Penerapan sistem penjaminan mutu ISo 9001:2008 pada sekolah menengah kejuruan (studi multi kasus pada SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi, SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Negeri 1 Magelang) / M. Saiful Rokim - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan sistem penjaminan mutu ISo 9001:2008 pada sekolah menengah kejuruan (studi multi kasus pada SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi, SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Negeri 1 Magelang) / M. Saiful Rokim

Rokim, M. Saiful (2014) Penerapan sistem penjaminan mutu ISo 9001:2008 pada sekolah menengah kejuruan (studi multi kasus pada SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi, SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Negeri 1 Magelang) / M. Saiful Rokim. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rokim Moch Saiful 2014. Penerapan Sistem Penjaminan Mutu dengan ISO 9001 2008 di Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Multi Kasus pada SMK Negeri 1 Glagah Bnyuwangi SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Negeri 1 Magelang) Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Prof. H. Ahmad Sonhadji KH M.A Ph.D. 2) Prof. Dr. Willem Mantja M.Pd. 3) Prof. Dr. Wahjoedi ME. Kata kunci sistem penjaminan mutu ISO SMK. Mutu adalah hal yang ingin selalu dicapai tidak ubahnya juga pada lembaga pendidikan. SMK yang selama ini mencetak lulusan siap pakai di level pekerjaan menengah juga tidak lepas dari tuntutan mutu lulusan. Upaya untuk meningkatkan mutu lulusan telah dilakukan secara terus menerus baik oleh lem-baga sekolah SMK itu sendiri maupun oleh pihak pemerintah. Salah satu usaha peningkatan mutu lulusan SMK adalah penerapan sistem penjaminan mutu di SMK tersebut. Uniknya sistem penjaminan mutu yang diadopsi adalah sistem penjaminan mutu yang biasa digunakan pada industri manufaktur yaitu ISO 9001 2008. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan sistem penjaminan mutu di SMK dengan fokus penelitian 1) Motivasi diterapkannya SPM yang mencakup a) Motivasi yang mendorong diterapkannya SPM dan b) Tuntutan diterapkannya SPM. 2) Persiapan yang dibutuhkan oleh SMK dalam upaya menerapkan SPM yang meliputi a) Pemantapan ide penerapan SPM b) Sosialisasi tentang SPM dan c) Penyiapan dokumen SPM. 3) Pelaksanaan SPM oleh SMK meliputi a) Pro-ses memulai penerapan SPM b) Proses audit internal c) proses audit eksternal dan d) Proses sertifikasi SPM. 4) Perkembangan budaya mutu pada lembaga di SMK dalam aspek-aspek sebagai berikut a) Nilai-nilai disiplin b) Komitmen yang berkembang dan c) Ketaatan dalam penerapan sistem. 5) Tingkat kepuasan pelanggan terhadap lembaga SMK yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut a) Kepuasan internal dan b) Kepuasan eksternal. Penelitian ini dilaksanakan di tiga SMK yaitu SMKN 1 Glagah Banyuwangi SMKN 1 Singosari dan SMKN 1 Magelang. Peneletian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. data penelitian berupa data deskriptif yang diperoleh melalui wawancara observasi dan studi dokumen. Wawancara yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara mendalam yang tidak berstruktur. Teknik wawancara ini digunakan karena dapat dilakukan secara lebih personal yang memungkinkan mendapatkan informasi sebanyak banyaknya. Teknik observasi untuk pengumpulan data melalui pengamatan pada apa yang sedang terjadi atau sedang berlangsung agar mendapatkan gambaran yang kongkrit dan sebanarnya. Studi dokumen digunakan sebagai cara untuk mengumpulkan data dari sumber data bukan manusia Sumber data dokumen merupakan sumber data yang siap pakai stabil akurat relevan legal dan non reaktif. Didalam melakukan penelitian ini keabsahan data juga perlu dilakukan pengecekan. kegiatan pengecekan keabsahan data pada penelitian ini yaitu kredibilitas (credibility) depentabilitas (dependability) dan konfirmabilitas (confirmability). Kesimpulan dari penelitian sesuai fokus penelitian sebagai berikut 1) Mo-tivasi diterapkannya SPM di SMK didasari keinginan menjadi lebih baik dan dorongan persyaratan level persekolahan 2) Persiapan yang dibutuhkan oleh SMK dalam upaya menerapkan SPM adalah pemantapan ide melalui pelatihan maupun konsultansi selanjutnya dilakukan sosialisasi dan penyiapan dokumen yang dibutuhkan 3) Pelaksanaan SPM oleh SMK dimulai dengan uji coba dari yang sederhana dulu kemudian dilakukan audit internal setiap 3 bulan dan disempurnakan hasilnya dan selanjutnya diaudit eksternal dengan durasi 6 bulan serta disertifikasi oleh lembaga sertifikator 4) Perkembangan Budaya Mutu pada lembaga SMK ditandai dengan peningkatan disiplin dan komitmen serta ketaatan untuk selalu menerapkan SPM 5) Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap lembaga SMK ditandai dengan keikhlasan bekerja dan kepercayaan industri dalam penyerapan tamatan. Berdasarkan hasil penelitian ini juga disampaikan beberapa saran kepada 1) Penyelenggara pendidikan SMK untuk menerapkan SPM secara menyeluruh dan membentuk tim inti supaya selalu ada yang mengawal serta menempatkan mutu pendidikan sebagai prioritas. 2) Bagi Guru dan Staf SMK hendaknya ikut berperan aktif dalam upaya selalu meningkatkan mutu pendidikan. 3) Bagi Dinas Pendidikan Daerah agar dapat melakukan pembinaan-pembinaan kebijakan-kebijakan untuk SMK terutama untuk peningkatan mutu pendidikan. 4) Bagi lembaga PMPTK agar dapat melakukan pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berkenaan dengan sistem penjaminan mutu 5) Bagi lembaga PSMK untuk memberikan instruksi penerapan SPM sekaligus mengalokasikan anggaran dan memantau dengan jalan mengaudit SMK yang menerapkan SPM. 6) Bagi lembaga auditor eksternal untuk dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap proses penjaminan mutu di SMK khususnya atau dunia pendidikan umumnya. 7) Bagi peneliti lain sebagai acuan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang SPM dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63933

Actions (login required)

View Item View Item