkatan motivasi dan efikasi diri guru (3). untuk Kepala MA Model dijadikan dasar untuk pengambilan kebijakan dalam pembinaan guru-guru pada aspek kompetensi pedagogik dan profesional (4). untuk guru-guru MA Model dijadikan acuan peningkatan kompetensi efikasi diri dan motivasi berprestasi bagi peningkatan kinerjanya. (5). untuk para peneliti lain sebagai bahan kajian terutama yang berkaitan dengan variabel-variabel kompetensi efikasi diri motivasi berprestasi dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63936

Actions (login required)

View Item View Item